Biayai Hidup Ibu dan Adik, Febby Rastanty Ungkap Manfaat Jadi Sandwich Generation
Aktris Febby Rastanty berpose di depan kamera saat berkunjung ke Kantor Suara.com, Jakarta Selatan, Rabu (5/7/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]
12:24
28 Maret 2024

Biayai Hidup Ibu dan Adik, Febby Rastanty Ungkap Manfaat Jadi Sandwich Generation

Febby Rastanty blak-blakan mengaku jadi salah satu generasi sandwich karena harus membiayai hidup ibu dan adiknya. Namun uniknya, sahabat Jessica Mila ini malah merasakan manfaat diberi kemampuan atur keuangan yang baik.

Alih-alih banyak orang dibuat kasihan dengan anak yang menjadi generasi sandwich, ternyata Febby Rastanty lebih pilih fokus pada hikmah yang dirasakan selama membiayai hidup keluarganya. Salah satunya punya kesempatan membalas budi lebih besar dan lebih awal

"Aku memang membiayai keluargaku, mamaku adikku. Kalau menurut aku jadi sandwich generation ada untungnya juga, karena selain aku melihatnya sebagai lebih dini untuk berbalas budi kepada orangtua kita," ujar Febby melalui potongan video yang dibagikan akun instagram @podcatscewek, dikutip suara.com, Rabu (28/3/2024).

Generasi sandwich adalah generasi orang dewasa yang harus menanggung hidup 3 generasi yaitu orang tuanya, diri sendiri, dan anaknya atau adik yang masih jauh lebih muda.

Febby juga menambahkan, saat menjadi generasi sandwich tanpa sadar dirinya dituntut untuk pintar atur keuangan. Bahkan semakin banyak belajar agar tidak mengulangi kesalahan yang dilakukan orang tuanya dulu dari sisi keuangan.

"Jadi lebih terdorong lagi untuk berpikir gimana caranya memanage uang lebih baik, karena kan bagaimanapun kita nggak mau mengulangi kesalahan yang dibuat sama orangtua kita. Management uangnya kurang baik," papar perempuan berusia 28 tahun itu.

Dari menjadi generasi sandwich pula, Febby juga punya kemampuan memitigasi atau mengenali risiko keuangan yang tidak baik untuk hidup di kemudian hari.

"Gimana sih caranya untuk memitigasi, keuangan yang tidak baik, ya dengan caranya misalnya cobain investasi dari sekarang. Jangan kayak kebanyakan spending tapi saving (nabung) nya nggak ada sama sekali," pungkas Febby.

Di sisi lain, ada berbagai cara untuk mengatur keuangan generasi sandwich, termasuk agar bisa memutus rantai tersebut kepada keturunannya di masa mendatang, di antaranya sebagai berikut:

1. Buat rencana keuangan

Langkah pertama adalah membuat rencana keuangan yang komprehensif. Identifikasi sumber pendapatan, kewajiban keuangan, serta tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Rencana ini harus mempertimbangkan tanggung jawab keuangan terhadap orang tua dan anak-anak.

2. Prioritaskan dana darurat

Simpanan dana darurat yang mencukupi sangat penting bagi generasi sandwich. Dana darurat ini harus cukup untuk menutup biaya tak terduga atau keadaan darurat, seperti perawatan kesehatan mendadak atau kehilangan pekerjaan.

3. Pertimbangkan asuransi

Asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi penyakit kritis adalah beberapa jenis asuransi yang perlu dipertimbangkan oleh generasi sandwich. Ini akan membantu melindungi Anda dan keluarga dari risiko finansial yang tidak terduga.

4. Rencanakan pensiun

Meskipun Anda mungkin sibuk merawat orang tua dan anak-anak, penting untuk tetap memprioritaskan tabungan pensiun. Mulailah menabung untuk masa pensiun sejak dini dan manfaatkan manfaat pajak yang tersedia untuk rencana pensiun.

5. Berkomunikasi dengan keluarga

Komunikasi terbuka dengan anggota keluarga lainnya sangat penting. Diskusikan tanggung jawab keuangan, tujuan, dan harapan secara teratur dengan pasangan dan anak-anak Anda. Ini akan membantu menghindari konflik dan memastikan bahwa semua orang dalam keluarga memiliki pemahaman yang jelas tentang situasi keuangan.

6. Manfaatkan teknologi keuangan

Manfaatkan alat dan aplikasi keuangan modern untuk membantu mengelola dan melacak keuangan Anda. Ada banyak aplikasi yang dapat membantu membuat anggaran, mengelola investasi, dan melacak tagihan secara otomatis.

7. Berkonsultasi dengan profesional

Jika merasa kesulitan mengelola keuangan sendiri, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang profesional keuangan. Mereka dapat membantu membuat rencana keuangan yang sesuai dengan situasi dan memberikan saran tentang cara mengoptimalkan keuangan Anda.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #biayai #hidup #adik #febby #rastanty #ungkap #manfaat #jadi #sandwich #generation

KOMENTAR