Adu Prestasi Erina Gudono dan Selvi Ananda, Istri Gibran Rakabuming Beda Jauh?
Adu Gaya Erina Gudono dan Selvi Ananda (Instagram/@erinagudono/@selvie_ananda_)
10:31
10 Maret 2024

Adu Prestasi Erina Gudono dan Selvi Ananda, Istri Gibran Rakabuming Beda Jauh?

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Erina Gudono tengah dilirik untuk maju dalam Pilkada Sleman 2024. Istri Kaesang Pangarep itu masuk menjadi jajaran calon kandidat yang akan diusung oleh Partai Gerinda, hal tersebut dikonfirmasi sendiri oleh Ketua DPC partai Gerindra kabupaten Sleman HR Sukaptana. 

Meski demikian, nama-nama ini belum pasti diusung karena perlu ada komunikasi dengan partai lainnya terlebih dahulu. Nama-nama yang dimunculkan tersebut juga bakal dibahas dengan partai-partai yang nantinya bakal berkoalisi dengan partai Gerindra.

Diketahui bahwa Erina Gudono memang berasal Sleman, Yogyakarta. Meski lahir di Amerika Serikat, Erina menamatkan sekolahnya hingga jenjang sarjana di Yogyakarta. Dia bahkan pernah mewakili Provinsi Yogyakarta dalam ajang Puteri Indonesia tahun 2022. 

Adu Gaya Erina Gudono dan Selvi Ananda (Instagram/@erinagudono/@selvie_ananda_)Adu Gaya Erina Gudono dan Selvi Ananda (Instagram/@erinagudono/@selvie_ananda_)

Sebagai menantu orang nomor satu di Indonesia, Erina terbilang sosok yang berprestasi, sama seperti menantu pertama Jokowi, Selvi Ananda. Kedua menantu perempuan Jokowi itu bahkan sama-sama jebolan Puteri Indonesia. Berikut adu prestasi di antara keduanya yang tak kalah mentereng.

Selvi Ananda Jadi Puteri Solo 2009

Selvi Ananda memang lahir dan tumbuh besar di Solo. Dia menamatkan seluruh pendidikannya hingga jenjang S1 di Kota tersebut. Pendidikan terakhir Selvi Ananda tercatat sebagai alumni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB yang lulus pada 2012 sebagai sarjana akuntansi. Selvi juga lulus dengan predikat memuaskan yakni Indeks Prestasi Kumulatif 3,4. Setelah lulus, dia bekerja di Panin Bank.

Selvi menjalani perkuliahannya sambil bekerja. Dia pernah menjadi pembawa acara di salah satu stasiun televisi lokal yakni TATV (terang abadi televisi). Saat masih menjadi mahasiswa baru, Selvi telah mengikuti pemilihan putra-putri solo di tahun 2007, tapi gagal jadi pemenang. 

Dua tahun kemudian, pada tahun 2009, Selvi kembali mencoba lagi kompetisi tersebut dan menjadi juara. Usai memenangkan kompetisi, Selvi sempat ditugaskan sebagai duta pariwisata kota Solo di Singapura. Kompetisi itu juga yang menjadi awal mupa pertemuan Selvi dengan Gibran.

Erina Gudono Punya Prestasi Akademik dan non Akademik

Salah satu prestasi akademik Erina dengan berhasil menerima beasiswa bergengsi LPDP untuk menjadi mahasiswa di Columbia University jurusan Administrasi Publik pada tahun 2021 lalu. Saat masih kuliah di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, dia juga pernah terpilih sebagai salah satu peserta pertukaran pelajar internasional ke Showa Women's University Japan pada 2018 lalu.

Prestasi akademik lain yang diraih oleh Erina juga dirinya pernah mengikuti short summer class di The Chinese University of Hong Kong dan bekerjasama dengan universitas top dunia, Harvard University.

Tak hanya di bidang akademik, Erina juga memiliki sejumlah prestasi di bidang non akademik. Erina diketahui pernah beberapa kali memenangkan lomba business plan nasional yang diadakan oleh berbagai universitas ternama di Indonesia, seperti Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjahmada, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Padjajaran, hingga Universitas Udayana.

Kemampuan public speaking dan advokasi Erina juga membuatnya berhasil dinobatkan sebagai Diajeng Sleman 2018. Kemenangannya di daerah mengantarkan Erina ke kompetisi tingkat provinsi DI Yogyakarta untuk Puteri Indonesia.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #prestasi #erina #gudono #selvi #ananda #istri #gibran #rakabuming #beda #jauh

KOMENTAR