Meributkan Hal Sepele hingga Menjadi Kritis, Simak 8 Tanda Pasangan Diam-Diam Membenci Kesuksesan Anda
Ilustrasi seseorang yang diam-diam membenci kesuksesan pasangannya. (Freepik)
03:22
10 April 2024

Meributkan Hal Sepele hingga Menjadi Kritis, Simak 8 Tanda Pasangan Diam-Diam Membenci Kesuksesan Anda

- Saat kamu sukses, bagaimana respons pasangan Anda? Turut bangga dan mendukung atau justru sebaliknya? Ternyata, ada sebagian orang yang tidak suka dengan kesuksesan pasangannya.

Mungkin tak secara langsung mengungkapkannya, dia bisa memperlihatkan rasa bencinya melalui beberapa tanda hingga bahasa tubuh. Berikut beberapa tanda pasangan diam-diam membenci kesuksesan Anda, dikutip dari Hackspirit.com.

1. Meremehkan Pencapaian Anda

Saat Anda mencapai kesuksesan, orang yang peduli akan turut merayakannya. Namun, jika pasangan Anda tampaknya terus-menerus meremehkan pencapaian Anda atau bahkan mengabaikannya, hal itu bisa menjadi sinyal kebencian.

Bukannya ikut merasakan kegembiraan Anda, dia justru secara halus meremehkan pencapaian Anda atau mengalihkan pembicaraan ke hal lain.

2. Tidak Tertarik dengan Pekerjaan Anda

Apakah Anda sering menghabiskan waktu berjam-jam, bekerja tanpa henti untuk mencapai tujuan? Apakah usaha dan perjuangan Anda terbayarkan? Bagaimana respons pasangan Anda?

Coba perhatikan, apakah dia terlihat tidak peduli dengan hal tersebut? Jika dia tampak tidak tertarik dengan pekerjaan Anda, kemungkinan dia tidak ingin Anda mendapat kesuksesan itu.

3. Meributkan Hal Sepele

Tanda pasangan Anda diam-diam benci dengan kesuksesan Anda adalah dia meributkan hal sepele, bukan hanya sekali, tetapi sudah menjadi sebuah pola dalam hubungan kalian. Apakah Anda menyadari hal ini?

Saat Anda mencapai kesuksesan di tempat kerja, pasangan Anda menemukan alasan untuk berdebat atau kesal karena hal kecil, seolah-olah kesuksesan Anda memicu reaksi negatif dalam dirinya. Hal itu mungkin membuat Anda merasa sulit untuk diabaikan dan bingung hingga sakit hati.

Pencapaian Anda berubah menjadi sumber ketegangan, bukan perayaan.

4. Menjadi Terlalu Kompetitif

Ada fenomena psikologis yang disebut 'kekurangan relatif', yaitu ketika seseorang merasa tidak puas atau marah karena dia merasa lebih buruk daripada orang-orang di sekitarnya. Apakah hal ini juga terjadi pada pasangan Anda?

Jika iya, dia tidak merasa bahagia atas pencapaian Anda, dia justru mulai bersaing dengan Anda dan bukan persaingan yang sehat. Kompetisi tersebut tampaknya didorong oleh kebencian.

Setiap kali Anda membagikan kabar baik, dia merasa perlu untuk memuji Anda dengan pencapaian dia, meski hal tersebut tidak ada kaitannya. Kesuksesan Anda seolah-olah merupakan ancaman bagi dia dan dia merasa perlu membuktikan diri sebagai balasannya.

5. Menarik Diri Secara Emosional

Coba perhatikan! Apakah akhir-akhir ini pasangan Anda memberi jarak emosional dengan Anda? Jika iya, dia menjadi bersikap dingin dan tak peduli, terlebih saat membahas tentang pencapaian Anda hingga berusaha mengubah topik pembicaraan. Dia terlihat tidak minat atau bangga dengan kesuksesan Anda.

Tentu sikap menarik diri secara emosional tersebut dapat menambah kecurigaan Anda bahwa dia membenci kesuksesan Anda.

6. Tak Lagi Beri Pujian

Tanda pasangan membenci kesuksesan Anda lainnya adalah dia tak lagi memberi pujian. Bukan hanya tentang tidak mendapat pujian, tetapi juga tentang perasaan dihargai dan dicintai.

Tentu, tidak adanya afirmasi kecil ini meresahkan dan membuat Anda bertanya-tanya apakah afirmasi tersebut menghambat kesuksesan Anda atau tidak.

7. Menjadi Kritis Terhadap Pekerjaan Anda

Tentu, kritik yang membangun dari pasangan menjadi hal baik dalam hubungan Anda, terlebih jika kritik tersebut untuk membuat diri Anda menjadi lebih baik lagi.

Namun, jika pasangan Anda benci dengan kesuksesan Anda, dia akan memberikan tanggapan negatif, bukan memberi nasihat atau membuat Anda berkembang, melainkan terus-menerus meremehkan upaya yang Anda lakukan dalam pekerjaan. Seharusnya, pasangan Anda bangga dengan kesuksesan yang Anda dapat.

8. Ada Perubahan dalam Bahasa Tubuhnya

Bahasa tubuh adalah komunikator yang kuat dan seringkali mengungkapkan lebih dari sekadar kata-kata. Coba ingat-ingat, apakah bahasa tubuh pasangan Anda berubah saat Anda sedang mencapai kesuksesan?

Jika iya, mungkin dia menyilangkan tangan, menghindari kontak mata, atau bahkan meninggalkan Anda. Sikap-sikap tersebut menunjukkan ketidaknyamanan dan kegelisahan. Tentu, hal itu bukanlah reaksi yang diharapkan dari pasangan yang suportif.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #meributkan #sepele #hingga #menjadi #kritis #simak #tanda #pasangan #diam #diam #membenci #kesuksesan #anda

KOMENTAR