Orang yang Selingkuh Cenderung Memiliki 6 Sifat Ini, Salah Satunya Insecure
Ilustrasi selingkuh. (Freepik/golubovystock)
12:38
25 Maret 2024

Orang yang Selingkuh Cenderung Memiliki 6 Sifat Ini, Salah Satunya Insecure

 - Orang yang selingkuh sering kali memiliki karakteristik atau sifat tertentu yang dapat menjadi petunjuk atau indikasi potensi perselingkuhan yang mereka lakukan.

Dengan mengenali sifat-sifat ini, Anda akan lebih terbantu untuk lebih waspada dalam memahami dinamika dalam hubungan.

Dilansir dari Independent Co UK pada Senin (25/3), terdapat 6 sifat kepribadian yang dapat mengisyaratkan bahwa pasangan Anda cenderung berselingkuh.

Dari sikap yang terlalu fokus pada diri sendiri hingga merasa insecure yang mendalam, dimana setiap sifat ini memberikan gambaran tentang kerentanan seseorang terhadap godaan untuk melakukan perselingkuhan.

1. Suka bermain-main secara romantis dengan orang lain (genit)

Hal ini merupakan perilaku dimana seseorang yang suka bersikap memikat atau bermain-main secara romantis dengan orang lain.

Seseorang yang suka bersikap seperti ini  merasa tidak nyaman saat harus menahan diri dari perilaku tersebut. Orang yang sering berselingkuh cenderung suka bermain-main dengan orang lain, bahkan ketika mereka sudah memiliki pasangan.

Mereka mendapatkan kepuasan dari interaksi semacam itu, dan kebutuhan akan perasaan diinginkan bisa membuat mereka tergoda untuk berselingkuh.

Jadi, meskipun menjadi ramah dan menarik adalah hal yang baik, namun perlu hati-hati agar tidak sampai berlebihan dalam perilaku ini karena dapat membahayakan hubungan dengan pasangan.

2. Serakah atau tamak

Dalam konteks ini merujuk pada sifat serakah atau selalu ingin memiliki sesuatu yang lebih baik atau lebih baik lagi.

Kebiasaan ini membuat seseorang selalu merasa ada sesuatu atau seseorang yang lebih baik di tempat lain. Sehingga ia akan mencari yang lebih baik dan lebih baik lagi dari apa yang mereka punya, yang tentu bisa berpotensi timbulnya pereselingkuhan.

Jika seseorang berpikir bahwa mereka bisa mendapatkan hubungan yang lebih baik atau lebih menguntungkan dengan orang lain, mereka akan merasa tergoda untuk mencari-cari opsi lain di luar hubungan mereka saat ini.

Jadi, sikap serakah ini bisa memicu dorongan untuk mengeksplorasi hubungan atau kesempatan lain, bahkan jika itu berarti berselingkuh.

3. Terlalu memperhatikan diri sendiri

Ini merupakan sifat pada diri seseorang yang cenderung untuk terlalu fokus pada diri sendiri, dimana ia sangat memikirkan dan memperhatikan diri mereka sendiri, tanpa memperhatikan perasaan atau kebutuhan orang lain di sekitar mereka.

Orang yang berselingkuh sering kali memiliki sifat narcisistis, yang berarti mereka sangat memikirkan diri sendiri dan kurang peduli terhadap perasaan pasangan mereka.

Jika pasangan Anda sulit untuk merasakan empati dan selalu berpikir tentang kebutuhan dan keinginan mereka sendiri, ini bisa berpotensi bahwa mereka lebih cenderung berselingkuh pada saat menjalin hubungan dengan pasangan mereka.

Hal ini karena mereka lebih memprioritaskan perhatian dan pujian yang mereka dapatkan dari orang lain daripada memperhatikan perasaan dan kebutuhan Anda sebagai pasangan.

Jadi, perilaku yang terlalu fokus pada diri sendiri dapat mengancam hubungan, karena mereka membutuhkan perhatian dan penghargaan dari orang lain lebih dari sikap peduli terhadap pasangan mereka sendiri.

4. Suka menyembunyikan kebenaran (bohong)

Ini adalah tindakan menyembunyikan kebenaran atau membuat orang lain percaya pada sesuatu yang tidak benar.

Pepatah menyatakan bahwa seseorang yang pernah berselingkuh cenderung akan melakukannya lagi di masa depan. Jadi, jika Anda telah menangkap pasangan Anda berselingkuh sebelumnya, Anda mungkin sudah mengetahui karakter mereka.

Para ahli juga menyatakan bahwa kebohongan mengungkapkan banyak hal tentang moral seseorang.

"Tidak semua orang yang berbohong adalah pelaku perselingkuhan, tetapi orang yang berselingkuh selalu berbohong."

Jadi, jika pasangan Anda pernah berbohong kepada Anda sebelumnya, hal itu bisa menjadi pertanda bahwa mereka mungkin tidak jujur atau tidak dapat dipercaya dalam hubungan.

Oleh karena itu, penting untuk waspada terhadap tanda-tanda kebohongan dan kepercayaan yang terganggu dalam hubungan Anda.

5. Sifat menuduh

Ini mengacu pada tuduhan atau persepsi bahwa seseorang melakukan sesuatu yang tidak pantas atau tidak salah.

Dalam konteks ini, seorang pelaku perselingkuhan cenderung menjadi paranoid dan mencurigai pasangan mereka melakukan hal yang sama, bahkan hanya dengan tindakan sekecil melirik atau memberi pujian kepada orang lain.



Para ahli menjelaskan bahwa pasangan yang jujur dan dapat diandalkan tidak akan meragukan atau menuduh pasangan mereka melakukan hal tersebut karena mereka memiliki kepercayaan pada diri mereka sendiri dan hubungan mereka.

6. Insecure

Insecure adalah perasaan tidak yakin atau tidak percaya diri tentang diri sendiri atau hubungan seseorang dengan orang lain.

Insecure adalah ciri yang umum di antara orang yang berselingkuh. Mereka merasa tidak aman dan membutuhkan perhatian konstan dari pasangan mereka untuk merasa dicintai.

Namun ironisnya, insecure ini justru bisa mendorong mereka untuk berselingkuh. Mereka merasa khawatir bahwa pasangan mereka akan meninggalkan mereka akibat kekurangan yang dimilikinya, sehingga mereka merasa perlu memiliki rencana cadangan dengan orang lain atau dalam kata lain mencari pengganti pasangan mereka sebelum hubungan tersebut berakhir. Dimana hal ini pun dapat memicu terjadinya perselingkuhan.

Jadi, insecure bisa menjadi pemicu untuk perilaku perselingkuhan karena orang tersebut mencari keamanan dan pengakuan di luar hubungan mereka yang sudah ada.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #orang #yang #selingkuh #cenderung #memiliki #sifat #salah #satunya #insecure

KOMENTAR