Ustaz Adi Hidayat Ingatkan Orang Kurban Baca Doa Ini Saat Hewan Kurban Disembelih: Menghadap Kiblat!
update harga hewan kurban sapi dan kambing 2024 (pexels)
11:04
16 Juni 2024

Ustaz Adi Hidayat Ingatkan Orang Kurban Baca Doa Ini Saat Hewan Kurban Disembelih: Menghadap Kiblat!

Tidak banyak yang tahu bahwa ada doa dan adab orang yang kurban saat hewan kurban disembelih. Ustaz Adi Hidayat mengatakan waktu tersebut adalah momen terbaik untuk memanjatkan doa.

Ustaz Adi Hidayat berpesan pemilik hewan kurban untuk membaca doa iftitah saat hewannya di sembelih. Bahkan saat doa dipanjatkan, ia mengingatkan untuk pengurban menghadap kiblat.

"Misalnya kurbannya ibu atau kurbannya bapak disembelih jam sekian ya, maka di saat yang sama begitu disembelih menghadap ke arah kiblat dan mengatakan (doa iftitah)," ujar Ustaz Adi Hidayat seperti dibagikan akun Twitter @Boediantar4 dikutip suara.com, Sabtu (15/6/2024).

Doa iftitah adalah doa yang wajib dibaca oleh umat Muslim ketika memulai shalat fardhu maupun shalat sunnah, kecuali saat salat jenazah. Iftitah artinya pembukaan, serumpun dengan kata miftah yang maknanya adalah alat pembuka atau kunci.

Baca Juga: Penyembelihan Hewan Kurban Sering Ditonton Banyak Orang, Ternyata Begini Hukumnya Lho

Setelah doa iftitah selesai dipanjatkan, Ustaz Adi Hidayat menyarankan untuk memanjakan lain sembari tetap menghadap kiblat, doa itu bisa berupa keselamatan dunia dan akhirat.

"Singkat aja berdoa, minta diampuni dosa, minta dilancarkan rezeki, minta oleh Allah SWT berikan sisa hidup yang baik, diwafatkan dalam keadaan khusnul khatimah, minta itu" papar Ustaz Adi.

Lantaran ini momen setahun sekali, Ustaz Adi Hidayat meminta untuk jangan lupa melakukannnya. Bahkan disarankan bertanya kepada petugas, jadwal dan waktu hewan yang dikurbankan disembelih.

Selanjutnya Ustaz Adi Hidayat juga menyarankan untuk melaksanakan ibadah sunnah lain, seperti memotong kuku dan mencukur rambut bagi pengurban lelaki.

"Setelah itu silahkan potong kuku, kalau lelaki mau cukur kumis atau apa, dirapikan dipersilahkan, sambil potong itu juga minta ampunan kepada allah SWT. Boleh doa kalau mau dilekatkan kepada orangtua, sambil potong kuku," pungkas Ustaz Adi Hidayat.

Baca Juga: Jangan Pakai Kantong Plastik! Wali Kota Depok Imbau Pembagian Daging Kurban Pakai Ini

Perlu diketahui, memotong kuku yang merupakan salah satu sunah fitrah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, sangat penting dilakukan dalam menjaga tubuh agar tetap sehat. Hal ini terutama berkaitan dengan kejadian terinfeksi cacing yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #ustaz #hidayat #ingatkan #orang #kurban #baca #saat #hewan #kurban #disembelih #menghadap #kiblat

KOMENTAR