4 Kesalahan yang Dilakukan INFJ Ini Bisa Membuatnya Merasa Canggung, Apa Saja? Simak!
Ilustrasi INFJ merasa canggung akibat kesalahan yang ia lakukan./Sumber foto: freepik/Drazen Zigic
11:12
23 Maret 2024

4 Kesalahan yang Dilakukan INFJ Ini Bisa Membuatnya Merasa Canggung, Apa Saja? Simak!

 

 - Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tipe kepribadian INFJ sering kali berurusan dengan tantangan tersendiri.

Meskipun mereka dikenal sebagai individu yang introspektif, empatik, dan berbakat dalam membaca orang, tidak jarang mereka juga menghadapi momen-momen di mana mereka merasa canggung.

Perasaan canggung ini bisa terjadi akibat kesalahan yang dilakukannya, sehingga ini bisa menjadikannya tidak nyaman dalam interaksi sosial.

Dilansir dari Truity pada Jumat (22/3), berikut merupakan 4 kesalahan umum yang sering dilakukan oleh INFJ yang dapat membuat mereka merasa canggung.

Dengan memahami aspek-aspek ini lebih dalam, diharapkan para INFJ dapat belajar bagaimana mengatasinya dan merasa lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka.

1. Larut dalam pikiran sehingga menjadikannya lupa atau tidak menanggapi percakapan seseorang

Poin tersebut menjelaskan bahwa salah satu kebiasaan INFJ adalah terlalu terperangkap dalam pikiran mereka sendiri sehingga mereka lupa dengan sekitar atau melewatkan percakapan.



INFJ cenderung memiliki dunia dalam yang kaya, namun terkadang hal ini dapat membuat mereka tidak sadar akan hal-hal di sekitar mereka.

Ini bisa menyebabkan kejadian seperti dimana INFJ hampir menabrak dinding atau kehilangan peluang untuk terlibat dalam percakapan karena terlalu asyik dengan pemikiran mereka sendiri.

2. Melompat pada percakapan orang lain meskipun tidak terlibat (bergabung dengan percakapan orang lain secara tiba-tiba)

Ini menjelaskan bahwa INFJ cenderung mendengarkan percakapan orang lain meskipun dirinya tidak secara langsung terlibat.

INFJ memiliki empati yang kuat dan kemampuan mendengarkan yang baik, sehingga sulit bagi mereka untuk mengabaikan percakapan di sekitar mereka.

Ketika mereka merasa bisa memberikan bantuan atau saran, mereka cenderung ingin ikut serta dalam percakapan tersebut.

Namun, masuk ke dalam percakapan orang lain tanpa diundang dapat terlihat seperti mengintip atau terlalu ikut campur, yang sebaiknya dihindari.



3. Menciptakan topik pembicaraan yang tak sesuai minat lawan bicaranya

INFJ adalah tipe kepribadian yang cenderung memperhatikan baik gambaran besar maupun detail kecil dalam situasi atau topik tertentu.

Dalam kasus ini contohnya, seorang INFJ yang memiliki minat dalam suatu topik, seperti gaming, akan mendalami dan membahas detail-detail kecil tentang permainan tersebut tanpa diminta.

Namun, terkadang ketertarikan mereka pada detail-detail tersebut mungkin tidak selalu diminati oleh orang lain dalam percakapan.

Hal ini bisa membuat percakapan terasa monoton atau membosankan bagi lawan bicara INFJ, yang pada akhirnya dapat menciptakan situasi yang canggung.



4. Menebak sesuatu contoh seperti menebak akhir cerita

Menebak akhir cerita adalah kemampuan INFJ untuk meramalkan apa yang akan terjadi selanjutnya berdasarkan intuisi mereka yang kuat.

Ini bisa menjadi kelebihan, tetapi jika dilakukan tanpa memperhatikan konteks sosial, ini bisa terasa canggung.

Misalnya, saat menonton film dengan teman-teman baru, INFJ mengungkapkan akhir cerita secara tiba-tiba, dimana hal ini bisa mengganggu dan merusak pengalaman menonton bersama.

Hal ini sering terjadi ketika INFJ merasa nyaman dalam situasi tertentu, namun bisa dianggap tidak sopan atau mengganggu jika dilakukan di sekitar orang yang tidak mengenal mereka dengan baik.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kesalahan #yang #dilakukan #infj #bisa #membuatnya #merasa #canggung #saja #simak

KOMENTAR