Ini Bacaan Doa Minum Susu 1 Muharram, Apa Hukum dan Keutamaannya?
Ini Bacaan Doa Minum Susu 1 Muharram, Apa Hukum dan Keutamaannya? (Freepik)
18:57
4 Juli 2024

Ini Bacaan Doa Minum Susu 1 Muharram, Apa Hukum dan Keutamaannya?

Menjelang perayaan tahun baru Islam atau 1 Muharram 1446 H yang jatuh pada Minggu, 7 Juli 2024, terdapat anjuran untuk minum susu. Nah, sebelum meminumnya umat Islam disunnahkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Ini dia bacaan doa minum susu 1 Muharram.

Dilansir dari laman NU Online, sebagian ulama menganjurkan umat Islam untuk meminum susu tepat pada momentum tahun baru Islam. Hal ini seperti dijelaskan oleh Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Kabupaten Pringsewu Lampung KH Abdul Hamid ketika menghadiri diskusi tentang amalan di tahun baru, Rabu (3/8/2022) silam.

Keutamaan Minum Susu 1 Muharram

Amalan ini dianjurkan oleh para ulama sebagai bentuk harapan serta doa di sepanjang tahun agar tahun ini dijadikan sebagai tahun yang putih, bersih, dan melakukan kebaikan-kebaikan. Dijelaskan, bahwa dalam susu terdapat anugerah yang Allah SWT telah persiapkan untuk umat Islam. Terlebih, susu bisa menyempurnakan tumbuh kembang anak.

Perihal keutamaan dari susu telah disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang artinya:

Baca Juga: Niat Puasa 1 Muharram, Dibaca Mulai Kapan? Cek Jadwal Lengkap, Raih Keutamaannya

"Allah senantiasa menurunkan penyakit dengan obatnya, maka minumlah oleh kalian susu sapi, karena ia (sapi) makan dari tiap pohon," (HR Ahmad)

Waktu untuk Minum Susu 1 Muharram

Sedangkan, merangkum dari Majalah Nahdlatul Ulama Aula Edisi Juli 2023, anjuran minum susu sebenarnya sudah sejak lama dijadikan sebagai tradisi orang Arab. Setiap pagi hari di bulan 1 Muharram, masyarakat Arab Saudi minum segelas susu putih dengan tujuan agar tahun baru bisa dijalani dengan hati yang putih dan bersih.

Kemudian, di siang hari mereka bisa menyantap makanan atau minuman yang hijau, beberapa teh almond yang ditambah dengan sedikit madu agar hari-hari dipenuhi dengan keberkahan. Lalu, kebiasaan masyarakat Saudi juga akan mengonsimsi tujuh buah manis yang dipercaya membuat hidup di tahun baru jadi lebih manis.

Hukum Minum Susu 1 Muharram

Sesuai penelusuran Suara.com, tidak ada ayat atau dalil yang menerangkan secara spesifik tentang anjuran minum susu pada 1 Muharram. Perintah ini adalah kebiasaan yang diamalkan oleh ulama besar asal Makkah, yakni Abuya As-Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki.

Masih merujuk dalam sumber yang sama, ulama besar Makkah ini disebut sering membagikan susu kepada para santrinya setiap tahun baru Islam yang jatuh pada 1 Muharram. Oleh sebab itu, anjuran minum susu pada 1 Muharram merupakan bentuk Tafa'ul yang berarti pengharapan nasib baik, seperti yang dijelaskan dalam Kamus Al Munawwir susunan Ahmad Warson Munawwir.

Baca Juga: Malam 1 Suro vs 1 Muharram: Sama Tanggal Beda Tradisi, Ini Penjelasan Lengkapnya!

Doa Minum Susu 1 Muharram

Sebelum minum susu, terdapat badaan doa yang bisa dipanjatkan. Berikut ini bacaannya seperti dikutip dari buku Panduan Praktis Doa dan Dzikir Sehari-hari karya Abduh Zulfidar Akaha.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَزِدْنَا مِنْهُ

Allâhumma bârik lanâ fîmâ razaqtanâ wazidnâ minhu.

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami di dalamnya dan tambahkan kepada kami darinya,"

Adab Minum Susu sesuai Sunnah Rasul

Melansir Buku Pintar 50 Adab Islam karya Ariani, terdapat beberapa adab yang harus diperhatikan saat hendak meminum susu. Berikut diantaranya:

• Tuangkan susu ke dalam gelas

• Membaca basmalah terlebih dahulu

• Membaca doa minum susu 1 Muharram

• Minum menggunakan tangan kanan

• Minum sambil duduk, jangan berdiri

• Minum dengan tiga tegukan pertama

• Tidak minum secara berlebihan.

Demikian bacaan doa minum susu 1 Muharram yang dapat diterapkan oleh umat Islam. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #bacaan #minum #susu #muharram #hukum #keutamaannya

KOMENTAR