Apa Itu Red Flag? Sering Digunakan untuk Menandai Kondisi Suatu Hubungan
Ilustrasi Pacaran (Pexels/Ketut Subiyanto)
07:33
11 Juni 2024

Apa Itu Red Flag? Sering Digunakan untuk Menandai Kondisi Suatu Hubungan

Kata Red Flag sering dipakai sebagai bahasa gaul di media sosial. Lantas apa otu Red Flag?

Secara umum kata Red Flag berarti bendera merah. Namun, kata ini juga digunakan sebagai isyarat bahaya. Apa Itu Red Flag menurut Oxford English Dictionary memiliki makna tanda bahaya atau isyarat peringatan untuk berhenti.

Beberapa kasus Red Flag dapat juga digunakan sebagai kiasan, dalam hal ini untuk menggambarkan suatu kondisi, seperti hubungan, pekerjaan, bisnis hingga lain sebagainya.

Kata Red Flag oleh para netizen dipakai dalam konteks hubungan percintaan. Dilansir dari beberapa sumber, kata tersebut dipakai untuk menggambarkan kondisi hubungan yang tidak sehat atau berbahaya. Bahkan bisa menjurus pada kekerasan.

Baca Juga: Ulasan Buku Empati di Era Teknologi, Menjaga Hubungan Baik dengan Sesama

Orang-orang juga kerap memakai kata Red Flag untuk hubungan toxic atau beracun.

Suatu hubungan yang dikatakan Red Flag memiliki beberapa ciri, berikut ini dirangkum dari sejumlah sumber.

1. Terlalu Mengontrol

Perilaku terlalu mengontrol pasangannya bisa dikatakan Red Flag. Kondisi ini biasa juga disebut posesif. Orang yang mencoba mengendalikan keputusan hingga gerakan dengan hanya mementingkan keinginannya sendiri menandakan suatu hubungan tidak sehat.

2. Cemburu Berlebihan

Baca Juga: Kerap Dituding Miliki Hubungan Spesial, Sarwendah Pilih Tak Bagikan Kebersamaannya Lagi dengan Betrand Peto

Cemburu yang berlebihan tak baik juga dalam suatu hubungan. Kemungkinan pasangan dengan tipikal cemburu berlebihan akan membuat suatu hubungan Red Flag.

3. Perilaku Kasar

Ciri hubungan Red Flag lainnya, yakni ketika pasangan menunjukkan kekerasan fisik maupun verbal. Orang sering melaukan kekerasan menunjukkan bahwa dia tidak bisa mengontrol emosinya.

4. Manipulatif

Penting dalam suatu hubungan untuk saling membangun kepercayaan. Namun demikian, ada beberapa pasangan yang bertindak manipulatif, salah satunya gaslighting. Mereka biasanya akan memutarbalikkan fakta untuk membuat pasangannya bersalah.

5. Menghindari untuk Berdiskusi

Semua masalah dalam suatu hubungan dapat dibicarakan dengan baik-baik. Karena itu, hubungan yang sehat mengedepankan diskusi ketika ada masalah. Bila pasangan menghindarkan itu dan selalu menyalahkan bisa jadi hubunganmu Red Flag.

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #flag #sering #digunakan #untuk #menandai #kondisi #suatu #hubungan

KOMENTAR