Kekayaan Atalia Praratya, Istri Ridwan Kamil yang Nyaleg Perdana
Istri mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya kini mencalonkan diri sebagai calon legislatif dari Partai Golkar. (Instagram/ataliapr)
15:01
12 Januari 2024

Kekayaan Atalia Praratya, Istri Ridwan Kamil yang Nyaleg Perdana

Tak hanya artis ataupun influencer yang mencalonkan diri sebagai calon legislatif dalam Pemilu 2024, tetapi juga para istri mantan pejabat daerah. Salah satunya adalah istri mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya.

Perempuan yang akrab disapa Ibu Cinta atau Mamah Jabar ini kini ikut maju sebagai calon legislatif DPR RI Dapil Jabar 1 Kota Bandung dan Kota Cimahi.

Atalia sendiri memutuskan untuk bergabung dengan Partai Golongan Karya (Golkar) sejak Mei 2023. Usai bergabung dengan Partai Golkar, ia kemudian mendapatkan nomor urut 4 dalam daftar caleg dari partainya.

Melalui Instagramnya @ataliapr, Atalia pun membagikan profil singkat dan kiprahnya selama berkarier.

Lalu, berapa sebenarnya jumlah harta dan sumber kekayaan yang dimiliki Atalia? Simak inilah selengkapnya.

Harta Kekayaan Atalia Praratya dan Ridwan Kamil

Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. [Istimewa]Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. [Istimewa]

Atalia berprofesi sebagai dosen tetap di Universitas Widyatama Bandung. Namun sebelum itu, ibu tiga anak ini sempat menjabat sebagai komisaris di PT. Urbane Indonesia, perusahaan jasa arsitek milik Ridwan Kamil dan rekan-rekannya.

Adapun salah satu sumber kekayaan Atalia berasal dari tunjangannya sebagai istri Ridwan Kamil, di mana suaminya pernah menjabat sebagai mantan Wali Kota Bandung dan mantan Gubernur Jawa Barat.

Berdasarkan LHKPN yang dilaporkan Ridwan Kamil saat masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, mereka memiliki harta kekayaan senilai Rp 23,76 miliar.

Harta kekayaan ini meliputi tanah dan bangunan total sebesar Rp19,44 miliar. Kemudian harta berupa alat transportasi dan mesin senilai Rp488,7 juta dan harta bergerak lain senilai Rp429 juta.

Ditambah surat berharga senilai Rp720 juta, kas dan setara kas senilai Rp5,9 miliar, dan harta lainnya senilai Rp213 juta. Pasangan ini juga tercatat memiliki hutang senilai Rp3,4 miliar.

Sumber Kekayaan Atalia Praratya

Potret Wisuda S3 Atalia Praratya (Instagram/@ataliapr)Potret Wisuda S3 Atalia Praratya (Instagram/@ataliapr)

Harta kekayaan yang dimiliki Atalia juga berasal dari penghasilannya sebagai penulis buku. Selain itu, ia juga sempat menjabat sebagai penanggungjawab keuangan di PT. Urbane Indonesia.

Sosoknya sekarang juga berprofesi sebagai dosen tetap di Universitas Widyatama dan dosen tamu di berbagai universitas.

Atalia yang juga baru menyelesaikan pendidikan doktor di Unpad ini juga beberapa kali ikut dalam kegiatan sosial perempuan. Salah satunya adalah The Girl Fest pada tahun 2023. Atalia juga kerap diundang di podcast-podcast YouTube dan mengisi seminar di berbagai lembaga.

Kini, ia pun mencalonkan diri sebagai caleg dari Dapil Jabar 1 Kota Bandung dan Kota Cimahi untuk bisa mewakili Jawa Barat di DPR RI Senayan.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #kekayaan #atalia #praratya #istri #ridwan #kamil #yang #nyaleg #perdana

KOMENTAR