Profil 3 Suami dan Mantan Suami Megawati Soekarnoputri, Bukan Orang Sembarangan
Megawati Soekarnoputeri saat berpidaton di HUT PDIP ke-51 di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jaksel. (tangkapan layar/Youtube PDIP)
17:00
17 Januari 2024

Profil 3 Suami dan Mantan Suami Megawati Soekarnoputri, Bukan Orang Sembarangan

Megawati Soekarnoputri selama ini dikenal sebagai orang nomor satu di PDIP. Bukan hanya kiprahnya di dunia politik yang menarik perhatian publik, kisah asmara putri proklamator ini juga patut untuk disimak. Sejauh ini Megawati pernah menikah tiga kali.

Profil ketiga suami Megawati pun bukan sosok yang sembarangan. Jika selama ini anda hanya mengenal Almarhum Taufik Kiemas sebagai sosok suami Megawati, maka anda juga perlu mengenal dua yang lain. Berikut adalah profil tiga suami Megawati lengkap dengan masing – masing kisahnya. 

1. Surindro Supjarso

Surindo Supjarso menikah dengan Megawati pada 1 Juni 1968 di Jakarta Selatan. Sosok yang akrab disapa Mas Pacul ini merupakan anggota TNI AU dengan pangkat Letnan Satu Penerbang.

Dari pernikahannya, Megawati dikaruniai dua orang anak, yakni Mohammad Rizki Pratama, dan Mohamad Prananda Prabowo. Setelah menikah keduanya kemudian tinggal di kompleks Angkatan Udara yang ada di Madiun, Jawa Timur.

Namun pernikahan ini ternyata tak berjalan lama, sebab ketika Megawati mengandung Prananda, kabar duka datang dari Pesawat Skyvan yang dipiloti Mas Pacul dengan tujuh awak. Pesawat ini dilaporkan hilang di perairan Biak pada 22 Januari 1971. Atas peristiwa ini Megawati resmi menyandang status janda pada usia 24 tahun.

2. Hassan Gamal Ahmed Hassan

Setahun setelah Mas Pacul dilaporkan hilang Megawati menikah untuk kedua kalinya dengan Hassan Gamal Ahmed Hassan, seorang duta besar asal Mesir. Awalnya Hassan berkunjung dalam urusan kenegaraan serta menyampaikan duka cita atas meninggalnya Bung Karno pada Juni 1970. 

Hassan memang bukan sosok asing bagi keluarga Megawati. Namun, pernikahan keduanya justru menuai sejumlah kontroversi karena saat itu Megawati masih berstatus sebagai istri Mas Pacul.

Dugaan publik soal kunjungan Hassan yang cukup intens ke Indonesia bukan sekadar urusan kenegaraan pun akhirnya terbukti. Kedekatan Hassan dengan keluarga Soekarno berbuah pinangan. Namun, pernikahan ini berakhir dengan perceraian. 

3. Taufik Kiemas

Kurang dari setahun setelah pernikahan keduanya, Megawati kembali mendapat pinangan. Kali ini dari Taufik Kiemas. Pernikahan terjadi pada 25 Maret 1973 di Panti Perwira yang sekarang bernama Graha Marinir, Jalan Prapatan Jakarta Pusat.

Dari pernikahan ini keduanya dikaruniai seorang anak, Puan Maharani Nakshatra Kusyala. Meski Rizki Pratama dan Prananda adalah anak dari pernikahan pertama Megawati, Taufik Kiemas pernah menyatakan bahwa keduanya tak berbeda dengan Puan, dan merupakan anak yang disayanginya. Taufik Kiemas yang juga mantan Ketua MPR itu meninggal dunia pada Sabtu, 8 Juni 2013 malam, di sebuah rumah sakit di Singapura karena penyakit jantung yang dideritanya.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #profil #suami #mantan #suami #megawati #soekarnoputri #bukan #orang #sembarangan

KOMENTAR