Sambut Ramadan 2024, Empat Tren Warna Cat Ini bikin Rumah Tenang dan Damai
Tren Warna Ramadan 2024 persembahan Nippon Paint mengusung empat tema utama, yaitu; Find Calm, Find Balance, Find Freedom, dan Find Renewal. (Foto: Istimewa)
09:50
13 Maret 2024

Sambut Ramadan 2024, Empat Tren Warna Cat Ini bikin Rumah Tenang dan Damai

Anda yang ingin menciptakan nuansa rumah yang berbeda di Ramadan 2024, empat tren warna cat ini bisa menjadi pilihan.

Ramadan memang menjadi momen yang sangat dinantikan umat Muslim di seluruh dunia yang mengubah suasana kehidupan dengan maknanya yang mendalam. Kesibukan sehari-hari berubah menjadi mencari ketenangan ketika Ramadan tiba.

Perubahan suasana di bulan yang istimewa semakin terasa tak hanya dalam aktivitas religi namun juga dapat tercipta melalui sentuhan warna baru di rumah yang menjadi tempat untuk merayakan momen kebersamaan, kedamaian, dan kemurahan hati.

Keindahan Ramadan dalam sentuhan warna baru yang membawa nuansa penuh makna ini terwujud dalam Tren Warna Ramadan 2024 persembahan Nippon Paint dengan mengusung empat tema utama, yaitu; Find Calm, Find Balance, Find Freedom, dan Find Renewal.

“Kami selalu berkomitmen untuk hadirkan sentuhan warna kehidupan dalam momen Ramadan di setiap tahunnya. Tahun ini, kami hadirkan atmosfer alam dalam momen Ramadan yang bisa menjadi pilihan menakjubkan untuk menciptakan ruang yang tenang, damai, dan mendukung refleksi spiritual,” kata Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia saat peluncuran Tren Warna Ramadan 2024 di Jakarta, belum lama ini.

Keempat tema warna yang diluncurkan brand cat tersebut terinspirasi dari keindahan alam yang seirama dengan indahnya bulan suci Ramadan yang identik dengan; ‘Teduhnya Ibadah’ (Find Calm), ‘Sukacita di Hari Kemenangan’ (Find Freedom), ‘Harmoni Kebersamaan’ (Find Balance), dan ‘Kembali Murni’ (Find Renewal).

“Untuk Find Calm kami menawarkan pilihan warna netral untuk hasil yang memberikan rasa tenang pada ruangan. Kemudian pada Find Freedom kami memberikan referensi warna-warna cerah dan ceria yang memancarkan warna kekinian dan segar," terang Mark Liew.

Sedangkan Find Balance, sambung dia, sangat cocok bagi yang mengutamakan elegan dalam ruangan lewat pilihan warna yang seimbang. Sementara Find Renewal yang menyuguhkan warna-warna hijau kebiruan dari alam bahari memberikan nuansa pembaharuan.

Tren Warna Ramadan 2024 persembahan Nippon Paint mengusung empat tema utama, yaitu; Find Calm, Find Balance, Find Freedom, dan Find Renewal. (Foto: Istimewa)Tren Warna Ramadan 2024 persembahan Nippon Paint mengusung empat tema utama, yaitu; Find Calm, Find Balance, Find Freedom, dan Find Renewal. (Foto: Istimewa)

Mengenai tren warna bernuansa alam, Principal Designer of Grace Hartanti Design Lab, Grace Hartanti mengatakan warna-warna alam banyak disukai, karena dapat memberikan kesan ketenangan, menghadirkan keseimbangan, mewakili kehidupan dan kesederhanaan tetapi tetap elegan.

Alasan-alasan itulah, kata dia, yang membuat warna-warna alam dapat memberikan rasa rileks dan kesan terbuka untuk menerima pesan-pesan spiritual dan refleksi yang disampaikan terutama selama bulan Ramadan.

Warna-warna alam memang seringkali dikaitkan dengan kehidupan yang berkelanjutan dan siklus alam yang terus berlanjut. Dalam konteks persiapan Ramadan, ini bisa menjadi pengingat tentang pentingnya siklus ibadah dan pertumbuhan spiritual.

Lalu sejauhmana penggunaan warna-warna alam pada sebuah bangunan dapat memberikan efek psikologis pada penghuninya?

Grace memaparkan bahwa penggunaan warna-warna alam dalam desain interior atau eksterior bangunan tentu saja dapat membawa dampak psikologis yang signifikan terhadap penghuninya di antaranya; meningkatkan kesejahteraan emosional, mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi serta produktivitas, mengurangi rasa kelelahan, meningkatkan koneksi dengan alam sehingga dapat membantu penghuninya merasa lebih terhubung dengan alam dan lingkungan sekitarnya.

Dengan memahami dampak psikologis dari penggunaan warna-warna alam dalam desain bangunan, arsitek dan desainer dapat menciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan dan kenyamanan penghuninya.

"Hal ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas di dalam bangunan tersebut,” papar Grace.

Menanggapi empat tema warna tersebut, Aghnia Fuad, Praktisi Interior Designer/Principal Designer Suasana Studio berpendapat bahwa keempat tema warna tersebut dapat saling melengkapi.

“Range warna yang luas dapat memberikan banyak pilihan bagi teman-teman yang mau merenovasi rumah dengan suasana yang berbeda. Pilihan warnanya juga versatile sehingga dapat diaplikasikan di berbagai ruang dengan fungsi yang berbeda," jelasnya.

Berbicara mengenai pengaruh cat terhadap sebuah ruang, Aghnia memaparkan bahwa poin penting untuk menciptakan suasana yang tepat pada suatu ruang adalah pada pemilihan warna cat.

“Walaupun perbedaannya sangat tipis tapi pemilihan warna yang kurang tepat sangat berpengaruh pada hasil akhir suatu ruang,” urainya.

Melalui warna-warna baru yang dihadirkan Nippon Paint dalam Tren Warna Ramadan 2024 Mark Liew berharap dapat menjadi solusi bagi para pemilik rumah yang ingin menghadirkan nuansa berbeda dalam menyambut momen sarat makna di bulan yang suci ini.

Mari kita sambut datangnya Ramadan dengan sentuhan warna baru!

Editor: Ririn Indriani

Tag:  #sambut #ramadan #2024 #empat #tren #warna #bikin #rumah #tenang #damai

KOMENTAR