Dikenal Harmonis dan Perhatian, Simak Gaya INFJ saat Menjalin Hubungan dengan Kekasih dan Temannya
Ilustrasi pasangan menjalin hubungan. (Personality Junkie)
07:14
11 Maret 2024

Dikenal Harmonis dan Perhatian, Simak Gaya INFJ saat Menjalin Hubungan dengan Kekasih dan Temannya

Tipe kepribadian manusia jika ditelisik lebih dalam ternyata sangatlah unik, sekaligus juga langka. Salah satunya tipe kepribadian INFJ yakni kepanjangan dari Introvert, Intuitive, Feeling, dan Judging.

Seseorang dengan kepribadian INFJ ini dalam konflik hubungan lebih memanfaatkan wawasan tentang bagaimana orang lain bertindak.

Artinya mereka lebih bertahan, biarkan pasangan yang bertindak. Sehingga tipe ini mengupayakan keharmonisan, dan memastikan tidak ada seseorang yang terkena dampak buruk jangka panjang.

Tindakan tipe kepribadian INFJ ini memang dapat bermanfaat bagi mereka ketika mendapatkan dukungan dari orang lain selama konflik.

Namun, hal ini bisa menimbulkan dampak buruk ketika INFJ terlalu memikirkan orang lain sehingga mereka tidak mengurus kebutuhannya sendiri.

Gaya konflik hubungan INFJ perlu menyatukan orang-orang dari sudut pandang yang berbeda secepatnya. Namun, pendekatan ini bisa gagal jika ada lawan pasangan INFJ tidak bersikap lugas dan to the point (dengan detail spesifik).

Kiat Singkat untuk Mereka yang Preferensi terhadap INFJ: Memulihkan keharmonisan ketika berada dalam konflik dapat bermanfaat bagi Anda ketika sudah mendapatkan penyelesaian. Namun, hal ini juga bisa mengakibatkan rasa sakit hati semakin tertahan di dalam diri.

INFJ dapat mendengarkan pasangannya untuk mengantisipasi kebutuhan dan cara meningkatkan kenyamanan mereka.

Mereka suka memvisualisasikan bagaimana masa depan suatu hubungan bisa lebih cerah. Mereka juga bisa membuat keputusan tentang hubungan dari sudut pandang moral dan berdasarkan nilai-nilai bersama dengan pasangannya. Bagi INFJ, keharmonisan adalah kunci hubungan yang baik.

Mereka selektif dalam memilih pasangan karena mereka mencurahkan banyak energi untuk memperkuat ikatan antara mereka dan orang lain dalam hubungan.

Namun, mereka mungkin tidak selalu bersuara tentang ketakutan, kebutuhan, perasaan, dan kekhawatirannya kecuali mereka merasa bisa mempercayai orang lain sepenuhnya.

Dalam pertemanan, INFJ sering kali dapat melihat pola koneksi dan interaksi orang lain. Mereka cenderung berempati terhadap temannya, dengan kemampuan memahami dan berbagi perasaan orang lain.

Mereka juga cenderung menjadi teman yang penuh kasih sayang dan simpatik, sering kali mendahulukan kepentingan orang lain dibandingkan dirinya sendiri.

Meskipun mereka hebat dalam memotivasi dan menyemangati teman-temannya, INFJ sering kali hanya memiliki sekelompok kecil teman dekat karena mereka menghargai waktu tenang dan menyendiri untuk memulihkan tenaga.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #dikenal #harmonis #perhatian #simak #gaya #infj #saat #menjalin #hubungan #dengan #kekasih #temannya

KOMENTAR