8 Penyebab Komunikasi yang Buruk dalam Suatu Hubungan, Apa Kamu Mengalaminya?
Ilustrasi hubungan yang tidak bahagia. (Freepik)
02:14
5 Mei 2024

8 Penyebab Komunikasi yang Buruk dalam Suatu Hubungan, Apa Kamu Mengalaminya?

Komunikasi yang terbuka serta efektif adalah komponen penting dalam suatu hubungan dan berfungsi sebagai jembatan antara dua orang. Hal ini memungkinkan orang untuk berbagi perspektif berbeda, selain itu, komunikasi juga menjadi cara kita dan pasangan menyelesaikan masalah serta mengembangkan ikatan yang lebih kuat.

Dilansir dari Health Shots, banyak penyebab komunikasi buruk yang bisa berdampak tidak sehat bagi kita dan pasangan.

1. Kurangnya kecerdasan emosional dan kesadaran diri membuat sulit untuk mendeteksi serta mengekspresikan emosi secara efektif, sehingga membuat komunikasi menjadi buruk.

2. Trauma sebelumnya, masalah kepercayaan, atau pengalaman hubungan yang tidak menyenangkan juga dapat mengakibatkan memburuknya komunikasi.

3. Gaya komunikasi berbeda-beda di antara pasangan, seperti salah satu pihak yang lebih memilih pendekatan tegas dan pihak lain memilih pendekatan halus atau tidak langsung, dapat menyebabkan ketidakselarasan.

4. Penyebab stres dan tanggung jawab eksternal dari pekerjaan, keluarga, atau kewajiban lainnya mengalihkan perhatian dan energi dari pentingnya komunikasi terbuka dalam hubungan.

5. Kurangnya kerentanan serta keengganan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, aspirasi secara terbuka melemahkan kejujuran dan keamanan emosional dalam kemitraan.

6. Keterampilan resolusi konflik yang buruk menyebabkan pertengkaran dan perselisihan semakin meningkat.

7. Kebencian dalam diri sendiri, adanya kebutuhan yang tidak terpenuhi, atau terciptanya jarak emosional, sehingga membuat pasangan cenderung tidak berbicara secara terbuka.

8. Rasa berpuas diri atau menganggap remeh hubungan menyebabkan berkurangnya upaya untuk menjaga komunikasi yang terbuka dan jujur dari waktu ke waktu.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #penyebab #komunikasi #yang #buruk #dalam #suatu #hubungan #kamu #mengalaminya

KOMENTAR