Profil Nina Agustina, Kakak Kandung Brigjen Adi Vivid yang Jadi Bupati Indramayu
Profil Nina Agustina, Kakak Kandung Brigjen Adi Vivid yang Jadi Bupati Indramayu (instagram)
14:14
25 Mei 2024

Profil Nina Agustina, Kakak Kandung Brigjen Adi Vivid yang Jadi Bupati Indramayu

Nina Agustina, Bupati Indramayu menjadi perhatian publik usai disenggol terkait kasus Vina Cirebon. Dalam postingan media sosial, disebutkan keponakan Bupati Indramayu terlibat kasus tersebut. Sejak itu, profil Bupati Indramayu Nina Agustina dicari oleh publik. 

Narasi di sebuah media sosial menyebut bahwa salah satu pelaku pembunuhan Vina Cirebon merupakan keponakan Bupati Indramayu, Nina Agustina. Isu liar ini juga menyenggol adik kandung Nina Agustina, Brigjen Pol Adi Vivid Agustiardi Bachtiar, mantan Kapolres Cirebon Kota. 

Seperti diketahui, kasus Vina terjadi pada Agustus 2016, sedangkan Vivid menjadi Kapolres Cirebon Kota pada Desember 2016. Ada asumsi liar di mana-mana, hingga Bupati Indramayu dan adiknya pun dikait-kaitkan.

Ayah Mantan Kapolri

Nina Agustina lahir di Purwodadi, Jawa Tengah, pada 17 Agustus 1973. Ia putri mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Da'i Bachtiar, bertugas di era Megawati Soekarno Putri.

Ia juga merupakan kakak perempuan Brigadir Jenderal Adi Vivid Agustiadi Bachtiar. Ia adalah salah satu perwira tinggi di Polri. Memegang jabatan sebagai Kapolres Cirebon Kota Polda Jabar pada 2016. Kini ia menjabat sebagai Wakapolda DIY. Sebelum itu, Vivid menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri dan pernah jadi ajudan Presiden Joko Widodo tahun 2019.

Saat kasus pembunuhan Vina Cirebon terjadi pada 27 Agustus 2016, Adi Vivid sedang berpangkat sebagai AKBP dan menjabat sebagai Kapolres Cirebon Kota Periode 2016-2018. 

Latar belakang pendidikan

Nina Agustina menyelesaikan pendidikan SMA Negeri 1 Klaten, Jawa Tengah. Kemudian melanjutkan pendidikan ke S1 Fakultas Hukum Universitas Negeri Veteran Jakarta. 

Lulus dari UPN Jakarta, ia melanjutkan pendidikan dan menyelesaikan pendidikan sampai meraih gelar magister dari Universitas yang sama. Setelah itu melanjutkan jenjang doktoral di Universitas Padjajaran. 

Saat ini, Nina Agustina memiliki tiga gelar yaitu Sarjana Hukum, Magister Hukum, dan Certified Risk Associate atau Sertifikasi Kompetensi Manajemen Risiko Madya. Saat ini menjabat sebagai Bupati Indramayu periode 2021-2026. 

Penghargaan

Selama setahun menjabat, Bupati Indramayu Nina Agustina berhasil meraih sejumlah penghargaan. Umumnya penghargaan yang diraihnya dalam pembangunan Kabupaten Indramayu. Daftar penghargaan yang berhasil di raihnya antara lain:

- Anugerah Women of The Year dari sebuah media online

- Person of The Year dari media cetak lokal

- Anugerah kebudayaan dari PWI Pusat 

- Penghargaan dari Balai Arkeolog Jawa Barat, Smart City Dimensi Smart Living dari Kominfo RI, dan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

Jumlah kekayaan

Total jumlah kekayaan Nina Agustina pada saat itu sebesar Rp32,7 miliar. Jumlah kekayaan tersebut terdapat dalam laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke KPK per tanggal 31 Maret periode tahun 2021. 

Rincian kekayaan Nina Agustina pada saat itu adalah sebagai berikut:
- 25 tanah dan bangunan tersebar di berbagai kota Bogor dan Surabaya senilai Rp31,3 miliar.
- Harta bergerak senilai Rp5,6 miliar
- Surat berharga Rp1,2 miliar.
- Kas sekitar Rp48,9 juta. 
- Utang sebesar Rp5,5 miliar.

Pengalaman Kerja dan Organisasi

Dikutip dari indramayukab.go.id,  Nina Agustina memiliki berbagai pengalaman kerja dan organisasi yang menjadi bekalnya memimpin. Pengalaman kerja Nina Agustina antara lain sebagai berikut:
- Ketua Yayasan Dai An Nur, Losarang, Indramayu (2017-sekarang)
- Direktur CV Dinda Abadi (2009-sekarang)
- Komisaris PT Dinda Abadi (2009-sekarang)
- Direktur Utama PT Delta Buana Pratama (2013-sekarang)
- Managing Partner di NDB Law Firm & Partners (2018-sekarang)

Sedangkan pengalaman organisasinya antara lain sebagai berikut:
- Ketua Bidang Hukum di DPP PDI Perjuangan Bidang Kelautan Perikanan dan Nelayan (2016-sekarang)
- Bendahara Umum di DPP Gerakan Nelayan dan Tani (2016-sekarang)
- Sekjen di Indonesian Korean Friendship Association (IKFA) (2019-sekarang)

Demikian itu informasi yang bisa dihimpun dari profil Bupati Indramayu Nina Agustina.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #profil #nina #agustina #kakak #kandung #brigjen #vivid #yang #jadi #bupati #indramayu

KOMENTAR