Jangan Berlarut-Larut! Simak 7 Tips Glow Up Setelah Putus Cinta, Lakuin Hal Ini Dijamin Anti Gagal Move On
Ilustrasi orang yang sedang menyendiri dan bersedih karena putus cinta. (Pexels.com)
23:04
7 April 2024

Jangan Berlarut-Larut! Simak 7 Tips Glow Up Setelah Putus Cinta, Lakuin Hal Ini Dijamin Anti Gagal Move On

JawaPos.Com – Putus cinta jadi salah satu hal yang menyakitkan dari sebuah kehidupan.

Putus cinta tidak pernah mudah, berakhirnya sebuah hubungan membuat anda merasa sedih, gelisah atau tidak yakin tentang apa yang akan terjadi selanjutnya.

Rasa inilah yang dapat membuat seseorang menangis terus menerus, mengurung diri, tidak berselera makan, dan lain-lain. 

Putus cinta sebenarnya adalah hal yang wajar, namun sebaiknya kalian tidak terus berlarut-larut dalam kesedihan yang akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental.

Sisi positif dari putus cinta adalah menciptakan perubahan yang baik dapat menjadi katalis yang hebat untuk memperbaharui diri.

Menganggap putus cinta sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri dan hidup Anda dapat menjadi cara yang hebat untuk menyembuhkan diri dan melangkah maju.

Menurut laman Wikihow dan Halodoc, ini beberapa cara jitu yang bisa ditempuh untuk mengatasi patah hati dan mulai melanjutkan hidup.

Tips Menjalani Hidup Saat Masa Putus Cinta

1. Menerima Perasaan yang Campur Aduk

Ingatlah bahwa adalah hal yang wajar ketika merasakan berbagai macam emosi, termasuk kesedihan, kebencian, cemburu, penyesalan, dan lega.

Tak perlu berpura-pura tegar atau membohongi diri untuk menutupi rasa sedih. Memendam kesedihan hanya akan membuat hatimu tertekan. Jadi, ungkapkan semua perasaan sedihmu dan menangislah sepuasnya untuk meluapkan kesedihan.

 

Semua perasaan ini adalah bagian dari proses berduka, dan memperbolehkan diri Anda untuk merasakan semua emosi tanpa penilaian bisa menjadi bagian penting dari proses penyembuhan.

2. Fokus Merawat Diri

Melakukan perawatan diri mungkin terasa seperti sebuah tugas ketika sedang merasa sedih, namun penting untuk memastikan kebutuhan paling dasar anda terpenuhi, terutama setelah putus cinta. Berikut beberapa contoh aktivitas perawatan diri yang patut dicoba:

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak buah dan sayuran segar, serealia utuh, dan protein sehat. Hindari makanan siap saji, serta gula dan lemak berlebihan. 
  • Tidurlah 7 - 8 jam setiap malam. Ingatlah bahwa beberapa orang mungkin cukup beristirahat dengan tidur kurang dari 7 jam, atau perlu tidur lebih dari 8 jam setiap malam. 
  • Berolahragalah selama 30 menit 5 kali dalam seminggu. Anda bisa berjalan kaki, bersepeda, atau berenang selama 30 menit.
  • Cobalah untuk menenangkan diri selama paling tidak 15 menit setiap hari. Cobalah bermeditasi, latihan pernapasan dalam, atau yoga untuk membantu anda menenangkan diri. 

3. Berinteraksi dan Tidak Menutup Diri

Setelah berakhirnya sebuah hubungan, anda memang boleh menghabiskan waktu di rumah saja. Tetapi, pastikanlah untuk kembali menjalani kegiatan setelah Anda selesai menata hati anda.

Mungkin akan terasa aneh untuk anda pada awalnya, tetapi semuanya akan semakin mudah, dan anda akan merasa lebih baik. Keluar rumah dan beraktivitas juga merupakan hal yang penting karena masih perlu mengembangkan dan mempertahankan kehidupan sosial setelah putus.

4. Belajar Menerima dan Memaafkan

Jangan sampai peristiwa putus cinta membuat kamu trauma menjalin hubungan. Tetaplah berpikiran positif bahwa masih ada orang lain di luar sana yang jauh lebih baik.

Percaya atau tidak, saat kamu belajar memaafkan dan mengikhlaskan dapat membantu kamu untuk move on lebih cepat dan menjalani hidup dengan nyaman.

5. Upgrade Diri

Ketika berbicara tentang makeover, orang biasanya fokus pada perubahan penampilan luar, tapi harusnya juga menerapkan konsep perubahan pada kepribadian dan keadaan emosional. Luangkan waktu untuk merenungkan apa yang ingin anda ubah mengenai sikap atau perilaku dan apa yang dapat dilakukan untuk menerapkan perubahan tersebut.

6. Jaga Jarak dan Hindari yang Berkaitan dengan Mantan Pacar

Sekalipun jika anda dan mantan memutuskan untuk tetap berteman, berhentilah berhubungan dengannya sama sekali tepat setelah putus. Anda tidak harus menjauhinya selamanya, tetapi harus berhenti berhubungan dengannya selama waktu yang diperlukan untuk melupakannya.

Hindari mengunjungi tempat-tempat yang biasa kamu kunjungi bersama mantan terlebih dahulu dan stop mendengarkan lagu-lagu yang dapat mengingatkan kamu dengan mantan kekasih.

7. Fokus Masa Depan

Kamu mungkin merasa masa depan telah pupus dan berduka karena kehilangan masa depan yang sudah kamu bayangkan. Namun, cobalah ubah pandangan ini. Berakhirnya hubungan bukan berarti masa depanmu kandas. Justru, banyak peluang-peluang lain yang bisa kamu capai.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #jangan #berlarut #larut #simak #tips #glow #setelah #putus #cinta #lakuin #dijamin #anti #gagal #move

KOMENTAR