Profil dan Peran Pegi Setiawan: Divonis Bebas di Kasus Vina Cirebon
Ilustrasi saat Pegi Setiawan alias Perong, DPO kasus pembunuhan dan pemerkosaan Vina Cirebon yang dibungkam supaya tidak berbicara di depan media saat konfrensi pers di Mapolda Jawa Barat, Bandung, Minggu (26/5/2024). (Suara.com/Ema)
18:55
8 Juli 2024

Profil dan Peran Pegi Setiawan: Divonis Bebas di Kasus Vina Cirebon

Kasus Vina Cirebon kembali menjadi trending topic di X. Ini setelah Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung menyatakan tersangka kasus pembunuhan Vina, Pegi Setiawan tidak bersalah. Pegi resmi divonis bebas pada Senin (8/7/2024).

Padahal sebelumnya, Pegi Setiawan dinyatakan sebagai tersangka pembunuhan kasus Vina Cirebon pada Selasa (21/5/2024). Kasus pembunuhan Vina sendiri sudah terjadi pada 2016 silam. Namun, kasus ini baru diusut dengan serius tahun ini usai perilisian film "Vina: Sebelum 7 Hari".

Selain memvonis bebas, PN Bandung juga memerintahkan pihak Polda Jabar untuk menghentikan penyidikan terhadap Pegi Setiawan. Alasannya, tidak ada bukti kuat untuk menetapkan Pegi sebagai tersangka.

Putusan hakim PN Bandung langsung disambut riuh oleh keluarga Pegi. Kasus ini pun kembali menuai atensi publik. Terlebih sebelumnya ramai dugaan polisi salah tangkap kasus pembunuhan Vina.

Baca Juga: Jleb! Pegi Setiawan Dibebaskan, Reza Indragiri: Kesaksian Aep Sampah

Profil dan Peran Pegi Setiawan

Pelaku kasus pembunuhan Vina Cirebon, Pegi Setiawan kini divonis bebas. (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)Pelaku kasus pembunuhan Vina Cirebon, Pegi Setiawan kini divonis bebas. (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Pegi Setiawan adalah warga Desa Banjarwangunan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Sosoknya dikabarkan sempat menghilang selama 8 tahun pasca kejadian pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon pada 2016 silam.

Pria yang akrab disapa Perong ini sempat diduga sebagai ketua geng motor. Ia disebut-sebut pernah mengincar Vina selaku pada tahun 2016 lalu.

Sosok Pegi sendiri digambarkan polisi sebagai pemuda dengan perawakan tubuh kecil. Polisi juga sempat mengumumkan ciri-ciri Pegi berkulit sawo matang dengan rambut keriting.

Pegi juga sempat dikabarkan mengubah identitasnya menjadi Robi, lalu kabur dari Cirebon ke Bandung. Bahkan dirinya sampai dinarasikan sebagai anak petinggi kepolisian, sehingga bisa lolos dari pengejaran aparat.

Baca Juga: Pegi Setiawan Menang Praperadilan di Kasus Vina, Johan Budi PDIP: Kita Perlu Apresiasi Publik

Namun kenyataannya, Pegi memang sudah lama merantau ke Bandung untuk mencari nafkah. Di ibu kota Jawa Barat, ia bekerja sebagai kuli bangunan. Namanya kemudian masuk DPO kasus Vina usai film tentang korban dirilis di bioskop pada Mei 2024.

Nama Pegi Setiawan dinyatakan polisi sebagai tersangka kasus pembunuhan Vina Cirebon. Berdasarkan hasil investigasi polisi, Pegi disebut berperan sebagai otak pembunuhan Vina.

Pegi disebut sempat mengejar Vina dan kekasihnya, Eky dalam hari pembunuhan. Pegi juga disebut sempat melempari motor yang dikendarai Eky dengan batu.

Tak hanya itu, Pegi diduga menyeret Vina dan Eky, lalu menganiaya kedua sejoli itu di sebuah tanah kosong di daerah Kesambi, Cirebon. Ia juga dituduh berperan sebagai pelaku pelecehan seksual terhadap Vina dan meninggalkan korban dalam keadaan sekarat hingga tewas.

Namun, tuduhan polisi terhadap Pegi itu dinilai memiliki banyak kejanggalan. Bagaimana tidak, Polda Jawa Barat baru serius mengusut kasus ini usai 8 tahun tidak ada kejelasan dan sekarang menjadi viral.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #profil #peran #pegi #setiawan #divonis #bebas #kasus #vina #cirebon

KOMENTAR