Cantik Alami: 8 Makanan Terbaik untuk Kulit Sehat dan Glowing
Ilustrasi - Kulit Sehat dan Glowing yang Memukau./Sumber foto: freepik/Racool_studio
09:42
7 Maret 2024

Cantik Alami: 8 Makanan Terbaik untuk Kulit Sehat dan Glowing

 

 - Kulit sehat dan glowinh adalah kondisi di mana kulit terlihat bersih, lembut, dan memiliki kilau alami.

Kulit yang sehat memiliki tektur yang halus, warna yang merata, serta terasa kenyal dan elastis.

Sementara itu, kulit yang glowing akan tampak berseri-seri dan terlihat lebih segar, tanpa adanya tanda-tanda kekeringan, kusam, atau noda.

Penampilan kulit yang sehat dan glowing sangat memengaruhi kesan keseluruhan seseorang.

Kulit yang bersih dan bercahaya membuat seseorang terlihat lebih muda, segar, dan berenergi.

Selain itu, kulit yang sehat juga memberikan kesan kepercayaan diri yang tinggi dan membuat seseorang terlihat lebih menarik.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya, tidak hanya diperlukan perawatan luaran seperti menggunakan produk perawatan kulit, namun juga perawatan dari dalam, terutama melalui pola makan yang sehat.

Meskipun perawatan luaran juga penting, konsumsi makanan alami yang sehat dan seimbang merupakan langkah penting untuk mencapai kulit yang sehat dan bercahaya secara alami.



Dilansir dari Parkway East Hospital pada Rabu (6/3), berikut merupakan 8 makanan pilihan terbaik untuk menjadikan kulit tampak sehat dan glowing.

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon dan makarel mengandung omega-3, yang baik untuk membuat kulit terlihat lebih kenyal dan berseri.

Mereka juga dapat membantu mengurangi peradangan, kemerahan, dan jerawat, serta melindungi kulit dari sinar UV.

Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam ikan berlemak dapat melindungi kulit dari iritasi dan kerusakan akibat radikal bebas, dimana radikal bebas dapat membuat kulit menua lebih cepat.

Selain itu, protein dan seng dalam ikan berlemak juga membantu memperkuat kulit dan meningkatkan pembentukan sel kulit baru.

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang bisa menjaga kulit tetap lembap dan kencang. Mereka juga mengandung vitamin C dan E, dimana dua nutrisi ini penting bagi tubuh untuk mendukung kulit sehat dan melawan pembentukan radikal bebas.

Alpukat juga kaya akan biotin, yaitu vitamin B yang diyakini beberapa ahli gizi bisa membantu kulit dan rambut tetap sehat.



3. Kacang kenari

Kenari adalah camilan yang kaya nutrisi meskipun dimakan dalam jumlah kecil. Kenari mengandung vitamin E, vitamin C, seng, dan selenium, yang semuanya baik untuk kulit.

Kenari mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 dan omega-6 dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya, menjadikannya pilihan yang lebih sehat jika Anda ingin memaksimalkan dalam pemanfaatan bagi kulit Anda.

Namun, penting untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi kacang, cukup satu genggam (1/4 gelas) sehari.

Terlalu banyak mengonsumsi kenari bisa menyebabkan penambahan berat badan. Selain itu, makan terlalu banyak kenari juga bisa menyebabkan efek samping seperti kembung, nyeri perut, dan alergi kulit pada beberapa orang.

4. Biji bunga matahari (kuaci)

Biji bunga matahari adalah camilan sehat yang bisa meningkatkan kesehatan kulit Anda, sama seperti kacang-kacangan. Biji bunga matahari adalah pilihan yang bagus karena mengandung banyak vitamin E, selenium, dan seng.

Minyak biji bunga matahari kaya akan asam linoleat dan asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh Anda untuk menjaga kulit tetap sehat.



5. Wortel

Wortel kaya akan vitamin A, yang melindungi kulit dari efek terbakar akibat paparan sinar matahari. Selain itu, vitamin A pada wortel juga dapat melawan kematian sel, dan kerutan. Vitamin A juga memberikan kilau sehat dan menajdikan kulit Anda tampak sehat berkilau.

Anda bisa mendapatkan vitamin A dengan mengonsumsi provitamin A melalui buah-buahan, sayuran, dan produk berbasis tumbuhan lainnya. Provitamin A juga bisa ditemukan dalam jeruk, bayam, ubi jalar, labu, paprika, brokoli, dan lainnya.

6. Kedelai

Kedelai mengandung isoflavon yang dapat membantu mengurangi kerutan, dan meningkatkan elastisitas kulit Anda.

Wanita yang telah menopause juga bisa mendapatkan manfaat dari isoflavon ini karena mereka membantu mencegah kulit kering dan meningkatkan produksi kolagen untuk memperbaiki tekstur kulit.

Selain itu, isoflavon juga melindungi kulit Anda dari radiasi UV, sehingga dapat mencegah beberapa jenis kanker kulit. Anda juga bisa menemukan isoflavon ini dalam kacang-kacangan seperti kacang arab, pistachio, dan kacang tanah.



7. Dark chocolate

Dark chocolate merupakan pilihan camilan yang baik untuk kulit Anda karena mengandung banyak antioksidan dari bubuk kakao.

Antioksidan ini dapat melembapkan dan meratakan tekstur kulit Anda, membuatnya lebih tahan terhadap paparan sinar matahari, dan meningkatkan aliran darah di kulit Anda.

Pilihlah dark chocolate dengan kadar kakao 70% untuk mendapatkan manfaat antioksidan yang maksimal dengan sedikit gula tambahan.

8. Teh hijau

Teh hijau dikatakan baik untuk kulit karena melindunginya dari stres dan penuaan. Ini karena teh hijau kaya akan antioksidan dan mengandung katekin yang dapat melindungi kulit, mengurangi kemerahan, meningkatkan hidrasi, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dan cukup minum air dapat membuat tekstur kulit lebih merata, memperkuat lapisan kulit, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Sebaiknya hindari mencampurkan susu ke dalam teh hijau karena bisa mengurangi efek antioksidan yang terdapat dalam teh hijau.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #cantik #alami #makanan #terbaik #untuk #kulit #sehat #glowing

KOMENTAR