Intip 8 Manfaat Minyak Rosemary Bagi Kesehatan Tubuh, Mampu Hempaskan Ketombe dan Stretch Mark
Minyak rosemary (wimpoleclinic.com)
06:58
25 April 2024

Intip 8 Manfaat Minyak Rosemary Bagi Kesehatan Tubuh, Mampu Hempaskan Ketombe dan Stretch Mark

Minyak rosemary diekstraksi dari tanaman Rosmanirus Officinalis yang lebih dikenal dengan rosemary.

Rosemary sendiri dikenal manfaat untuk melengkapi pengobatan infeksi, memperbaiki penampilan kulit, meredakan gangguan pencernaan dan meningkatkan daya ingat.

Sedangkan manfaat minyak rosemary sendiri berasal dari sifat antioksidan dan zat bioaktif lainnya yang mengandung sifat pencernaan alami, antiseptik dan antimikroba.

Anda bisa mendapatkan minyak rosemary dari beli langsung di toko atau bisa juga membuat sendiri di rumah.

Untuk membuat minyak rosemary di rumah Anda harus mengeringkan tangkai rosemary lalu memasukkannya ke dalam toples kaca.

Lalu Anda bisa menambahkan minyak dasar seperti minyak kelapa, almond atau minyak zaitun.

Selanjutnya simpan di tempat yang kering dan gelap selama kurang lebih 2 minggu. Terakhir Anda bisa saring infusnya dan simpan dalam toples kaca.

Dilansir dari laman Tuasaude, terdapat beberapa manfaat minyak rosemary untuk kesehatan tubuh. Simak selengkapnya sebagai berikut.

1. Merangsang pertumbuhan rambut

Minyak ini mampu digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut dan melawan ketombe karena di dalamnya memiliki sifat anti jamurnya.

Adapun cara penggunaan : Tambahkan beberapa tetes minyak rosemary ke sampo Andadan keramas rambut Anda seperti biasa.

Anda juga bisa mengoleskannya dengan mencampurkannya dengan minyak kelapa dan mengoleskannya langsung ke kulit kepala setiap 15 hari.

Terakhir, Anda pijat campuran ini dengan lembut lalu cuci rambut Anda seperti biasa dengan sampo dan kondisioner.

2. Meningkatkan daya ingat

Minyak rosemary memiliki khasiat untuk merangsang sistem saraf sehingga bisa meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan fungsi kognitif. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mencegah dan mengobati depresi, kecemasan hingga Alzheimer.

Adapun cara penggunaan : Hirup rosemary dengan menambahkan beberapa tetes minyak ke dalam secangkir air mendidih atau dengan menambahkannya ke dalam diffuser.

3. Mempromosikan peremajaan wajah

Minyak ini mengandung sifat antioksidan yang bisa menurunkan kadar radikal bebas dalam tubuh. Hal ini mampu mengurangi kerusakan kulit dan mencegah munculnya kerutan.

Selain itu, minyak rosemary juga mampu merangsang produksi kolagen sehingga mengurangi kulit kendor dan membuat kulit tampak lebih muda.

Adapun cara penggunaan : oleskan minyak yang sudah diencerkan dengan air atau minyak kelapa pada wajah.

Oleskan campuran tersebut secara merata ke seluruh wajah dengan gerakan memutar. Pastikan untuk menyeka sisa minyak dengan kain yang dibasahi air hangat.

4. Melawan infeksi

Minyak rosemary memiliki sifat antibiotik sehingga mampu membantu mengobati infeksi bakteri pada saluran kemih dan pencernaan.

Selain efektif melawan bakteri, minyak ini juga mampu mengurangi aktivitas beberapa virus seperti virus herpes.

Bahkan bisa menurunkan risiko penularan herpes dari orang ke orang. Oleh sebab itu, minyak ini mampu menjaga sistem imunitas tubuh.

5. Mencegah gigi berlubang

Minyak rosemary mengandung sifat antiseptikdan bakterisidalnya sehingga mampu mencegah gigi berlubang dan meningkatkan kebersihan mulut yang optimal.

Adapun cara penggunaan : Campurkan 20 tetes minyak rosemary ke dalam secangkir air suling dan kumur di sekitar mulut Anda setiap hari.

6. Meredakan gangguan pencernaan

Minyak rosemary adalah salah satu minyak pilihan yang bisa meredakan gejala gangguan pencernaan seperti gas, sakit perut, diare dan sembelit.

Selain itu, minyak ini juga mampu meningkatkan fungsi hati terutama setelah makan banyak makanan yang berlemak.

7. Meredakan sakit kepala

Minyak ini bisa dijadikan sebagai aromaterapi yang memiliki manfaat untuk meredakan sakit kepala terutama jika penyebab sakit kepala berhubungan dengan stress.

Selain itu, minyak ini juga mampu mengurangi pelepasan kortisol yang juga dikenal sebagai hormon stress.

8. Meningkatkan sirkulasi

Manfaat terakhir minyak rosemary untuk kesehatan adalah mampu memperbaiki sirkulasi darah yang lambat karena di dalam minyak ini memiliki sifat analgesik. Sehingga minyak ini mampu mengobati kram, otot tegang atau nyeri sendi.

Selain itu, karena mampu merangsang sirkulasi, minyak ini dapat membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh sehingga mengurangi munculnya selulit dan stretch mark.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #intip #manfaat #minyak #rosemary #bagi #kesehatan #tubuh #mampu #hempaskan #ketombe #stretch #mark

KOMENTAR