Bye-Bye Perut Berlemak! Ini Tips Makan Steak Anti Gemuk dari Chef Yuda Bustara
Chef Yuda Bustara di konferensi pers Steak Hotel by HOLYCOW! Kitchen Takeover, Selasa (2/7/2024). (Fajar/Suara.com)
11:15
8 Juli 2024

Bye-Bye Perut Berlemak! Ini Tips Makan Steak Anti Gemuk dari Chef Yuda Bustara

Steak menjadi salah satu makanan yang sangat populer di masyarakat. Rasanya yang nikmat membuat makanan satu ini sangat digemari oleh banyak orang. Hanya saja, terkadang bagi beberapa orang enggan untuk konsumsi steak. Pasanya, beberapa orang merasa takut mengonsumsi makanan ini akan membuat tubuh menjadi cepat gemuk karena kandungan lemak yang banyak.

Meski demikian, rupanya terdapat cara tersendiri yang dapat diperhatikan agar bisa mengonsumsi steak dan tidak membuat gemuk. Celebrity Chef Yuda Bustara mengungkapkan, dalam hal ini cara utama yang diperhatikan yakni melihat kandungan lemaknya.

"Kalau lagi diet dan ingin makan steak enak tanpa terasa berat, pilihlah bagian yang lebih rendah lemak. Kita harus terbiasa untuk tidak mengonsumsi bagian lemak,” kata Yuda Bustara dalam Steak Hotel by HOLYCOW! Kitchen Takeover, beberapa waktu lalu.

Chef Yuda Bustara di konferensi pers Steak Hotel by HOLYCOW! Kitchen Takeover, Selasa (2/7/2024). (Fajar/Suara.com)Chef Yuda Bustara di konferensi pers Steak Hotel by HOLYCOW! Kitchen Takeover, Selasa (2/7/2024). (Fajar/Suara.com)

Selain itu, pemilihan daging steak yang dibuat juga menjadi hal yang diperhatikan. Untuk daging dengan kandungan lemak sedikit dapat memilih jeni tenderloin. Di sisi lain, Yuda Bustara juga menyarankan untuk memilih daging sapi organik yang diberi makan rumput liar (grass fed), yang cenderung lebih sehat karena bebas dari penggunaan pakan yang mengandung hormon atau zat tambahan lainnya.

Baca Juga: Fakta-Fakta Wabah Bakteri Pemakan Daging di Jepang, Ini Bahaya STSS yang Mematikan!

Sementara Yuda Bustara tidak menganjurkan penggunaan daging meltique. Hal ini karena daging tersebut diinjeksi minyak dan lemak. Hal itu malah berisiko membuat berat badan bertambah dan kurang sehat.

“Orang harus tahu meltique apa. Itu sebenarnya daging diinjeksi minyak atau lemak, membuat rasa lebih juicy tapi bisa bikin eneg, sama saja kamu makan lemak. Jadi semakin banyak marbling berarti semakin banyak lemak,” katanya.

Itu dia hal yang diperhatikan saat ingin konsumsi steak saat sedang diet. Sementara untuk membuat daging menjadi lebih nikmat, dianjurkan menggunakan panci cast iron atau air fryer. Penggunaan dua alat ini akan memastikan kematangan daging jauh lebih pas serta membuatnya menjadi lebih nikmat saat disantap.

"Cara memasaknya pun bisa menggunakan pan yang tebal agar tidak terlalu gosong atau menggunakan air fryer yang dapat memberikan tekstur gosong di luar namun medium di tengahnya. Kalau misal masak steak ada panci cast iron, itu bisa menahan panas yang lama,” ujarnya.

“Jadi pastikan pancinya tebal, kalau tipis pasti gosong. Kalau panci tebal bisa menahan panas lebih lama, jadi saat kita sear itu warnanya lebih coklat, bukan abu-abu, terus di dalamnya juga lebih juicy,” pungkas Yuda Bustara.

Baca Juga: Unggah Konten Masak Daging Kurban, Gas Melon di Rumah Kiky Saputri Jadi Sorotan

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #perut #berlemak #tips #makan #steak #anti #gemuk #dari #chef #yuda #bustara

KOMENTAR