Beda Isi Garasi AHY vs Gibran: Sama-sama Anak Presiden, Tapi Bak Langit dan Bumi
Kolase Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Gibran Rakabuming Raka. (Instagram)
12:12
26 Pebruari 2024

Beda Isi Garasi AHY vs Gibran: Sama-sama Anak Presiden, Tapi Bak Langit dan Bumi

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) langsung tancap gas sehari setelah dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Ia langsung terjun ke tengah masyarakat, membagikan sertifikat tanah hingga ke dalam gang.

Momen itu pun ia unggah melalui akun media sosialnya. Ternyata cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka turut mengomentari unggahan AHY.

Dalam kolom komentar, Gibran terlihat menyematkan emoji api, seakan memberikan semangat pada putra mantan Presiden SBY itu.

Kini kedua tokoh politik itu tengah mendapatkan perhatian publik, seiring dengan kontestasi Pilpres 2024 yang baru saja selesai. Salah satu yang mencuri perhatian adalah isi garasi keduanya, dengan kata lain koleksi otomotif milik AHY dan Gibran.

Lalu seperti apa isi garasi AHY dan Gibran? Simak ulasannya berikut ini.

Isi garasi Agus Harimurti Yudhoyono

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberikan salam sebelum dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A].Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberikan salam sebelum dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A].

Sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, AHY ternyata juga gemar mengoleksi sejumlah mobil mewah.

Dalam beberapa kesempatan, ia kerap muncul ke publik dengan menggunakan mobil pabrikan Amerika Serikat hingga Jepang yang harganya mencapai miliaran rupiah.

Koleksi mobil mewah AHY terungkap dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara pada 2016 silam, ketika ia hendak bertarung di Pilgub DKI Jakarta.

Dalam LHKPN itu, diketahui AHY memiliki mobil Nissan Navara yang harganya mencapai Rp350 juta.

Lalu ada Toyota Vellfire seharga Rp1,1 miliar dan sebuah mobil Jeep Rubicon yang harganya ditaksir mencapai Rp1,4 miliar.

Dalam kesempatan lain, AHY juga pernah tertangkap bidikan kamera tengah menggunakan mobil Mercedes-Benz Sprinter, yang harganya dinilai mencapai Rp1 miliar.

Tak hanya itu, AHY juga memiliki mobil Toyota Land Cruiser yang ia beli usai gagal melenggang ke kursi Gubernur DKI Jakarta.

Mobil berpelat nomor B 2024 AHY ditaksir seharga Rp786 juta dan tidak tercantum dalam LHKPN miliknya.

Namun setelah ditelusuri, STNK SUV asal Jepang itu tidak tercatat atas nama AHY, namun milik Yayasan AHY atau AHY Foundation.

Isi garasi Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka. [Instagram/Gibran Rakabuming Raka]Gibran Rakabuming Raka. [Instagram/Gibran Rakabuming Raka]

Berbeda dengan AHY, koleksi mobil Gibran Rakabuming Raka tak banyak dan harganya cenderung lebih ekonomis.

Meski sama-sama anak presiden, terlihat jelas kalau isi garasi Gibran semuanya bukan mobil yang tergolong mewah.

Dalam LHKPN 2022 lalu, Gibran melaporkan 7 alat transportasi miliknya, yang terdiri dari mobil dan sepeda motor. 

Nilai total semuanya tidak tinggi, yakni hanya Rp332 juta. Tak heran, karena semua mobil milik Wali Kota Solo ini harganya di bawah Rp100 juta.

Gibran memiliki dua mobil Totoya Avanza keluaran tahun 2012 dan 2016, masing-masing seharga Rp60 dan Rp90 juta.

Lalu ia juga memiliki mobil Isuzi Panther tahun 2012 seharga Rp70 juta. Dan terakhir, Putra Presiden Jokowi itu punya mobil Daihatsu Grand Max tahun 2015 seharga Rp60 juta.

Selain mobil, Gibran juga punya tiga sepeda motor, yakni Honda Scoopy tahun 2015 senilai Rp6 juta dan Honda CG-125 tahun 1974 seharga Rp5 juta.

Terakhir, Gibran punya motor Royal Enfield keluaran tahun 2017seharga Rp40 juta.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #beda #garasi #gibran #sama #sama #anak #presiden #tapi #langit #bumi

KOMENTAR