5 Makanan Untuk Tingkatkan Mood Saat Menghadapi Blue Monday, Ini Daftar Menu yang Wajib Dicoba
Gambar cokelat hitam yang menjadi salah satu makanan untuk meningkatkan mood (freepik.com)
07:54
25 Pebruari 2024

5 Makanan Untuk Tingkatkan Mood Saat Menghadapi Blue Monday, Ini Daftar Menu yang Wajib Dicoba

 

- Jika Anda mengalami suasana hati (mood) yang buruk di blue monday atau merasakan takut untuk menjalani hari Senin, Anda perlu menyiapkan strategi dan memilih beberapa menu yang dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik.

Dilansir dari nypost.com, Minggu (25/2), penelitian telah menunjukkan bahwa apa yang Anda makan dapat berdampak langsung pada suasana hati. 

Jadi, memilih makanan yang tepat dapat membantu mengatasi kesedihan maupun mood yang kurang baik lainnya.

Oleh karena itu, Anda dapat memepertimbangan beberapa daftar menu berikut, untuk meningkatkan mood di  Blue Monday hingga Seterusnya. 

5 Makanan yang dapat Meningkatkan Mood pada Blue Monday

Mengonsumsi makanan yang berfokus pada buah-buahan, sayuran, lemak sehat, dan biji-bijian, tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga menyehatkan pikiran Anda. 

  1. Salmon

Salmon merupakan makanan yang dianggap sebagai salah satu makanan paling padat dan bernutrisi di dunia.

Ikan ini, kaya akan protein dan asam lemak omega-3, yang merupakan sumber nutrisi penting, termasuk selenium, fosfor, dan vitamin B.

Asam lemak omega-3 dipercaya dapat meredakan depresi dan meningkatkan mood. Selain itu, salmon juga dikenal dapat mengurangi peradangan, yang menurut beberapa ahli dapat menyebabkan pikiran depresi.

Menikmati setidaknya dua porsi dalam seminggu dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan nutrisinya dan mengurangi risiko terkena beberapa penyakit.

  1. Bayam dan Kangkung

Bayam dan kangkung merupakan jenis sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral, serta menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Mengingat bahwa, sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, kaya akan magnesium, yang dikenal dapat meningkatkan fungsi otak dan suasana hati. 

Selain itu, jenis sayuran tersebut juga juga mengandung asam lemak omega-3 dan dikenal memiliki sifat anti-inflamasi.

  1. Almond

Camilan renyah, seperti kacang almond yang mengandung lemak sehat, dipercaya dan terbukti membantu kesehatan otak.

Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung tirosin, yang terbukti mencegah penurunan fungsi kognitif, terutama membantu mengatasi stres.

  1. Cokelat Hitam

Cokelat hitam memiliki kadar kakao lebih tinggi, yang berarti mengandung antioksidan, bermanfaat yang membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, cokelat hitam mengandung polifenol, yang memiliki sifat antioksidan, yang telah terbukti dapat mengurangi stres, hingga meredakan kecemasan.

  1. Buah Beri

Buah beri kaya akan flavonoid, yang membantu mengatur suasana hati, meningkatkan daya ingat, dan mengurangi peradangan.

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa makan stroberi setiap hari dapat membantu mengurangi risiko terkena demensia pada orang-orang tertentu, khususnya pada usia tua.

Selain itu, penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa makan blueberry setiap hari dapat meningkatkan kinerja atletik dan membakar lebih banyak lemak tubuh saat berolahraga.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #makananuntuk #tingkatkan #moodsaat #menghadapi #blue #monday #daftar #menu #yang #wajib #dicoba

KOMENTAR