Sumber Kekayaan UAS: Tak Cuma dari Ceramah, Ustaz Solmed Lewat?
Ustaz Abdul Somad (UAS). [Istimewa]
10:20
14 Januari 2024

Sumber Kekayaan UAS: Tak Cuma dari Ceramah, Ustaz Solmed Lewat?

Kekayaan sederet ustaz di Indonesia masih menjadi topik pemberitaan hangat. Ini terjadi usai Ustaz Solmed diketahui memiliki rumah mewah. Hal tersebut membuatnya dibandingkan dengan sejumlah pendakwah lain.

Salah satunya dengan Ustaz Abdul Somad (UAS) yang juga disebut-sebut memiliki harta fantastis. Sebab, selain berkarier sebagai penceramah, ia pun kerap menjadi konten kreator hingga pebisnis. Berikut sumber kekayaannya.

1. Menjadi Penceramah

Kekayaan milik UAS tentu diperoleh dari berbagai kajian yang ia datangi. Ia dikenal memberikan ceramah dengan gaya santai. Ia juga kerap menyisipkan hal-hal lucu di dalamnya. Tak heran jika dirinya begitu populer di Tanah Air. 

Ustaz Abdul Somad sempat berbicara mengenai tarif ceramahnya pada tahun 2020 silam. Kala itu, ia menegaskan bahwa dirinya tidak pernah memasang harga. Dengan kata lain, bayarannya ini tergantung dari pihak pengundang.

"Setiap kali ada yang bertanya ‘ustaz, honornya berapa?’ Saya tegaskan saya tak pernah pasang banderol. Maka jika ada yang mau undang, udanglah tanpa menanyakan banderol,” ungkap UAS mengutip Hops.id -- jaringan Suara.com.

“Karena kita (penceramah) memang seharusnya yang mendatangi jamaah. Karena mereka (jamaah) sudah mau berkumpul dan mengumpulkan orang lain saja sudah cukup, kita tinggal datang, tak usah gusar,” lanjutnya.

2. Kelola Kanal YouTube

Sumber kekayaan Ustaz Abdul Somad yang selanjutnya berasal dari Youtube. Ia membangun kanal 'Ustadz Abdul Somad Official' sejak Juni 2019 silam. Saat ini, dirinya sudah memiliki sebanyak 4,2 subscribers atau pengikut.

Sementara videonya hingga kini terpantau sudah lebih dari 2,4 ribu yang isinya rata-rata dakwah. Ia hampir setiap hari mengunggah konten tersebut. Adapun penghasilannya dari sana ialah sekitar Rp1,6 miliar per bulan. 

3. Buka Sejumlah Usaha

Tak hanya menjadi pendakwah dan konten kreator, Ustaz Abdul Somad juga membuka toko buku bernama Amanah. Di sana, ia menjual segala buku tentang Islam. Selain itu, ada bisnis lain yang ia kelola, yakni UAS Original Store.

Toko tersebut menjual beragam jenis produk. Untuk wanita, tempat usaha UAS itu menyediakan jilbab syari hingga pakaian gamis. Sementara untuk pria, ada peci dengan banyak warna, celana muslim, kaos, kemeja koko, dan tas.

Meski memiliki harta melimpah, Ustaz Abdul Somad tidak menganggap kekayaan sebagai nikmat yang paling besar. Menurutnya, kenikmatan manusia yang perlu disyukuri adalah mempunyai Allah.

"Nikmat terbesar bagi kita bukan kaya, karena banyak orang yang kaya tapi harta tak bisa menolong di hadapan Allah,” kata UAS dikutip dari YouTube Jalan Hijrah, Rabu (27/9/2023).

"Tapi kemuliaan itu terletak pada Allah, ya Allah jadikanlah akhir kalam kami ketika ajal sampai yang terakhir ucapan akhir yang keluar dari mulut adalah laa ilaha illallah,” lanjutnya.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #sumber #kekayaan #cuma #dari #ceramah #ustaz #solmed #lewat

KOMENTAR