Sudah Sepekan Ditahan, Ini Alasan Sandra Dewi Belum Jenguk Harvey Moeis
Harvey Moeis, suami aktris Sandra Dewi Ditahan penyidik Jampidsus Kejagungsejak Rabu (27/3/2024) [Kejaksaan Agung]
12:53
3 April 2024

Sudah Sepekan Ditahan, Ini Alasan Sandra Dewi Belum Jenguk Harvey Moeis

Pasangan suami istri, Sandra Dewi dan Harvey Moeis masih disorot publik. Tepatnya usai Harvey menjadi salah satu tersangka kasus korupsi tata niaga komoditas timah pada PT Timah Tbk.

Harvey Moeis diketahui telah ditahan di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Namun, sudah hampir sepekan di sana, Sandra Dewi belum menjenguknya. Kenapa, ya?

Alasan Sandra Dewi Belum Jenguk Harvey Moeis 

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Kuntadi, menyebut ada aturan yang membuat Harvey tidak bisa dikunjungi keluarga selama tujuh hari pertama penahannya.  

Menurutnya, selama periode itu, hanya tim kuasa hukum yang diperbolehkan menjenguk Harvey Moeis. Aturan ini merupakan bagian dari proses isolasi yang wajib dilalui setiap tahanan baru. 

"Sesuai ketentuan berlaku, semua tahanan kami (termasuk Harvey Moeis) untuk tujuh hari pertama harus dilakukan tindakan isolasi," ujar Kuntadi mengutip Cumicumi, Rabu (3/4/2024).

Lebih lanjut, Kuntadi menjelaskan bahwa setelah tujuh hari, Harvey Moeis baru bisa dijenguk keluarganya, termasuk oleh Sandra Dewi. Lalu, jika ada kebutuhan pemeriksaan, kuasa hukum akan diberikan akses.

"Jika memang dibutuhkan untuk pemeriksaan, khusus untuk kuasa hukum akan kami beri akses. Nanti setelah hari ke tujuh, baru diizinkan dijenguk keluarga," tambah Kuntadi.

Di sisi lain, Kuntadi belum bisa memastikan adanya aliran dana korupsi dari Harvey Moeis ke Sandra Dewi. Hal tersebut, dikatakannya, masih dalam proses penyelidikan tim penyidik.

Aset Harvey Moeis Telah Disita

Aset milik Harvey Moeis berupa mobil mewah merek Rolls Royce dan Mini Cooper disita. Ini terjadi usai Kejagung menggeledah rumah suami Sandra Dewi itu pada Senin (1/4/2024) kemarin.

"Betul (mobil Rolls Royce) dan Mini Cooper (milik tersangka Harvey Moeis)" ujar Kuntadi.

Roll Royce warna hitam dan silver di bagian kap mesin itu tiba di Gedung Kejagung sekitar pukul 23.00 WIB. Sementara mobil Mini Cooper, diketahui merupakan hadiah untuk Sandra Dewi.

Selain mobil, Kejagung juga menyita berbagai jam tangan mewah Harvey. Lalu, rekeningnya pun turut disita untuk menelusuri kemungkinan adanya tindak pidana pencucian uang atau TPPU. 

"Dalam setiap penanganan Tipikor, kami selalu menelusuri juga potensi adanya TPPU, kita sudah lakukan Helena Lim sudah kami sangkakan dalam TPPU tidak menutup kemungkinan tersangaka HM (Harvey Moeis)," jelas Kuntadi. 

Rekening pribadi Harvey Moeis itu, kata Kuntadi, sudah diblokir sejak awal penyidikan kasus PT Timah. Hal ini pun masih akan terus dikembangkan guna menemukan bagaimana hasil akhirnya.

Adapun diketahui, Harvey Moeis mulai terlibat sejak tahun 2018 sampai 2019. Ia disebut-sebut berperan sebagai sosok yang menghubungkan PT RBT dengan pihak-pihak dari PT Timah Tbk.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #sudah #sepekan #ditahan #alasan #sandra #dewi #belum #jenguk #harvey #moeis

KOMENTAR