Apa yang Sebenarnya Dirasakan oleh Orang dengan Kepribadian Ganda? Berikut Faktanya
Ilustrasi seseorang memiliki kepribadian ganda. (SANE Australia Blog. )
20:04
1 Mei 2024

Apa yang Sebenarnya Dirasakan oleh Orang dengan Kepribadian Ganda? Berikut Faktanya

– Kepribadian manusia adalah sesuatu yang kompleks dan menarik. Seringkali dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Salah satu fenomena yang menarik dalam studi kepribadian adalah adanya kepribadian ganda, dimana seseorang menunjukkan karakteristik dua atau lebih kepribadian.

Dissociative Identity Disorder (DID) merupakan sebuah gangguan pada kesehatan mental dimana seseorang memiliki dua atau lebih kepribadian yang berbeda di dalam dirinya. Kepribadian berbeda tersebut dikenal juga dengan istilah Alter-Ego atau singkatnya Alter. Sementara kepribadian yang original atau utama dikenal sebagai Host. Ciri utama dari kepribadian ganda adalah dissociation atau rasa terlepas dari pikiran sendiri.

Alter cenderung memiliki perbedaan yang mencolok antara satu identitas dengan identitas lainnya. Identitas berbeda dalam satu tubuh bisa memiliki jenis kelamin, ketertarikan, dan cara berinteraksi yang berbeda dengan lingkungan sekitarnya.

Dikutip dari siloamhospitals.com yang ditulis oleh Tim Medis Siloam Hospitals, individu yang mengalami gangguan ini mungkin merasa seperti memiliki dua orang atau lebih yang berbicara atau hidup dalam dirinya, seolah-olah dipengaruhi oleh identitas yang berbeda.

Setiap identitas atau kepribadian tersebut memiliki nama, latar belakang, karakter, dan ciri-ciri yang unik, dan dapat mengambil alih kendali perilaku individu. Hal ini mengakibatkan individu yang menderita gangguan disosiatif sering mengalami kehilangan ingatan atau kesenjangan memori.

Perbedaan dalam kepribadian juga dapat menyebabkan individu dengan DID terlihat seperti orang yang berbeda dari satu waktu ke waktu lainnya. Setiap identitas juga dapat memberikan respons yang berbeda terhadap orang lain di sekitarnya.

Meski masih belum diketahui penyebab pasti dari gangguan kepribadian ganda, namun biasanya, kondisi kelainan mental ini dapat terjadi pada seseorang yang mengalami trauma psikologis, fisik, seksual, atau menderita Post Traumatic Stress Disorder (PTSD). Hal tersebut dapat memicu gangguan disosiatif yang mungkin muncul ketika seseorang beranjak dewasa sebagai bentuk pelarian diri dari trauma masa kecil.

Gejala umum atau tanda-tanda yang dapat dilihat pada penderita gangguan kepribadian ganda diantaranya adalah kecemasan (Anxiety), delusi, depresi, disorientasi, perasaan seperti terlepas dari diri dan perasaan sendiri, persepsi terhadap orang-orang dan hal-hal di sekitar seperti terdistorsi atau tidak nyata, hilang ingatan, memiliki pikiran untuk bunuh diri, menyakiti diri sendiri, dan penyalahgunaan obat-obatan atau alkohol.

Penting untuk dipahami bahwa tidak ada metode yang dapat menyembuhkan DID secara total. Pengobatan untuk gangguan kepribadian ganda umumnya bertujuan untuk mengurangi gejala yang dialami oleh penderita, seperti depresi dan kecemasan berlebihan. Beberapa jenis terapi yang mungkin direkomendasikan oleh dokter untuk penderita DID meliputi psikoterapi, konseling individu, terapi keluarga, dan terapi grup.

Terapi-terapi tersebut bertujuan untuk membantu penderita mengidentifikasi serta mengatasi trauma masa lalu, mengantisipasi perubahan tiba-tiba dalam perilaku, dan mengintegrasikan identitas-identitas terpisah menjadi satu kesatuan.

Selain itu, dokter juga dapat meresepkan obat-obatan seperti antidepresan, antipsikotik, atau obat penenang untuk mengatasi gejala DID. Penderita juga disarankan untuk menghindari stres guna mengurangi kemungkinan identitas alternatif mengambil alih tubuh dan mengendalikan perilaku.

Dukungan yang kuat dari keluarga dan teman dekat juga memiliki dampak positif pada kualitas hidup penderita. Sebagai langkah pencegahan, penting bagi orang tua untuk menghindari perlakuan kekerasan fisik dan mental terhadap anak-anak, sebagai upaya untuk mencegah pengalaman traumatis yang dapat memicu perkembangan gangguan kepribadian ganda.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #yang #sebenarnya #dirasakan #oleh #orang #dengan #kepribadian #ganda #berikut #faktanya

KOMENTAR