5 Fakta Menarik Tentang Postingan Foto Instagram Menurut Peneliti, Orang yang Sering Mengunggah Foto Dinilai Depresi
Ilustrasi orang selfie. (Freepik/diana.grytsku)
22:00
14 Mei 2024

5 Fakta Menarik Tentang Postingan Foto Instagram Menurut Peneliti, Orang yang Sering Mengunggah Foto Dinilai Depresi

 Tahukah kamu bahwa sekitar 500 juta orang di dunia menggunakan Instagram setiap hari?

Ternyata, foto dan filter di Instagram dapat mengungkapkan banyak hal tentang kepribadian seseorang. Bahkan, seseorang yang sering mengunggah foto di Instagram dinilai depresi.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Cari tahu selengkapnya dalam artikel ini dan ketahui kepribadianmu lebih lanjut, dikutip dari Brightside.me, Selasa (14/5).

1. Warna dan Filter Foto

Ilmuwan dari Universitas Sungkyunkwan menganalisis profil 179 orang dengan total 25.394 foto. Penelitian ini berfokus pada warna sebagai salah satu elemen.

Mereka memperhatikan bahwa orang-orang yang menjalin hubungan lebih sering memposting foto berwarna cerah dibandingkan pengguna yang tidak memiliki pasangan. Selain itu, filter yang cerah lebih banyak digunakan oleh orang ekstrovert dan orang yang rentan terhadap narsisme.

Sementara itu, peneliti dari Universitas Harvard dan Universitas Vermont menganalisis 43.950 foto pengguna Instagram dan menemukan bahwa orang yang depresi cenderung lebih sering memposting foto. Dalam postingan tersebut, wajah mereka cenderung menjadi fokus utama dalam foto dan tidak sering menggunakan filter.

Foto orang yang depresi biasanya memiliki corak yang lebih gelap, biru, atau abu-abu dibandingkan foto pada umumnya. Bahkan, mereka juga lebih menyukai foto hitam putih.

2. Tema Foto (Makanan dan Pasangan)

Para peneliti menunjukkan bahwa ketika orang berbagi foto makanan dan resep masakan yang mereka masak, orang tersebut akan lebih mudah untuk tetap menjalankan pola makan yang benar hingga bisa menurunkan berat badan. Suka dan komentar dari rekan mereka pun dapat memotivasi mereka untuk terus memilih makanan sehat.

Sementara itu, beberapa ahli berpendapat bahwa orang yang memposting banyak foto bersama pasangannya justru mencoba menyembunyikan masalah yang mereka hadapi dalam hubungan. Bahkan, komentar seperti 'perempuanku' atau 'laki-lakiku' dapat menunjukkan perasaan posesif.

3. Usia Dapat Dilihat dari Gaya Berfoto

Menurut para peneliti dari Pennsylvania State's College of Information Sciences and Technology dan King's College di London, Inggris, orang yang berusia di bawah 25 tahun cenderung tidak tersenyum di foto profilnya.

4. Foto Bisa Mengungkapkan Orang yang Kesepian

Pengguna Instagram yang cenderung menandai rekannya pada foto dinilai tidak terlalu rentan mengalami kesepian. Sebaliknya, orang yang memposting foto yang tidak ditujukan kepada siapapun dinilai merasa lebih kesepian.

5. Tipe Foto Selfie

Perlu diketahui, selfie tidak selalu mengungkapkan narsisme. Terdapat tiga kelompok pecinta selfie, di antaranya komunikator, autobiografer, dan self-publicists.

- Komunikator: mereka melibatkan rekan dalam diskusi. Biasanya, mereka memposting foto dengan fitur polling.

- Autobiografer: mereka mengabadikan momen-momen berkesan dalam hidupnya. Mereka tidak keberatan jika orang lain melihat fotonya. Ingat, mereka memposting foto selfie untuk menyimpan kenangan, bukan untuk mendapatkan like.

- Self-publicists: mereka suka memamerkan hampir setiap hal dalam hidupnya dari sudut pandang yang baik. Contohnya seperti keluarga Kardashian.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #fakta #menarik #tentang #postingan #foto #instagram #menurut #peneliti #orang #yang #sering #mengunggah #foto #dinilai #depresi

KOMENTAR