Profil dan Pendidikan Mentereng Pandji Pragiwaksono, Pantas Berani Skakmat Dua Host Pro Dinasti Politik
Pandji Pragiwaksono. (YouTube/ Pandji Pragiwaksono)
10:00
6 Juni 2024

Profil dan Pendidikan Mentereng Pandji Pragiwaksono, Pantas Berani Skakmat Dua Host Pro Dinasti Politik

Komika Pandji Pragiwaksono tengah jadi perbincangan gegara video podcastnya bersama host Arie Putra dan Budi Adiputro viral.

Sosok Pandji pun kembali diulas lantaran ia begitu syok host yang ia kenal itu ternyata pro dinasti politik. Pasalnya, selama ini Pandji dikenal sebagai sosok yang kritis terhadap politik Indonesia.

Tak sedikit netizen yang mendukung Pandji atas respons-nya terhadap dua host Total Politik tersebut.

Lantas seperti apa sosok Pandji yang kini ingin dikenal sebagai komika tersebut? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Bungkam Omon-omon Dinasti Politik, Pandji Pragiwaksono Di-WA Petinggi Parpol, Siapa Dia?

Profil Pandji Pragiwaksono

Pandji lahir dengan nama lengkap Pandji Pragiwaksono Wongsoyudo. Ia lahir dari pasangan Koes Pratomo Wongsoyudo dan Siti Khadijah di Singapura, 18 Juni 1979.

Sebelum menjadi pelawak tunggal atau stand up comedian, Pandji dikenal publik sebagai seorang penyiar radio, presenter, aktor, penulis dan penyanyi rap.

Dari segi pendidikan, Pandji bersekolah di SMP Negeri 29 Jakarta. Ia kemudian melanjutkan ke SMA Kolese Gonzaga Jakarta. Selepas sekolah menengah, Pandji diterima di jurusan Desain Fakultas Seni Rupa dan Desain di Institut Teknologi Bandung.

Pandji Pragiwaksono [Instagram @pandji.pragiwaksono]Pandji Pragiwaksono [Instagram @pandji.pragiwaksono]

Saat kuliah di Bandung inilah Pandji memulai kariernya sebagai seorang entertainer menjadi penyiar radio. Di tahun 2001 hingga 2003 ia menjadi penyiar Hard Rock FM Bandung bersama Tike Priatnakusumah sebelum akhirnya menjalin duet terkenal bersama Steny Agustaf.

Baca Juga: Pandji Pragiwaksono Skakmat Arie Putra dan Budi Adiputro Gegara Setuju Dinasti Politik: Lu Beneran Ngomong Gini?

Di layar televisi, Pandji dikenal lewat beberapa programnya seperti Kena Deh, Hole in The Wall, Kok Bisa?, Provocative Proactive, Sebelas Dua Belas, hingga di kompetisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI).

Kegemarannya akan olahraga membuat Pandji juga pernah didapuk sebagai pemandu ancara siaran pertandingan NBA di JakTV.

Di dunia musik, Pandji dikenal sebagai rapper yang duah merils beberapa album yaitu Provoactive Proactive di tahun 2008 dan You'll Never Know When Someone Comes In And Press Play On Your Paused Life di tahun 2009.

Sebagai seorang stand up comedian, Pandji tercatat sebagai satu-satunya atau komika pertama yang memiliki tur terbanyak  dan konsisten hingga ke luar negeri. Materi komedi Pandji Pragiwaksono pun tak jauh-jauh dari concern-nya selama ini yaiktu tentang politik dan humanity.

Catatan riwayat tur stand up comedy Pandji berawal di tahun 2011 berjudul Bhineka Tunggal Tawa, INDONESIA: (2012), Mesakke Bangsaku (2013), Juru Bicara (2016), Komoidoumenoi (2021) dan tahun depan bertajuk Mens Rea.

Kini selain menjadi komika dan Youtuber, Pandji juga sibuk membangun bisnisnya di bidang komika yakni melalui agency dan media Comika.id.

Selain itu, Pandji Pragiwaksono kini juga telah pindah ke New York untuk mengejar ambisinya menjadi komika di negeri Paman Sam tersebut.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #profil #pendidikan #mentereng #pandji #pragiwaksono #pantas #berani #skakmat #host #dinasti #politik

KOMENTAR