Bingung Bagi Daging Kurban? Ini 4 Cara Mudah Bedakan Daging Sapi dan Kambing saat Idul Adha!
Bingung Bagi Daging Kurban? Ini 4 Cara Mudah Bedakan Daging Sapi dan Kambing di Momen Idul Adha! (Freepik)
09:32
12 Juni 2024

Bingung Bagi Daging Kurban? Ini 4 Cara Mudah Bedakan Daging Sapi dan Kambing saat Idul Adha!

Salah satu amalan ibadah pada Hari Raya Idul Adha yaitu berkurban.  Adapun beberapa hewan yang  biasa dijadikan kurban yaitu sapi dan kambing. Lantas muncul pertanyaan, bagaimana cara membedakan daging sapi dan kambing? Berikut ini penjelasannya.

Seperti yang diketahui bahwa umat Muslim dalam waktu dekat akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban. Pada hari raya tersebut, biasanya umat Muslim akan melaksanakan ibadah kurban.

Dalam Islam, ada beberapa hewan yang boleh dijadikan kurban. Adapun dua di antara hewan kurban tersebut yaitu sapi dan kambing. Namun kadang masih ada yang kebingungan untuk membedakan daging sapid an kambing.

Lantas bagaimana cara membedakan daging sapi dan kambing? Nah untuk selengkapnya, simak berikut ini penjelasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

1.  Aromanya

Salah satu cara untuk membedakan daging kambing dan sapi yaitu dari aromanya karena keduanya memiliki aroma berbeda. Untuk daging kambing  aromanya cenderung prengus atau amis. Sedangkan daging sapi memiliki aromanya tidak amis.

2. Teksturnya

Selain aromanya, daging kambing dan sapi juga memiliki tekstur yang berbeda. Adapun tekstur daging kambing cenderung kasar dan lebih lunak. Selain itu, daging kambing juga memiliki serat-serat ebih tebal.

Sedang tekstur daging sapi cenderung lebih lembut dan halus. Selain itu, daging sapi juga memiliki Serat-serat lebih kecil serta renggang. Saat dimasak, daging sapi lebih cepat empuk. Selain itu, daging sapi juga memiliki garis putih panjang (lemak).

3.  Warnanya

Perbedaan lainnya dari daging kambing dan daging sapi yaitu dari warnanya. Daging kambing memiliki warna cenderung lebih merah juga cerah. Jika dibiarkan lama di suhu ruang , maka warna daging kambing akan berubah jadi merah pucat keunguan.

Sedangkan untuk warna daging sapi yaitu memiliki warna merah pucat. Jika daging sapi dibiarkan lama berada di suhu ruang, maka warnanya akan berubah jadi kecokelatan hingga gelap.

4.   Rasanya

Daging kambing dan sapi juga memiliki rasa yang berbeda saat dimasak. Untuk daging kambing memiliki rasa yang cenderung lebih gurih. Untuk rasa daging sapi juga cenderung gurih, hanya saja rasanya tak segurih daging kambing.

Demikian ulasan mengenai cara membedakan daging sapi dan kambing yang menarik untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #bingung #bagi #daging #kurban #cara #mudah #bedakan #daging #sapi #kambing #saat #idul #adha

KOMENTAR