Intip 8 Peringkat Teratas Kepribadian MBTI dari yang Paling Introvert hingga yang Tidak Terlalu Introvert
Peringkat tipe kepribadian introvert MBTI dari yang paling introvert hingga yang paling tidak terlalu introvert ( sosyncd.com )
11:16
6 April 2024

Intip 8 Peringkat Teratas Kepribadian MBTI dari yang Paling Introvert hingga yang Tidak Terlalu Introvert

 Delapan dari 16 Tipe kepribadian Myers Briggs (MBTI) adalah seorang yang introvert. Mungkin Anda bertanya-tanya, dari kedelapannya, siapa yang paling introvert? 

Sebelumnya, mari berkenalan dengan orang-orang introvert. Banyak orang mengira introvert berarti kurang percaya diri atau pemalu.

Namun faktanya, introvert cenderung percaya diri dan memiliki pendapat yang kuat tentang hal-hal yang penting bagi mereka.

Introvert mendapatkan energinya dari kesendirian. Namun, hal ini bukan berarti introvert tidak menikmati waktu bersama orang lain, hanya saja mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk memulihkan tenaga setelah bersosialisasi.

Pendekatan mereka dalam bersosialisasi juga berbeda dengan orang ekstrovert dan mereka membutuhkan waktu sendiri untuk mengisi bahan bakar dan memulihkan tenaga.

Sekarang, mari kita urutkan delapan tipe kepribadian introvert MBTI dari yang paling introvert hingga yang paling tidak terlalu introvert yang dikutip dari sosyncd.com , Sabtu (6/4). 

  1. INTP

Pemenang tipe kepribadian paling introvert adalah INTP. Pemikir analitis ini sering kali tenggelam dalam pemikirannya dan lebih suka mengeksplorasi masalah-masalah kompleks secara mandiri. 

INTP memiliki perspektif unik terhadap dunia dan dapat memberikan wawasan berharga tentang situasi yang mungkin terlewatkan oleh orang lain. Saat INTP berkomunikasi, hal itu bisa dilakukan dengan selera humor mereka yang sangat kering sehingga tidak diperhatikan oleh orang lain. 

INTP sering kali menyukai teknologi dan sains, jadi tersesat dalam konsep atau proyek baru adalah hal yang biasa. Tidak mengherankan jika banyak pemikir paling inovatif dan kreatif di dunia adalah INTP. Marie Curie dan Bill Gates adalah INTP yang sangat sukses.

2.INTJ

INTJ adalah tipe kepribadian paling introvert kedua. Para pemikir ini sering kali sangat bersemangat dan berorientasi pada tujuan, dengan hasrat mendalam untuk mempelajari hal-hal baru. 

INTJ memiliki kemampuan tak tertandingi dalam menganalisis konsep kompleks dan mengembangkan rencana jangka panjang berdasarkan penelitian mereka. 

Meskipun mereka mungkin bukan individu yang paling menarik, INTJ dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi organisasi mana pun karena keterampilan memecahkan masalah dan etos kerja yang kuat. 

INTJ adalah pemikir yang tajam, mandiri, dan strategis yang dapat menghasilkan solusi inovatif yang mungkin tidak terpikirkan oleh orang lain. INTJ terkemuka termasuk Elon Musk dan Stephen Hawking.

3.INFP

INFP adalah individu yang introspektif dan kreatif yang senang mengeksplorasi berbagai ide dan nilai. Tipe sensitif ini sering merasa disalahpahami karena sifat yang lebih pendiam dan tertutup. 

INFP sering kali melamun, menciptakan dunia baru dalam pikiran mereka. Ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi mereka. INFP biasanya tidak kesulitan menyampaikan pemikirannya melalui kegiatan kreatif seperti menulis atau seni. 

Mereka biasanya adalah orang-orang yang sangat peduli dengan moralitas yang kuat yang mengarahkan keputusan dan tindakan mereka. INFP dapat menjadi pemecah masalah yang baik dan visioner yang menginspirasi dan dapat membuat perbedaan positif dalam komunitasnya. INFP terkenal termasuk Putri Diana dan Keanu Reeves.

4.ISFP

Di urutan keempat ada tipe kepribadian ISFP. Jiwa sensitif ini sering kali mawas diri dan kreatif dalam mengekspresikan diri. ISFP suka hidup pada saat ini dan menikmati mengambil segala sesuatunya apa adanya tanpa memberikan terlalu banyak tekanan pada diri mereka sendiri.

