Apa Itu Jalur ASPD di Jogja? Ini Syarat dan Cara Daftarnya
Pelaksanaan ASPD di SD N Tegalpanggung, Senin (24/5/2021). [Dok. Forpi Yogyakarta]
18:29
30 Juni 2024

Apa Itu Jalur ASPD di Jogja? Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Bagi Anda yang berasal dari luar Jogja, tetapi ingin melanjutkan jenjang pendidikan SMP/SMA di kota pelajar ini, pastikan untuk menyertakan nilai Asesmen Standarisasi pendidikan Daerah (ASPD).

Di tahun 2024 ini, pendaftaran ASPD memang sudah dilakukan pada pertengahan sampai akhir bulan Mei lalu. Namun, semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk ke depannya.

Apa itu jalur ASPD?

Asesmen Standarisasi Pendidikan DAerah (ASPD) adalah salah satu syarat dalam Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (ASPD).

Baca Juga: PPDB Jateng 2024 Jalur Zonasi Kapan Ditutup? Ini Jadwal hingga Ketentuan Pemilihan Sekolah

Berdasar laman DIsdikpora DIY, tujuan ASPD adalan mendapatkan data sekunder tentang peningkatan mutu Pendidikan. Dengan begitu, nantinya pemerintah bisa megembangkan mutu pendidkan demi mendapatkan kualitas hasil belajar peserta didik.

Ujian ASPD akan terdiri dari jian literasi membaca, numerik, dan sains yang diberikan sesuai jenjang pendidikan peserta.

Tata cara pendaftaran ASPD tahun 2024

Pendaftaran ASPD 2024 telah dilakukan pada tanggal 15–24 Mei 2024 lalui melalui laman https://aspd.jogja.web.id. Sementara itu, bagi peserta di luar DIY, pastikan Anda melakka pendaftaran terlebbih dahulu di https://aspd.jogjacbt.web.id/luardiy/.

Saat melakukan pendaftaran, pastikan Ada mengisi NISN dan nama sekolah dengan benar. Selain itu, pastikan Anda memenuhi persyaratan berikut.

Baca Juga: 3 Drama Korea Dark School Terbaik yang Harus Kamu Tonton Selain 'Hierarchy'

Mengunggah Surat Keterangan yang berisi bahwa peserta merupakan siswa dari sekolah di luar DIY atau Kartu Pelajar dengan format PDF.

Mengunduh Surat Kesanggupan Hadir dalam pelaksanaan ASPD di DIY, mengisi (tulis tangan), menandatangani dan memindai (scan), lalu mengunggah kembali pada laman pendaftaran menggunakan format PDF.

Jadwal pelaksanaan ASPD lulusan luar DIY

Jika dilihat dari jadwal ASPD tahun 2024 ini, Anda perlu mengikuti ujian selama dua hari.

Kamis, 30 Mei 2024

  • 08.00–10.00 WIB: Literasi Membaca
  • 10.30–12.30 WIB: Literasi Numerik

Jumat, 31 Mei 2024

  • 08.00–10.00 WIB: Literasi Sains

Hasil ASPD lulusan luar DIY sendiri sudah diumumkan sejak hari Senin, 10 Juni 2024. Nilai inilah yang kemudian dapat digunakan dalam pendaftaran PPDB di DIY.

Demikian nformasi megenai Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) di DIY. Semoga informasi ini membantu persiapan Anda jika ingin mengikuti PPDB d DIY tahun mendatang.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #jalur #aspd #jogja #syarat #cara #daftarnya

KOMENTAR