Anda Harus Tahu Penyebab Kucing Suka Menggigit Pemiliknya atau Orang Lain yang Jarang Diketahui
Ilustrasi Gambar Kucing Sedang Menggigit Jari Pemiliknya (Freepik)
06:36
23 April 2024

Anda Harus Tahu Penyebab Kucing Suka Menggigit Pemiliknya atau Orang Lain yang Jarang Diketahui

Jawapos.com - Salah satu kebiasan kucing selain menggaruk juga suka menggigit siapapun baik sesama kucing maupun kepada seseorang atau pemiliknya. Walaupun gigitan kucing tidak selamanya berbahaya, namun anda perlu waspada dan berhati hati.

Dikutip dari laman whiskasindonesia.com waluapun kucing terlihat mengemaskan saat menggigit pemiliknya jangan sampai tertipu, karena gigitan dan cakaran kucing terkadang sangat menyakitkan.

Maka dari itu anda perlu lebih waspada terhadap gigitan kucing agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Selanjutnya mungkin anda perlu mengetahui penyebab kucing suka menggigit pemiliknya.

Dikutip dari laman shebacat.co.id terdapat 6 penyebab kucing suka menggigit pemiliknya yang jarang diketahui. Adapun penjelasanya sebagai berikut.

1. Stimulasi Berlebih

Stimulasi berlebihan yang dimaksud disini adalah sebuah respon yang dilakukan kucing ketika tubuhnya mendapatkan sentuhan seperti dielus atau digelitiki sehingga membuat kucing merasa tidak nyaman.

Umumnya gigitan kucing disesuaikan dengan seberapa keras kontak fisik yang dilakukan oleh seseorang.

Ketika hanya sentuhan lembut minimal kucing akan menggigit lembut sebagai bentuk peringatan, apabila sentuhan kasar kucing juga akan menggigit lebih kasar.

2. Suka Bermain Beranteman

Layaknya manusia kucing yang masih kecil juga sangat suka bermain dengan sesama kucing lainya yang seumuran. Seringkali mereka akan saling menggigit dan berpelukan hingga berlarian saling mengejar.

Meskipun itu permainan yang lucu, namun itu juga bisa menyakitkan, dan biasanya kucing juga suka menggigit orang tua mereka tanpa bermaksud jahat, terutama ketika bermain kasar, karena itu adalah sindrom anak kucing tunggal mereka.

3. Rasa Sakit, Terancam dan Stres

Tidak selamanya kucing peliharaan memiliki sifat yang agresi. Karena terkadang mereka bisa sangat rileks dan menarik diri dalam ruang pribadi mereka.

Namun, rasa sakit, ketakutan, dan stres dapat membuat kucing peliharaan bertindak kasar seperti menggigit.

Karena sebenarnya kucing juga memiliki ruang pribadi mereka, yang tidak senang saat diganggu ketika sudah merasakan kenyamanan.

Selain itu, rasa takut dan sakit pada kucing membuat mereka cemas, yang akan membawa mereka ke mode agresi seperti menggigit dan mencakar.

4. Komunikasi

Tanpa disadari selain beberapa poin diatas, gigitan kucing juga bisa dimaknai sebagai bentuk komunikasi kepada pemiliknya yang dicintai kucing. Ini penting diketahui bagi anda yang memelihara kucing dirumah agar tidak salah paham.

Jadi, jika kucing peliharaan anda menggigit mungkin anda perlu memberikan perhatian yang lebih pada mereka dan berusaha memahami mereka dengan lebih baik serta memenuhi kebutuhan si kucing.

5. Insting Predator

Secara alami bagaimanapun kucing adalah salah satu hewan karnivora yang memiliki insting predator layaknya hewan lainya.

Karena apabila seekor kucing dibiarkan hidup liar mereka akan melakukan perburuan untuk mendapatkan makananya.

Karena insting predator tersebut tidak mengherankan kalau kucing suka menggigit sesama kucing atau pemiliknya karena seolah-olah mereka sedang berburu.

Selain itu, kucing juga menikmati permainan kasar di antara sesamanya kawan nya.

6. Menegaskan Dominasi

Ketika di alam liar kucing terkenal dengan hewan yang memiliki sifat teritorial, dimana merek memiliki wilayang kekuasaan yang harus dijaga.

Sehingga ketika ada hewan lain yang mengurus wilayah teritorinya mereka akan mengeluarkan kegarangannya.

Sehingga pertarungan antar sesama kucing atau hewan lain tidak bisa terhindarkan apabila teritorinya diusik.

Maka menjadi wajar ketika kucing peliharaan akan menggigit siapapun yang yang mengganggunya karena merasa wilayah teritorinya sangat terganggu.

Baiklah demikian ulasan mengenai penyebab kucing suka menggigit pemiliknya. Bagaimanapun kucing adalah hewan yang tergolong buas, sehingga selucu apapun pemilik harus tetap berhati - hati jangan terlalu mengganggumu secara berlebihan. Terima Kasih.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #anda #harus #tahu #penyebab #kucing #suka #menggigit #pemiliknya #atau #orang #lain #yang #jarang #diketahui

KOMENTAR