Viral Banyak Penerima KIP Kuliah Hedon, Ternyata Segini Besaran Uang Per Bulan
Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah (Dok. kip-kuliah.kemdikbud.go.id)
16:48
2 Mei 2024

Viral Banyak Penerima KIP Kuliah Hedon, Ternyata Segini Besaran Uang Per Bulan

Jagad maya tengah dihebohkan dengan adanya sejumlah mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang bergaya hidup mewah atau hedon.

Hal itu terungkap di media sosial dan ramai dipergunjingkan oleh warganet. Sejumlah mahasiswa penerima KIP yang hedon itu dibagikan melalui media sosial X beberapa waktu lalu.

Salah satunya seorang mahasiswi dari Universitas Diponegoro bernama Cantika Mutiara Johani, yang merupakan influencer dengan ratusan ribu pengikut (follower) di Instagram.

Tak jarang Cantika juga menerima endorse dari sejumlah brand ternama untuk dipromosikan di akun media sosialnya.

Informasi mengenai Cantika itu diungkap oleh akun X @BlogBayuWin. Beberapa waktu lalu, ia mengunggah foto cantika beserta tangkapan layar akun profil instagramnya.

KIP Kuliah adalah simpelnya program beasiswa atau pembiayaan kuliah bagi siswa pintar namun kurang mampu,” demikian tulis akun itu mengiringi unggahannya.

Selain Cantika, diketahui ada sejumlah mahasiswa lain yang masuk dalam penerima KIP namun memiliki gaya hidup hedon.

Dari informasi yang beredar di media sosial, mereka berkuliah di perguruan tinggi negeri, seperti Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Malang dan lain sebagainya.

Fenomena ini tentunya melanggar ketentuan penerima KIP yang sudah disusun pemerintah.

Sebagaimana tertera dalam Syarat Pendaftaran KIP Kuliah di laman resmi KIP Kuliah Kemdikbud, disebutkan KIP merupakan program pemerintah untuk membantu pendidikan warga Indonesia yang tidak mampu.

"[Mahasiswa] memiliki potensi akademik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah," demikian bunyi persyaratan itu.

 Lantas berapa besaran beasiswa yang diberikan pemerintah pada penerika KIP Kuliah per bulannya? Berikut ulasannya.

Melansir laman KIP Kuliah Kemendikbud, disebutkan program KIP Kuliah berupa biaya pendidikan dan uang saku bagi mahasiswa perguruan tinggi negeri, selama berkuliah hingga lulus.

Biaya Pendidikan

Besaran biaya pendidikan yang ditanggung oleh pemerintah melalui program KIP Kuliah ditentukan dengan akreditasi perguruan tinggi negeri dimana si penerima berkuliah.

Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Prodi dengan akreditasi Unggul atau A atau Internasional maksimal Rp8.000.000 dan khusus prodi kedokteran maksimal Rp12.000.000
  • Prodi dengan akreditasi Baik Sekali atau B maksimal Rp4.000.000
  • Prodi dengan akreditasi Baik atau C maksimal Rp2.400.000

Biaya hidup

Untuk besaran bantuan biaya hidup, nominalnya ditetapkan oleh Puslapdik berdasarkan perhitungan besaran indeks harga local wilayah masing-masing perguruan tinggi.

Nominalnya diberikan berdasarkan 5 klaster besaran, yakni Rp800.000, Rp950.000, Rp1.100.000, Rp1.250.000, dan Rp1.400.000 per bulan.

Bantuan biaya hidup tersebut diberikan sekali setiap semester atau per enam bulan.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #viral #banyak #penerima #kuliah #hedon #ternyata #segini #besaran #uang #bulan

KOMENTAR