Mereka memiliki apresiasi yang kuat terhadap alam, hewan, dan seni yang memungkinkan mereka menjadi sangat selaras dengan emosi mereka. 

ISFP sangat menghargai kebebasan dan kemandirian mereka, sehingga sulit bagi mereka untuk berkomitmen pada rencana atau proyek jangka panjang. 

Meskipun sekilas terlihat pemalu, ISFP memiliki daya tarik unik yang memungkinkan mereka menjalin hubungan tulus dengan orang lain. ISFP terkemuka termasuk Britney Spears dan Prince.

5.ISTJ

Nomor lima dalam daftar adalah ISTJ. Orang-orang ini sangat analitis dan metodis dalam pendekatan mereka terhadap pemecahan masalah, lebih memilih untuk bekerja dengan fakta-fakta konkret daripada ide-ide abstrak. 

ISTJ sangat senang bekerja sendiri dan sering kali memilih untuk tidak menjadi sorotan. Mereka menjalankan tugas mereka dengan serius dan berusaha untuk dapat dipercaya, bertanggung jawab, dan konsisten dengan pekerjaan mereka. 

ISTJ secara alami diselenggarakan dan menyukai struktur dalam kehidupan mereka, yang memungkinkan mereka menjadi pengelola waktu yang efektif. 

Meskipun mereka mungkin bukan orang yang paling ramah, ISTJ adalah individu yang sangat setia dan peduli serta akan melakukan apa saja untuk membantu orang lain. ISTJ yang terkenal dan sukses termasuk Jeff Bezos dan Ratu Elizabeth II.

6.ISTP

ISTP adalah salah satu introvert yang lebih ekstrover. Mereka belum tentu fokus pada manusia, namun mereka suka menjelajahi lingkungan di sekitar mereka dan melakukan pendekatan langsung dalam memecahkan masalah.

ISTP senang mengutak-atik objek dan mesin, menjadikannya pemecah masalah dan pemecah masalah yang hebat. Mereka berkembang dalam menemukan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu dan mendorong batasan mereka sendiri.

ISTP sangat mandiri dan menikmati kebebasan untuk mengejar kepentingan mereka sendiri tanpa terlalu banyak campur tangan. Sifat mereka yang ceria dan terkadang memberontaklah yang membuat mereka lebih ekstrover dibandingkan introvert lainnya. ISTP terkenal termasuk Kobe Bryant dan Kourtney Kardashian.

  1. INFJ

INFJ berada di urutan ketujuh dalam daftar dan introvert paling tidak introvert kedua. Tipe ini sangat intuitif dan introspektif, mereka mampu membaca yang tersirat dalam situasi apa pun.

Mereka sering kali adalah orang-orang yang kreatif dan imajinatif yang memiliki pemahaman bawaan tentang apa yang benar atau salah. INFJ mengupayakan keharmonisan dan pemahaman di lingkungannya, menjadikan mereka pembawa perdamaian alami.

Mereka juga memiliki kemampuan untuk melihat potensi orang lain dan membantu mereka mencapai tujuan mereka. Mereka mengambil pendekatan hidup yang fokus pada orang dan merupakan komunikator yang sangat baik. Nelson Mandela dan Nicole Kidman adalah contoh sempurna dari introvert yang berorientasi pada orang.

8.ISFJ

Sekarang kita beralih ke tipe kepribadian introvert. ISFJ adalah introvert yang paling berorientasi pada orang. Mereka adalah individu yang sangat perhatian dan setia yang berusaha menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi semua orang di sekitar mereka.

ISFJ memiliki keterampilan sosial yang kuat dan biasanya dapat membaca perasaan orang lain serta menawarkan dukungan dalam situasi sulit. Mereka sabar dan akomodatif, sering kali berusaha membantu orang lain.

ISFJ juga senang terlibat dalam diskusi ringan dan natural dalam skenario sosial. Keterampilan inilah yang membuat orang salah mengira ISFJ sebagai ekstrover. ISFJ terkenal termasuk Selena Gomez dan Ed Sheeran.
***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #intip #peringkat #teratas #kepribadian #mbti #dari #yang #paling #introvert #hingga #yang #tidak #terlalu #introvert

KOMENTAR