Niat Puasa Ayyamul Bidh Gabung Qadha Ramadhan, Lengkap Jadwal dan Hukumnya
Niat Puasa Ayyamul Bidh Gabung Qadha Ramadhan (pexels)
20:42
20 Juli 2024

Niat Puasa Ayyamul Bidh Gabung Qadha Ramadhan, Lengkap Jadwal dan Hukumnya

Puasa ayyamul bidh merupakan rangkaian puasa sunnah yang bisa dikerjakan di bulan Muharram. Tak jarang ada orang yang mengerjakan puasa sunnah ini bersamaan dengan puasa qadha Ramadhan. Sebelum itu, penting untuk mengetahui niat puasa ayyamul bidh gabung qadha Ramadhan.

Dijelaskan dalam buku Dahsyatnya Puasa Wajib & Sunah Rekomendasi Rasulullah karya Amirulloh Syarbini & Sumantri Jamhar puasa Ayyamul Bidh bulan Muharram bisa dikerjakan pada tanggal 13, 14 dan 15 Muharram.

Puasa ini sering disebut sebagai puasa hari-hari putih, sebab hari tersebut bertepatan dengan bulan purnama. Puasa ini bisa menjadi amalan sunnah setelah umat Islam mengerjakan puasa Tasua dan Asyura di bulan Muharram.

Di sisi lain, puasa qadha wajib dilakukan umat muslim yang masih memiliki utang puasa di bulan Ramadhan. Karena merupakan puasa wajib, maka kedudukannya lebih tinggi dari puasa ayyamul bidh. Namun bukan berarti puasa sunnah ayyamul bidh tidak penting.

Baca Juga: Hukum Mendoakan Orang Mati Bunuh Diri dalam Islam, Boleh Atau Tidak?

Umat Islam dapat mengerjakan puasa ayyamul bidh dengan puasa qadha Ramadhan secara bersamaan dalam satu waktu. Lantas kapan waktu mengerjakannya? Dan bagaimana niatnya?

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Juli 2024

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) dan organisasi Muhammadiyah menetapkan 1 Muharram 1446 H jatuh pada tanggal 7 Juli 2024. Dengan begitu jadwal puasa Ayyamul Bidh Muharram 1446 H ditetapkan sebagai berikut:

1. 13 Muharram 1446 H bertepatan dengan 19 Juli 2024

2. 14 Muharram 1446 H bertepatan dengan 20 Juli 2024

3. 15 Muharram 1446 H bertepatan dengan 21 Juli 2024

Baca Juga: Kapan Sholat Dzuhur di Hari Jumat Bagi Wanita, Haruskah Menunggu Sholat Jumat Selesai?

Sementara itu, Nahdlatul Ulama (NU) menetapkan puasa Ayyamul Bidh Muharram 1446 H pada tanggal 20, 21, dan 22 Juli 2024. Perbedaan ini terjadi karena NU menetapkan awal Muharram pada tanggal 8 Juli 2024.

Sedangkan, kita dapat mengerjakan puasa qadha Ramadhan kapan saja diluar bulan Ramadhan dan hari-hari yang diharamkan untuk puasa.

Niat Puasa Ayyamul Bidh Gabung Qadha Ramadhan

Umat Muslim yang masih memiliki utang Puasa Ramadan, namun ingin mengerjakan puasa sunnah ayyamul bidh bisa membaca niat sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadha’I fardhi syahri Ramadhana lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: "Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT."

Selanjutnya, muslim bisa membaca niat puasa ayyamul bidh seperti berikut ini:

نويت صوم غد ايام البيض سنة لله تعالى.

Nawaitu Shauma Ghadin Ayyaamul Bidh Sunnatan Lillaahi Ta'ala.

Artinya : Saya niat berpuasa besok pada hari-hari putih sunnah karena Allah Ta'ala.

Sebagai catatan, niat Puasa Qadha Ramadhan dan puasa sunnah ayyamul bidh tidak boleh dicampur. Sebab, qadha atau mengganti puasa wajib seperti Puasa Ramadhan hukumnya adalah wajib. Kedua niat puasa ini harus dibaca sebelum memasuki waktu subuh, seperti saat melaksanakan Puasa Ramadhan.

Hukum Puasa Qadha Ramadhan Sekaligus Puasa Ayyamul Bidh

Menurut Syekh Dr. Ali Jumah, boleh hukumnya jika kita menggabungkan niat puasa qadha Ramadhan dan puasa sunnah ayyamul bidh. Orang yang meniatkan puasa qadha digabungkan dengan puasa sunnah, maka bisa mendapat dua pahala sekaligus, yaitu atas puasa qadha Ramadhan dan sunnah ayyamul bidh.

Pahala puasa qadha Ramadhan yaitu menggantikan kewajiban yang telah ditinggalkan, sementara pahala puasa sunah ayyamul bidh adalah sebagai bentuk kesyukuran atas limpahan rahmat Allah SWT di bulan Muharram.

Kemudian, dijelaskan dalam kitab I’anatuth Thalibin,  jilid II, halaman 336, Syekh Abu Bakar Syatha, hukum menggabungkan puasa sunnah dengan puasa qadha Ramadhan adalah diperbolehkan. Pendapat ini juga didukung oleh beberapa pendapat ulama lain seperti Syekh al-Kurdi dalam kitabnya Syekh al-Kurdi, Syekh Khatib al-Sayarbini, dan juga Syekh al-Jamal al-Ramli.

Kemudian, saat seseorang berpuasa pada hari yang dianjurkan untuk puasa sunnah, misalnya puasa Ayyamul Bidh, Arafah, puasa Asyura, Muharram dan Syawal niat itu secara otomatis telah terhitung sebagai puasa di hari tersebut. Bahkan jika seseorang berniat puasa sunnah bersamaan dengan niat puasa qadha, maka pahala untuk keduanya tetap bisa didapatkan.

Itu tadi  bacaan niat puasa ayyamul bidh gabung qadha Ramadhan. Jangan lupa diamalkan ya!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #niat #puasa #ayyamul #bidh #gabung #qadha #ramadhan #lengkap #jadwal #hukumnya

KOMENTAR