Teks Sholawat Rajab Tulisan Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya
Ilustrasi Berdoa - Teks Sholawat Rajab Tulisan Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya (Unsplash)
12:44
15 Januari 2024

Teks Sholawat Rajab Tulisan Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya

Umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan bulan Rajab agar mendapatkan berbagai keutamaan. Salah satu amalan yang bisa dikerjakan adalah membaca teks sholawat Rajab.

Membaca sholawat kepada Nabi Muhammad terutama di bulan Rajab memiliki banyak keutamaan. Hal ini sebagaimana dikatakan Abdurrahman bin Auf, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Jibril telah datang kepadaku dan berkata, "Ya Muhammad, tidak seorang pun yang bershalawat kepadamu kecuali didoakan oleh tujuh puluh ribu malaikat. Dan barang siapa yang didoakan oleh malaikat, maka ia tergolong penghuni surga."

Dalam mengamalkan sholawat bulan Rajab, umat Muslim dapat memperbanyak bacaan sholawat ini di siang dan malam hari selama bulan Rajab agar mendapatkan berbagai keutamaan.

Lantas, seperti apa bacaan teks sholawat Rajab?

اللهمّ بارك لنا في رجب و شعبان و بلعنا رمضان و حصل مقاصنا

Latin: Allahumma baarik lanaa fii rajaba wa sya'bana wa ballighnaa ramadhana wa hassil maqashidanaa

Artinya: "Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan."

Selain membaca teks di atas, Anda juga bisa memperbanyak membaca sholawat Nabi Muhammad lainnya, seperti sholawat Jibril atau sholawat Nariyah.

Berikut ini teks sholawat Jibril

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Latin: Shallallahu 'ala Muhammad

Artinya: Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad.

Berikut ini teks sholawat Nariyah

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Latin: Allâhumma shalli shalâtan kâmilatan wa sallim salâman tâmman `alâ sayyidinâ Muḫammadinil-ladzi tanḫallu bihil-`uqadu wa tanfariju bihil-kurabu wa tuqdlâ bihil-ḫawâiju wa tunâlu bihir-raghâ’ibu wa ḫusnul-khawâtimi wa yustasqal-ghamâmu biwajhihil-karîmi wa `alâ âlihi wa shaḫbihi fî kulli lamḫatin wa nafasin bi`adadi kulli ma`lûmilak(a).

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau,".

Tidak hanya membaca sholawat Rajab, umat Muslim juga bisa memperbanyak melantunkan dzikir selama bulan Rajab. Adapun bacaan dzikir istighfar yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

رب اغفرلي وارحمني و تب عليَّ

Rabbighfirli warhamni wa tub alayya

Nah, itulah teks sholawat Rajab, sholawat Jibril, Sholawat Nariyah dan bacaan istighfar yang bisa dibaca selama bulan Rajab.

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #teks #sholawat #rajab #tulisan #arab #latin #arti #keutamaannya

KOMENTAR