Satyam Vada Dharmam Chara Jadi Tema Ubud Writers & Readers Festival 2024, Apa Maknanya?
Ubud Writers & Readers Festival (Dok. UWRF)
17:09
5 April 2024

Satyam Vada Dharmam Chara Jadi Tema Ubud Writers & Readers Festival 2024, Apa Maknanya?

Ubud Writers & Readers Festival (UWRF), yang telah menjadi landasan penting dalam dunia sastra Asia Tenggara selama lebih dari dua dekade, kembali hadir pada bulan Oktober 2024 untuk menginspirasi dan memberikan ruang bagi berbagai suara dari seluruh dunia.

Tema tahun ini, "Satyam Vada Dharmam Chara," diambil dari Mahabharata Hindu dan diterjemahkan sebagai "Speak the Truth, Practice Kindness", menyoroti pentingnya kebenaran dan kebaikan sebagai prinsip utama dalam hidup manusia.

Dalam konteks filosofis Hindu Bali, tema ini mencerminkan konsep Tri Pramana, yang menggambarkan kemampuan hidup, berbicara, dan berpikir manusia melalui Bayu (angin), Sabda (ucapan), dan Idep (pikiran). UWRF tahun ini akan menggali karya-karya penulis yang mengusung nilai-nilai kebenaran dan kebaikan, serta mempertimbangkan pengaruh sastra di tengah kemajuan teknologi dan informasi yang pesat.

“Tahun ini kami akan menyajikan program yang mengeksplorasi bagaimana kata-kata dan ide membentuk wacana publik, memengaruhi norma-norma masyarakat, dan bagaimana penulis dapat memperkuat nilai-nilai kebenaran dan kebaikan, melawan dunia yang semakin bergerak ke arah sebaliknya,” kata Janet DeNeefe, Pendiri dan Direktur UWRF, dalam siaran pers kepada media.

Ubud Writers & Readers Festival (Dok. UWRF)Ubud Writers & Readers Festival (Dok. UWRF)

Melalui kerjasama dengan Australasia Association of Writing Programs (AAWP), UWRF juga memberikan kesempatan kepada penulis dari wilayah Australasia untuk berpartisipasi dalam festival ini melalui "Emerging Writers’ Prizes of Prose and Poetry" dan "Translators’ Prize". Batas waktu penyerahan adalah 30 Juni 2024.

Selain itu, program Peluncuran Buku juga akan menjadi bagian tak terpisahkan dari UWRF 2024, memberikan platform bagi penulis Indonesia dan internasional untuk memperkenalkan karya-karya mereka. Festival ini telah membuka pintu bagi ratusan penulis baru dan mapan sejak 2018 melalui program ini.

Tiket 'early bird' akan mulai dijual pada 24 Juli 2024 bersamaan dengan peluncuran program pertama, sementara penjualan tiket umum akan dimulai pada 28 Agustus 2024.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #satyam #vada #dharmam #chara #jadi #tema #ubud #writers #readers #festival #2024 #maknanya

KOMENTAR