Coba Lebih Mengenal Diri Sendiri, Ini 5 Tanda Bahwa Anda Punya Inner Child yang Terluka
Ilustrasi anak kecil. (Freepik)
08:13
22 Oktober 2024

Coba Lebih Mengenal Diri Sendiri, Ini 5 Tanda Bahwa Anda Punya Inner Child yang Terluka

- Sebagai seorang manusia normal, kamu mungkin merasakan ada yang salah dengan dirimu, namun tidak tahu kenapa. Sebagai seseorang yang sudah dewasa, kamu mungkin ingin tahu apa yang sebenarnya terjadi denganmu.

Kamu mungkin merasa dirimu berbeda dengan orang lain dalam beberapa aspek. Dalam hal perasaan atau merespon sesuatu, misalnya. Hal ini bisa saja dihubungkan dengan inner child yang terluka.

Bagi kamu yang tidak familiar dengan istilah inner child mungkin tidak tahu apa yang dimaksud dengan inner child. Sebagaimana namanya, inner child adalah sosok anak kecil yang masih tertinggal di alam bawah sadar.

Bukan secara fisik, namun keberadaan anak kecil ini merupakan perwujudan dari hal yang terjadi dimasa lalu. Kamu bisa saja memiliki inner child yang terluka dan tidak mengetahuinya.

Sebelum mengobati inner child yang terluka tersebut, terlebih dahulu kamu harus mengetahui apakah kamu punya inner child yang terluka. Dilansir dari Lumo Health dan Play Kinder World, berikut ini merupakan 5 tanda bahwa kamu punya inner child terluka:

1. Sulit Membangun Hubungan

Tanda pertama bahwa kamu memiliki inner child yang terluka adalah adanya kesulitan dalam membangun hubungan yang sehat. Sesekali, orang dengan inner child yang terluka memiliki pola hubungan tidak sehat yang berulang.

Dalam prosesnya, seseorang dengan innerchild jadi orang yang terluka. Selain itu, orang dengan inner child terluka bila kesulitan membangun hubungan dengan keluarga dengan baik. Kesulitan ini bisa mencakup ketegangan, ketergantungan atau pemikiran buruk antara kamu dan keluarga.

Apabila inner child kamu terluka terutama karena peristiwa yang terjadi di masa lalu dengan keluarga, normal bagi kamu untuk tidak memiliki hubungan baik dan normal dengan keluarga ketika dewasa. Respon atau perasaan yang kamu rasakan pada mereka bisa jadi respon dari inner child yang kamu miliki dalam diri.

2. Kritik Diri dan Harga Diri Rendah

Tanda kedua dari kamu yang bisa saja memiliki inner child terluka adalah sering melakukan kritik diri serta memiliki harga diri rendah. Apabila kamu sering merasa selalu mengkritik dan mencari-cari kesalahan diri sendiri, hal ini mungkin bersumber dari inner child kamu yang terluka.

Banyak kritikan yang mungkin pernah kamu alami ketika kecil mempengaruhi bagaimana persepsi kamu atas dunia dan diri sendiri ketika dewasa. Hal ini juga bisa membuat harga diri rendah dan banyak merasa bersalah atas sesuatu hal.

Kamu mungkin tidak menyadari atau tidak mengingat bahwa kamu sering dikritik atau disalahkan ketika kecil. Hal inilah yang bisa membuatmu merasakan harga diri rendah serta dorongan untuk merasa bersalah pada sesuatu yang tidak seharusnya.

3. Membesarkan Masalah Kecil

Tanda ketiga dari kamu yang bisa saja mengindikasikan inner child yang terluka adalah kecenderungan untuk membesarkan masalah kecil. Ketika terjadi sesuatu, kamu perlu memperhatikan reaksimu atas kejadian tersebut.

Apabila kamu memiliki respon berlebihan seperti marah atau tersinggung atas sesuatu yang seharusnya tidak, kamu mungkin memiliki inner child yang terluka. Hal ini bisa berasal dari luka masa kecil yang kamu bisa saja tidak ingat.

Kamu bisa mengingat-ingat bagaimana pandanganmu pada hal kecil yang terjadi disekitar. Apabila kamu cenderung membesar-besarkan masalah sepele, mungkin ada hal yang kamu inginkan tidak begitu dipenuhi ketika kamu kecil.

4. Masalah Mental dan Fisik

Tanda keempat yang juga bisa kamu sadari terkait inner child yang terluka adalah adanya masalah mental dan fisik. Kamu mungkin memiliki kecemasan berlebihan, depresi dan gangguan mental lain yang memengaruhi kehidupan sehari-hari.

Beberapa masalah mental ini tidak hanya mempengaruhi pikiran, namun juga bisa terwujud menjadi masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan ini bisa berupa sakit kepala, bahkan sampai penyakit kronis.

Kamu mungkin tidak tahu bahwa ada beberapa masalah mental dalam diri yang bisa terwujud menjadi masalah kesehatan fisik. Apabila kamu merasakan gejala tersebut tanpa alasan, inner child yang terluka bisa jadi jawaban dari pertanyaanmu.

5. Berusaha Terlalu Keras

Terakhir, tanda bahwa kamu memiliki inner child yang terluka bisa dilihat dari kamu yang berusaha terlalu keras. Dalam hidup, kamu tentu memiliki sebuah tujuan atau impian yang ingin kamu capai.

Dalam mencapainya, kamu tentu mengerahkan berbagai cara. Namun, orang dengan inner child terluka bisa berusaha sedemikian rupa demi menyenangkan orang lain atau bekerja secara berlebihan.

Hal ini berlandaskan banyak hal, misal takut akan kegagalan atau merasa tidak berguna ketika gagal. Kamu mungkin juga seorang yang sangat ingin berusaha demi orang lain senang atau bangga, sesuatu yang tidak kamu dapatkan di masa kecil.

--------------

Kelima tanda di atas adalah beberapa tanda bahwa inner child kamu mungkin terluka. Apabila kamu merasa memiliki beberapa dari tanda di atas, kamu bisa menentukan langkah selanjutnya untuk bisa mengobati inner child tersebut.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #coba #lebih #mengenal #diri #sendiri #tanda #bahwa #anda #punya #inner #child #yang #terluka

KOMENTAR