7 Tips Berkencan Dengan Seorang Introvert, Utamakan Kompromi dan Jangan Menghakimi
Tujuh Tips Berkencan Dengan Seorang Introvert, Utamakan Kompromi dan Jangan Menghakimi (Times India)
11:38
17 April 2024

7 Tips Berkencan Dengan Seorang Introvert, Utamakan Kompromi dan Jangan Menghakimi

Anda mempunyai kepribadian ekstrovert atau non ekstrovert, namun pasangan Anda mempunyai kepribadian yang sebaliknya yakni introvert?

Hal ini mungkin dapat menghambat hubungan kalian, sebab memiliki kepribadian yang berbeda.

Meskipun demikian, suatu hubungan dapat dijalankan jika keduanya bisa saling memahami dan mengerti kepribadian dan karakter pasangan masing-masing.

Baik antara seorang introvert maupun dengan ekstrovert. Sehingga kedua kepribadian yang berbeda tersebut tak menjadi penghambat hubungan menjadi kandas.

Jika seorang ekstrovert suka dengan keramaian namun introvert menyukai ketenangan dan kedamaian.

Tips berikut ini bisa dijadikan sebagai acuan jika Anda seorang ekstrovert, namun pasangan Anda seorang introvert.

Tujuh tips ini dilansir oleh JawaPos.com (17/4) dari laman Very Well Mind:

1. Terima apa adanya mereka

Terkadang orang ingin mengubah pasangannya menjadi apa yang mereka inginkan. Jika Anda berkencan dengan seorang introvert, cobalah untuk tidak menghakimi siapa dia atau menekannya untuk menjadi seseorang yang bukan dirinya. Sebaliknya, hargai apa yang ditawarkan pasangan Anda.

Introvert memberikan kesempatan pada pasangannya untuk menenangkan diri, merenung, dan lebih mawas diri.

Begitu pula jika Anda seorang ekstrovert, Anda bisa memberikan kesempatan pada pasangan Anda untuk mencoba hal baru dan bertemu orang baru.

Meskipun begitu, banyak introvert melakukan hal-hal yang sangat ekstrovert. Mereka juga suka bergaul dengan orang-orang.

Bedanya, introvert membutuhkan waktu sendiri untuk memulihkan tenaga setelahnya, sedangkan ekstrovert tidak.

2. Jadilah orang yang aman

Pasangan Anda yang introvert akan lebih terbuka dan mengungkapkan pemikiran terdalamnya ketika dia tidak hanya merasa didengarkan, namun juga merasa bahwa Anda adalah orang yang aman untuk diajak berbagi informasi pribadi.

Mereka tidak suka bersaing dengan Anda dalam hal berbicara secara terus-menerus. Jika Anda yang berbicara terus-menerus, mereka hanya akan mendengarkan dan tidak banyak berbagi.

3. Buat koneksi otentik

Daripada berfokus melakukan semua hal yang benar dalam suatu hubungan seperti terus-terusan menelepon, mengirim pesan secara konsisten, dan mengatakan hal yang benar, fokuslah untuk menjalin hubungan yang bermakna dengan pasangan Anda.

Faktanya, sebagian besar introvert menginginkan percakapan yang bijaksana dan menarik tentang sesuatu yang menarik bagi mereka.

Jika Anda tidak yakin apa minat mereka, tanyakan pada mereka. Atau jika Anda mau, bagikan minat atau tujuan Anda.

Introvert menginginkan koneksi pikiran-ke-pikiran di mana Anda berbagi dunia batin Anda dengan mereka termasuk apa yang membuat Anda tergerak.

4. Pilih tanggal yang sesuai

Mengetahui bahwa pasangan introvert Anda lebih menyukai pertemuan yang lebih intim atau malam yang tenang, pastikan Anda memilih tanggal yang tepat, terutama di awal.

Misalnya, daripada menyeret pasangan Anda ke acara happy hour di tempat kerja di mana dia tidak mengenal siapa pun, undanglah dia untuk minum kopi atau makan malam bersama Anda.

Ajak mereka menonton film, berjalan-jalan, atau memberi makan sisi intelektual mereka dengan cara tertentu.

5. Carilah kompromi

Mengetahui bahwa introvert merasa lelah di pesta besar atau acara dengan banyak orang, carilah cara untuk berkompromi dalam situasi ini.

Meskipun Anda mungkin lebih suka jika mereka menghadiri seluruh acara bersama Anda, tidak adil untuk menuntut pasangan Anda yang introvert. Selain itu pergi dan pulang lebih awal lebih baik daripada tidak pergi sama sekali.

Jaga jalur komunikasi tetap terbuka sehingga Anda dapat menentukan mana yang terbaik untuk hubungan Anda.

Beberapa pasangan sepakat bahwa dua kali sebulan mereka akan melakukan sesuatu yang disukai ekstrovert dan dua kali sebulan mereka akan melakukan sesuatu yang disukai introvert.

6. Merasa nyaman dengan keheningan

Cobalah untuk tidak tersinggung jika pasangan introvert Anda membutuhkan waktu untuk melepaskan tekanan dan menyendiri.

Yakinlah bahwa begitu mereka merasa segar dan bersemangat, mereka akan terbuka untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama.

Penting juga untuk dicatat bahwa kadang-kadang introvert lebih suka menyimpan sesuatu untuk diri mereka sendiri terutama jika ada sesuatu yang mengganggu mereka.

Berbeda dengan ekstrovert yang sering memproses perasaannya dengan membicarakannya, introvert lebih suka memproses hal-hal tersebut secara internal dan memahami apa yang mereka rasakan serta alasannya sebelum membagikannya kepada orang lain.

Jika ternyata pasangan Anda melakukan hal ini, bersabarlah dan beri mereka ruang yang mereka butuhkan. Pada akhirnya, mereka akan membagikan apa yang ada dalam pikiran mereka.

7. Soroti kekuatan mitra Anda

Daripada berfokus pada apa yang tidak Anda pahami tentang introversi, fokuslah pada apa yang Anda kagumi tentang tipe kepribadian pasangan Anda.

Misalnya, jika Anda mengagumi kenyataan bahwa pasangan Anda begitu nyaman sendirian tanpa merasa kesepian, tunjukkan hal itu kepadanya.

Atau, mungkin Anda menyukai kenyataan bahwa mereka lambat dalam berbicara. Namun jika sekali berbicara, mereka memberikan pendapat yang bermakna dan mendalam. Pastikan mereka mengetahuinya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tips #berkencan #dengan #seorang #introvert #utamakan #kompromi #jangan #menghakimi

KOMENTAR