4 Cara Mengatur Pola Tidur pada Saat Puasa agar Badan Tetap Bugar dan Tidak Ngantuk
Cara Mengatur Pola Tidur pada Saat Puasa./Sumber foto: freepik.com
14:22
31 Maret 2024

4 Cara Mengatur Pola Tidur pada Saat Puasa agar Badan Tetap Bugar dan Tidak Ngantuk

 

 - Pada saat puasa biasanya pola tidur berubah karena adanya jadwal buka dan sahur.

Bila tidak diatur dengan baik, maka jam tidur yang berantakan selama puasa bisa menurunkan kuantitas dan kualitas tidur.

Hal tersebut yang bisa membuat rasa ngantuk yang tidak tertahankan pada waktu pagi hingga siang hari yang bisa membuatmu jadi tidak fokus yang nantinya dapat menurunkan produktivitas.

Agar pola tidur tetap teratur pada saat menjalankan puasa, maka berikut ini merupakan empat cara mengatur pola tidur pada saat puasa agar tidak mengantuk yang dirangkum dari alodokter, halodoc dan hellosehat.

  1. Tidur setelah sahur

Cara pertama untuk mengatur pola tidur pada saat puasa yaitu dengan tidur setelah sahur. Kamu bisa melanjutkan tidur selama 1-2 jam sebelum beraktivitas kembali untuk menambah jam tidur yang berkurang setiap harinya.

  1. Menyempatkan tidur siang

Selanjutnya yaitu dengan menyempatkan untuk tidur siang, kamu dapat melakukan power nap selama 20 hingga 30 menit pada saat jam istirahat kerja untuk dapat mengisi energi dan fokus kembali

  1. Tidur malam lebih awal

Cara selanjutnya yaitu kamu dapat mengatur tidur malam lebih awal, kamu harus membiasakan untuk tetap disiplin dengan waktu tidur kamu.

Usahakan untuk tidur lebih awal agar kamu tidak merasa ngantuk pada saat bangun sahur.

  1. Memperhatikan makanan yang dikonsumsi

Kamu harus memperhatikan makanan yang  akan kamu konsumsi agar memiliki kualitas tidur yang baik, disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan 90 menit sebelum tidur dan kamu juga harus menghindari makanan yang berlemak atau makanan yang berasal dari olahan susu.

Mengkonsumsi makanan tersebut akan membuat kamu tidak bisa tidur yang nantinya malah akan membuat asam lambung kamu menjadi naik, sehingga dada terasa nyeri dan pastinya kamu tidak akan bisa tidur hingga waktu sahur.

Nah itu dia informasi mengenai empat cara untuk mengatur pola tidur pada saat puasa agar badan tetap bugar dan tidak mengantuk.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #cara #mengatur #pola #tidur #pada #saat #puasa #agar #badan #tetap #bugar #tidak #ngantuk

KOMENTAR