10 Trik Psikologis Ini Mampu Membuat Siapapun Langsung Mempercayai Anda dan Merasa Nyaman Berada Didekat Anda
10 trik psikologis yang bisa membuat siapa pun langsung mempercayai Anda. (Pexels/KoolShooters)
22:28
2 April 2024

10 Trik Psikologis Ini Mampu Membuat Siapapun Langsung Mempercayai Anda dan Merasa Nyaman Berada Didekat Anda

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana Anda bisa tampil sebagai orang yang lebih dapat dipercaya oleh orang lain?

Kepercayaan ini biasanya dibangun seiring berjalannya waktu. Namun, ada beberapa metode psikologis yang dapat mempercepat dan membuat orang memercayai Anda lebih cepat dari sebelumnya.

Nah, tanpa basa-basi lagi, dilansir dari ideapod.com, Selasa (2/4), berikut 10 trik psikologis yang bisa membuat siapa pun langsung mempercayai Anda:

1. Mulailah dengan senyuman yang tulus

Senyuman yang tulus dapat menghasilkan keajaiban. Sebab, senyuman merupakan tanda universal dari keramahan dan kehangatan.

Cobalah untuk melempar senyuman dengan melibatkan ekspresi mata Anda yang antusias.

Tersenyum dengan tulus secara tidak langsung dapat menyampaikan kebahagiaan dan kepositifan. Hal inimembuat orang lain merasa nyaman berada di dekat Anda.

2. Meniru bahasa tubuh mereka

Trik psikologis lain untuk membuat siapa pun langsung mempercayai Anda adalah dengan melakukan mirroring. Mirroring merupakan cara halus untuk membangun hubungan baik.

Hal ini bisa dilakukan dengan mencocokkan bahasa tubuh, gerak tubuh, dan pola bicara Anda dengan seseorang yang sedang Anda ajak berbicara.

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Psychological Association menemukan bahwa otak kita terprogram untuk merespons secara positif orang-orang yang mencerminkan bahasa tubuh kita.

Artinya, saat Anda meniru seseorang, Anda menunjukkan empati dan pengertian, yang membantu mereka merasa lebih terhubung dengan Anda.

Namun penting untuk diingat, pencerminan ini harus dilakukan secara halus dan alami, sehingga tidak terkesan dibuat-buat atau manipulatif.

3. Pertahankan kontak mata

Kontak mata adalah isyarat nonverbal yang kuat yang menyampaikan kepercayaan diri, kejujuran, dan minat. Ini dapat membuat orang merasa dihargai dan lebih mempercayai Anda.

Dengan menjaga kontak mata selama percakapan, Anda menunjukkan bahwa Anda terlibat secara aktif dan benar-benar peduli dengan apa yang dikatakan orang lain.

4. Jadilah pendengar yang baik

Trik psikologis lain untuk membuat siapa pun langsung mempercayai Anda adalah berlatih mendengarkan secara aktif.

Menjadi pendengar yang baik berarti memberikan perhatian penuh, mengajukan pertanyaan yang bijaksana, dan memberikan tanggapan yang berempati.

Tapi bukan itu saja, mendengarkan secara aktif juga dapat membantu Anda memahami orang lain dengan lebih baik dan menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik pada pikiran dan perasaan mereka.

5. Tunjukkan kepakaan Anda

Menunjukkan kepekaan dan kepedulian berarti terbuka tentang perasaan, pikiran, dan pengalaman Anda, meskipun itu sulit untuk dibagikan.

Dengan menjadi peka, Anda menunjukkan keaslian dan keterhubungan, yang dapat membantu orang lain merasa lebih nyaman berbagi kerentanan mereka.

6. Gunakan kekuatan sentuhan fisik

Jika Anda ingin trik psikologis yang sangat sederhana untuk membuat siapa pun mempercayai Anda, jangan meremehkan kekuatan sentuhan!

Sentuhan yang lembut dan tepat dapat menyampaikan kehangatan, empati, dan dukungan. Jika dilakukan dengan benar, sentuhan dapat menciptakan hubungan emosional dan meningkatkan kepercayaan.

Contohnya bisa dengan tepukan di punggung, sentuhan tangan singkat, sentuhan ringan di lengan, dan masih banyak cara lainnya.

Namun, selalu perhatikan batasan pribadi dan perbedaan budaya saat menggunakan sentuhan untuk membangun kepercayaan ini.

7. Temukan hal yang sama

Menemukan nilai-nilai, minat, atau pengalaman bersama dapat membantu Anda menjalin ikatan dengan orang lain dan menciptakan rasa keakraban.

Ini adalah trik psikologis penting lainnya yang dapat digunakan untuk membuat siapa pun langsung mempercayai Anda.

Ketika orang merasa mereka memiliki kesamaan dengan Anda, mereka akan lebih mempercayai Anda. Namun, bagaimana Anda bisa menemukan titik temu?

Anda bisa dengan mudah mendapatkannya melalui percakapan untuk mempelajari minat mereka dan mencari peluang untuk berbagi pengalaman atau keyakinan serupa.

8. Konsisten

Trik psikologis selanjutnya untuk membuat siapa pun langsung mempercayai Anda adalah bersikap konsisten. Konsistensi melibatkan perilaku dapat diandalkan dalam berbagai situasi.

Faktanya, jika Anda konsisten, orang akan mengetahui apa yang diharapkan dari Anda, sehingga memudahkan mereka memercayai Anda.

Jadi, berusahalah untuk menjaga konsistensi dalam perkataan, tindakan, dan keputusan Anda untuk menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.

9. Terbuka terhadap umpan balik

Trik psikologis yang sangat efektif untuk membuat siapa pun memercayai Anda, terutama di tempat kerja atau dalam hubungan, adalah bersikap terbuka terhadap masukan.

Sebab, hal itu menunjukkan bahwa kamu rendah hati, mau belajar dan menghargai pendapat orang lain.

Dengan secara aktif menerima masukan dan menunjukkan kesediaan untuk berkembang, Anda menunjukkan kepada orang lain bahwa masukan mereka penting bagi Anda.

10. Jujurlah, meskipun itu sulit

Bersikap jujur ​​adalah cara terbaik untuk membuat orang memercayai Anda. Kita semua tahu bahwa bersikap jujur ​​dan transparan, bahkan dalam situasi sulit, sangat penting untuk membangun kepercayaan.

Jika Anda jujur, Anda menunjukkan integritas dan menunjukkan bahwa Anda cukup menghormati orang lain dengan mengatakan kebenaran kepada mereka.

Sebenarnya, mengakui kesalahan dan bersikap terbuka tentang pikiran dan perasaan Anda dapat membantu membangun fondasi kepercayaan dalam hubungan Anda, meskipun saat ini sulit untuk jujur!

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #trik #psikologis #mampu #membuat #siapapun #langsung #mempercayai #anda #merasa #nyaman #berada #didekat #anda

KOMENTAR