Teks Khutbah Jumat Tentang Bulan Rajab Lengkap dengan Dalil
Khutbah Jumat Tentang Bulan Rajab (freepik)
14:51
18 Januari 2024

Teks Khutbah Jumat Tentang Bulan Rajab Lengkap dengan Dalil

Pada bulan Rajab, sholat Jumat pertama jatuh pada tanggal 19 Januari 2024. Biasanya untuk menyambut bulan rajab, kaum laki-laki yang mengerjakan sholat Jumat di masjid akan mendapatkan khutbah jumat tentang bulan rajab.

Ada beragam plot khutbah jumat. Misalnya bertemakan Idul Adha, Idul Fitri,dan lain sebagainya termasuk khutbah khusus tentang bulan rajab. Khutbah sendiri merupakan ceramah khusus yang disampaikan kepada jamaah shalat jumat di masjid. 

Shola jumat sah jika didahului dengan dua khutbah. Waktu khutbah dilaksanakan saat masuk dhuhur dan sebelum sholat jumat. Berikut contoh khutbah Jumat tnetang bulan rajab. 

اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسولُه، اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وَعَلَى الِه وَأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الدِّين، أَمَّا بَعْدُ: فَيَايُّهَا الإِخْوَان، أوْصُيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنْ، قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي اْلقُرْانِ اْلكَرِيمْ: بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمْ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ الله وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا وقال تعالى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ صَدَقَ اللهُ العَظِيمْ

Jamaah shalat jumat yang dimuliakan oleh Allah Swt, selamat datang di bulan rajab yang merupakan bulan istimewa termasuk dengan bulan Muharram, Dzulhijjah, dan bulan Dzulqadah. Pada bulan rajab, bulan penuh ramat, anugera, dan kebaikan dari Allah Swt ini, mari kita jalani amalan-amalan sunnah seperti berpuasa rajab, shalat rajab, dan membaca doa bulan rajab. Kita perbanyak dzikir dan berucap rasa syukur kepada Allah Swt. 

Mulai dari awal sampai akhir bulan rajab, Allah Swt, melimpahkan tiga anugerah kepada hamba-hambaNya, antara lain rahmat berlimpah dengan kemudahan dan kebaikan dari Allah Swt. Jika kamu memiliki impian, jalanmu akan dipermudah oleh Allah Swt untuk mencapainya. 

Bulan rajab merupakan bulan istimewa karena terjadi peristiwa Isra Miraj, peristiwa di mana Nabi Muhammad menerima perintah dari Allah Swt tentang shalat. Nabi melakukan perjalanan satu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqso. Perjalanan itu tercatat dalam Al Quran surah Al Isra. Ayat 1 berbunyi:

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya: Maha-Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjid Aqsho yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Dengan melakukan amalan bulan rajab, berdoa yang khyusyuk, semoga kita semua mendapatkan rahmat dari Allah Swt. Semoga kita semua terhindar dari kesialan dan kemaksiatan. Semoga kita diberkahi dengan rezeki berlimpah yang bermanfaat bagi dunia dan akhirat. Amin ya rabbal alamin. 

Demikian itu contoh khutbah Jum'at tentang bulan rajab. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #teks #khutbah #jumat #tentang #bulan #rajab #lengkap #dengan #dalil

KOMENTAR