Selain Memiliki Hati yang Rapuh, Pria Juga Memiliki 6 Perasaan Berikut
6 Perasaan Pria yang Wajib diketahui. (Freepik)
22:10
23 April 2024

Selain Memiliki Hati yang Rapuh, Pria Juga Memiliki 6 Perasaan Berikut

-  Banyak perempuan yang beranggapan bahwa pria adalah makhluk yang tak peka dan tidak memahami perasaan perempuan.    Kenyatannya tidak seperti itu. Justru pria cenderung sensitif dengan perasaannya sendiri dan perasaan perempuan yang menjadi pasangannya.    Pria cenderung sensitif dalam perasaan, kesetiaan dan komitmen. Ia tidak akan mempermainkan hubungan cinta, apalagi tega menyakiti pasangannya. Ia adalah sosok yang sensitif walaupun tidak pernah menunjukkannya.  

  Ego pria mudah pecah. Pria terlahir sebagai makhluk yang paling sulit mengekspresikan perasaannya. Berbeda dengan perempuan yang lebih mudah menangis dan mengatakan segalanya dengan jujur.   Lantas bagaimana perasaan pria yang sebenarnya? Yuk simak, berikut 6 perasaan pria yang dilansir dari buku "Seni Memahami Pria" karya Claudia Sabria;   1. Menyembunyikan Emosi   Ekspresi emosional pria tersembunyi di bawah penampilan luarnya. Pria yang paling ekspresif pun belum tentu mampu mengeluarkan emosi terdalamnya.  

  Seperti yang terlihat dalam pertandingan olahraga, mereka yang berpenampilan macho saling memberi pelukan, tos, hingga menepuk satu sama lain.    Namun, mereka  cenderung menyembunyikan emosi kesedihan rasa sakit, hingga rasa tidak aman. Mereka lebih menunjukkan ekspresi yang dapat diterima sosial, seperti amarah dan kesombongan.   Pria biasanya identik dengan perasaan yang datar, tanpa ekspresi, ketiadaan emosi, dan tidak boleh menangis. Akan tetapi, meskipun pria tidak mahir dalam mengekspresikan dirinya, bukan berarti ia tidak memiliki pikiran dan emosi seperti perempuan. Bahkan kadang-kadang ia mempunyai emosi yang lebih dalam,  dan harus dipahami beberapa kali oleh perempuan.  

  2. Ingin Dihargai   Pria akan senang jika mengetahui perempuan yang dicintainya bersyukur jika bersamanya. Ia akan membalas rasa senang itu sebanyak 100x lipat. Pria ingin merasa bahwa apapun yang dilakukan bertujuan untuk membahagiakan perempuan yang dicintai.    Pria lebih suka merasa kesepian dan tidak dicintai daripada merasa tidak mampu dan tidak dihargai. Bagi pria, mereka membutuhkan rasa hormat tanpa syarat. Ia ingin dihargai apa adanya, bukan karena ia melakukan sesuatu. Ia berharap wanita dapat melihat sesuatu yang dapat dihargai tentang dirinya.   Pria akan sangat tertarik dengan perempuan yang membuatnya merasa dihargai. Oleh karena itu, suami akan mengasihi istrinya supaya istri menghormatinya.  

  3.  Tidak Percaya Diri   Pria sering kali merasa kurang percaya diri, sehingga ia harus berjuang menekan perasaan itu dan berusaha agar orang lain tidak mengetahuinya. Ia selalu memikirkan tentang apa orang lain yang pikirkan tentang dirinya.   Pria tidak bisa hidup sendirian tanpa perempuan. Sebab itulah ia sangat membutuhkan, perempuan yang benar-benar dapat membuat dirinya merasa begitu berharga dan berarti di mata perempuan.   4. Hati yang Rapuh   Pria juga mudah terluka karena banyaknya emosi yang ia pendam dan tidak ia ungkapkan. Ia juga dapat menjadi sensitif sebagaimana perempuan.  

  Kebanyakan pria tidak mengerti cara menunjukkan atau mengungkapkan perasaannya. Walaupun seringkali terlihat tangguh, ia sebenarnya membutuhkan dukungan secara emosional dari perempuan.    Pria selalu ingin terlihat kokoh, karena sudah sejak lama ia menanggung stereotipe bahwa pria yang menunjukkan perasaan adalah pria yang tidak jantan.    Akibatnya, saat pria merasakan perasaan sedih, ia akan menunjukkan amarah, karena kemarahan melambangkan kekuatan. Seperti saat putus cinta, pria akan menunjukkan perasaan sedihnya melalui mabuk-mabukan, obat terlarang dan sebagainya. Ia akan melakukan tindakan yang dianggap jantan untuk mengisi kekosongan yang ia rasakan.  

  5. Si Sensitif   Sensitif mungkin hanya dianggap dimiliki oleh perempuan, padahal pria dan perempuan juga memiliki kepribadian yang sensitif.   Berbeda dengan perempuan, pria lebih  baik dalam menjaga perasaannya daripada perempuan. Ia sering menyembunyikan perasaan sebagai upaya untuk menyesuaikan diri dari tekanan sosial, dan mengatasi perasaan yang ia coba pahami.   6. Emosional   Meski terlihat dingin dan tangguh, pria bisa merasakan kesedihan. Ia akan sangat emosional ketika ia menghadapi peristiwa yang mematahkan hati dan semangatnya. Bahkan, ia lebih jatuh saat putus dari perempuan yang dicintainya.   

  Ketika bersedih, pria akan senang bila ia menerima dukungan dan empati dari perempuan. Saat dirundung masalah, pria lebih memilih untuk menyendiri. Bukan karena ingin lari dari masalah, tetapi karena ia ingin menenangkan dirinya untuk dapat menemukan jalan keluar yang terbaik.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #selain #memiliki #hati #yang #rapuh #pria #juga #memiliki #perasaan #berikut

KOMENTAR