5 Penyebab Habis Makan Daging Pusing, Jangan Terlena Makanan Lebaran!
penyebab habis makan daging pusing (pexels)
17:41
10 April 2024

5 Penyebab Habis Makan Daging Pusing, Jangan Terlena Makanan Lebaran!

Sudah siap menyantap hidangan lezat khas lebaran yang disajikan? Berbagai olahan daging dan sayur jelas sudah siap di meja makan pada momen hari raya Idul Fitri ini. Tapi tidak sedikit yang merasa pusing setelah makan daging. Sebenarnya apa penyebab habis makan daging pusing itu?

Ternyata secara medis ada beberapa hal yang bisa memicu seseorang mengalami pusing setelah makan daging. Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan tentang penyebab rasa pusing setelah makan daging yang dialami sebagian orang.

1. Alergi

Ingat, alergi bisa terjadi pada berbagai hal, salah satunya daging. Alergi daging dialami sebagian orang dan pusing menjadi salah satu gejala alergi yang muncul. Pada orang yang memiliki alergi daging, pusing yang muncul akan disertai dengan beberapa gejala lain, seperti mual, bersin-bersin, kulit gatal, kemerahan, atau biduran.

Hal ini terjadi karena tubuh menganggap kandungan protein di dalam daging sebagai zat yang berbahaya, sehingga melepaskan histamin untuk melawannya.

2. Efek Samping Tiramin

Tiramin merupakan senyawa yang ditemukan di banyak sumber protein hewani dan nabati yang sudah diolah menjadi makanan. Senyawa ini dapat memicu produksi hormon epinefrin dalam tubuh sehingga detak jantung dan tekanan darah meningkat.

Efek pada tubuh ini dapat memicu migrain, hipertensi, hingga penyakit jantung, yang gejalanya bisa berupa pusing.

3. Keracunan Makanan

Jarang terjadi, tapi bukan tidak mungkin pusing yang dirasakan muncul karena keracunan makanan. Hal ini disebabkan adanya bakteri jahat seperti Listeria atau E. coli yang ikut masuk bersamaan dengan daging yang dikonsumsi.

Hal ini bisa dicegah dengan memastikan daging yang dimasak masih bagus dan memasaknya hingga benar-benar matang.

4. Kelainan Sendi Temporomandibular

Atau biasa disebut dengan TMJ, bisa muncul karena konsumsi daging dengan tekstur dan konsistensi padat dan kenyal. Tubuh kemudian memerlukan usaha yang lebih untuk mengunyah makanan tersebut sehingga mempengaruhi struktur dan fungsi sendi TMJ, sehingga bisa saja mengalami dislokasi dan memicu nyeri kepala.

5. Hipertensi

Menjadi salah satu penyebab paling umum, hal ini dipicu oleh kandungan lemak jenuh dan garam yang tinggi pada olahan daging merah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dan penumpukan cairan di dalam tubuh ketika dikonsumsi secara berlebihan.

Itu tadi lima penyebab habis makan daging pusing yang bisa Anda cermati. Tentu kenikmatan tiada tara dijanjikan oleh masakan yang lezat saat lebaran. Tapi mengkonsumsi secukupnya sangat disarankan, untuk meminimalisir risiko kesehatan yang mungkin muncul. Semoga berguna, dan selamat melanjutkan kegiatan Anda!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #penyebab #habis #makan #daging #pusing #jangan #terlena #makanan #lebaran

KOMENTAR