7 Cara Mencuci Shimmer Baju Lebaran Agar Awet dan Tetap Berkilau, Ikuti Tips Ini!
7 Cara Mencuci Shimmer Baju Lebaran Agar Awet dan Tetap Berkilau, Ikuti Tips Ini!(TikTok/wahyu.bellamy)
22:53
8 April 2024

7 Cara Mencuci Shimmer Baju Lebaran Agar Awet dan Tetap Berkilau, Ikuti Tips Ini!

Baju berbahan shimmer menjadi tren baju Lebaran tahun 2024. Tampilan pakaian maupun gamis kain shimmer memang terlihat mewah dan elegan, namun perlu trik khusus untuk mencucinya agar tak mudah rusak. Ini dia cara mencuci baju shimmer, baju lebaran agar awet. 

Kain shimmer merupakan sejenis kain yang mempunyai permukaan glossy dan bersinar, sehingga memberikan efek yang mengkilap apalagi jika terkena matahari. Efek ini terlihat seperti cahaya atau sinar matahari, namun tidak memberikan kesan berlebihan seperti halnya kilauan gliter. 

Cara Mencuci Shimmer Baju Lebaran Agar Awet 

Agar baju shimmer tetap awet, berikut ini beberapa tips cara mencucinya: 

1. Cuci dengan lembut 

Baju berbahan shimmer cenderung sensitif terhadap suatu gesekan dan tekanan yang berlebih. Sebaiknya, mencuci kain shimmer secara manual saja dengan tangan. 

Hindari penggunaan mesin cuci atau mencucinya terlalu kasar. Dengan mencuci secara manual, maka tekanan atau gesekan pada kain tersebut bisa dikontrol dengan baik sehingga serat kain tak cepat rusak. 

2. Cuci dengan air dingin atau hangat 

Untuk menjaga ketahanan kain shimmer, kalian juga harus mencucinya dengan air dingin maupun hangat. Hindari mencuci baju berbahan kain yang sedang viral ini dengan air panas yang dapat menyebabkan serat kain jadi rapuh hingga memudarkan warna. 

3. Pilih detergen yang lembut dan bebas dari pewangi 

Salah satu yang tak kalah penting dalam menjaga keindahan kain shimmer yaitu memilih detergen atau sabun pencuci baju yang tepat. Sebaiknya kalian menggunakan detergen yang lembut serta bebas pewangi. 

Adapun detergen dengan kandungan bahan kimia yang keras atau pewangi yang berlebihan bisa membahayakan kualitas dari serat kain. Hal tersebut rentan membuat serat kain jadi rusak. 

4. Rendam dengan benar 

Merendam baju lebaran berbahan shimmer tak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebaiknya kamu menghindari merendam kain shimmer terlalu lama lantaran bisa menyebabkan serat kain jadi rapuh. 

Cukup rendam kain baju dalam air detergen dengan jangka waktu sekitar 10-15 menit saja. Berikutnya, bilas baju dengan air bersih serta peraslah secara lembut. 

5. Hindari penggunaan setrika panas secara langsung pada kain 

Ketika menyetrika baju shimmer, hindarilah menyetrikanya secara langsung tanpa adanya perlindungan apapun. Sebaiknya, kamu menggunakan satu lapis kain sebagai pelindung di bagian atas kain shimmer ketika menyetrika. 

Kamu dapat memilih kain berbahan katun atau kain tebal lainnya sebagai peelingdungan. Tak sampai di situ, pastikan untuk menyetel suhu pada setrika di tingkat yang rendah ataupun sedang. 

6. Hindari menjemur langsung di bawah terik matahari 

Selanjutnya yang kalah penting, pastikan memilih tempat yang teduh dan terhindar dari terik matahari secara langsung ketika kamu menjemur baju berbahan shimmer. Sinar matahari yang menyengat bisa memicu memudarnya warna serta merusak serat kain. Usahakan kamu mencari tempat yang teduh, terbuka, dan jemur kain dengan posisi terbalik. 

7. Simpan kain di tempat yang kering 

Terakhir, tak hanya tentang mencuci dan menjemur, trik menyimpan juga menjadi salah satu kunci paling penting awetnya baju shimmer. Simpan baju lebaran berbahan shimmer milikmu di dalam lemari atau rak laci yang tertutup rapat. Usahkan lindungi kain dari debu, kotoran, hingga kelembapan agar tak berjamur. 

Nah, demikianlah cara mencuci baju shimmer, baju lebaran agar awet. Semoga bermanfaat! 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #cara #mencuci #shimmer #baju #lebaran #agar #awet #tetap #berkilau #ikuti #tips

KOMENTAR