Libur Lebaran BikinKulit Jerawatan dan Kusam, Ini 8 Cara Alami Memperbaikinya
Ilustrasi kulit kusam (Freepik.com/freepik)
15:00
23 April 2024

Libur Lebaran BikinKulit Jerawatan dan Kusam, Ini 8 Cara Alami Memperbaikinya

Setelah libur lebaran kulit cenderung berubah lebih gelap karena mobilitas tinggi usai menemui sanak saudara di kampung halaman. Kini sudah saatnya kembali ke rutinitas harian, termasuk memperbaiki kesehatan kulit.

Pola makan tidak teratur, hingga sering terpapar sinar matahari saat liburan menyebabkan kulit kusam, belang, jerawat hingga kulit kering. Masalah kulit ini jika dibiarkan akan menyebabkan gatal, iritasi hingga memicu penuaan dini.

Nah, berikut ini cara memperbaiki kesehatan kulit setelah liburan melansir rilis Shopee yang diterima suara.com, Selasa (23/4/2024).

1. Revitalisasi kulit dengan nutrisi

Ilustrasi Skincare Skin Cycling. (Freepik/Lifestylememory)Ilustrasi Skincare Skin Cycling. (Freepik/Lifestylememory)

Perubahan pola makan selama lebaran sering mempengaruhi kelembaban kulit. Sehingga penting untuk menggunakan toner eksfoliasi yang efektif mengangkat sel kulit mati dan sebum berlebih selama malam, sehingga dapat membuat kulit lebih lembut dan bercahaya di pagi hari.

Skincare toner penting digunakan selama 2 hingga 3 minggu sekali, tujuannya untuk menjaga hidrasi kulit. Tidak lupa juga menggunakan sabun pencuci muka dengan tekstur gel untuk membersihkan pori kulit dan mengurangi minyak berlebih.

2. Sembuhkan kulit jerawat

Ada banyak jenis skincare untuk kulit jerawat, salah satunya yaitu penting untuk menggunakan sabun cuci muka, setelahnya memakai obat totol jerawat dan dilengkapi masker anti jerawat sebelum tidur.

Apabila pulang berlebih kulit malah kemerahan bisa menggunakan pelembap gel untuk menenangkannya. Pelembap terkenal ampuh memperbaiki skin barrier yang rusak memicu jerawat dan kulit kemerahan.

3. Manfaatkan superfood
 
Skincare yang mengandung bahan baku superfood diyakini mampu memperbaiki kualitas kulit, apalagi skincare ini umumnya mengandung antioksidan tinggi. Contoh skincare superfood yang bisa jadi pilihan yaitu apabila mengandung chemical dan retinol, teh hijau atau bahkan saran burung walet dan sebagainya.

4. Hindari pengelupasan berlebih

Setelah liburan, kulit mungkin terkelupas atau mengelupas karena terpapar sinar matahari. Hindari mengelupas kulit secara agresif atau menggunakan produk pengelupas yang kuat, karena hal ini dapat membuat iritasi dan peradangan.

5. Konsumsi makanan sehat

makanan yang sehat dan bergizi dapat membantu memperbaiki kulit dari dalam. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan, vitamin, dan mineral, seperti buah-buahan, sayuran, dan protein berkualitas tinggi.

6. Cukup istirahat

Selain perawatan kulit luar, pastikan juga mendapatkan istirahat yang cukup setelah liburan. Istirahat yang cukup membantu kulit pulih dan memperbaiki diri, ini karena kulit rendah stres yang bisa merusak skin barrier dari dalam.

7. Pakai skincare pemutih kulit

Pertimbangkan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, vitamin E, atau aloe vera untuk membantu memperbaiki dan meremajakan kulit yang terpapar sinar matahari dan lingkungan selama liburan.

8. Hindari sinar matahari berlebih

Setelah liburan, penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan. Gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup setiap hari, dan hindari paparan langsung matahari saat matahari terbit atau terbenam. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #libur #lebaran #bikinkulit #jerawatan #kusam #cara #alami #memperbaikinya

KOMENTAR