Alice Norin Divonis Kanker Sarkoma, Apa Itu?
Alice Norin (instagram.com/alicenorin)
07:43
19 Februari 2024

Alice Norin Divonis Kanker Sarkoma, Apa Itu?

Artis Alice Norin belakangan ini menjadi perbincangan publik usai dirinya mengungkapkan kalau mengidap kanker sarkoma.

Hal itu pun ia beberkan melalui unggahan video yang dibagikan melalui TikTok. Ia juga menceritakan awal mula kanker itu terdeteksi.

"Singkat cerita aku sering ngalamin sakit di bagian perut bawah dari Agustus 2023 dan ketahuan kalau memang aku ada miom yang menurut dokter sih kalau gak menganggu gak usah dioperasi," kata Alice Norin.

Tetapi tiba-tiba pada Desember 2023, Alice kembali mengalami sakit yang tak tertahankan, dan setelah pemeriksaan lebih lanjut, didiagnosis adanya kemungkinan kanker sarkoma.

Alice Norin juga menceritakan kalau keluarganya memiliki riwayat kanker. Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan akhirnya ia harus melakukan operasi besar untuk mengeluarkan organ reproduksi dan kelenjar belakangnya untuk menghentikan kemungkinan penyebaran kanker.

Lantas apa itu kanker sarkoma? Berikut penjelasannya.

Kanker Sarkoma

Melansir dari Halodoc, Kanker sarkoma merupakan kelompok kanker langka yang memengaruhi jaringan penyambung, penyangga, dan melingkupi struktur serta organ tubuh lainnya. Jaringan yang dapat terkena melibatkan lemak, otot, pembuluh darah, jaringan kulit dalam, tendon, dan ligamen.

Kanker ini pun menjadi tumor ganas yang jarang ditemukan. Jumlahnya hanya 1 persen kasus pada orang dewasa, dan 7—10 persen pada anak-anak dan dewasa muda. Sarkoma jaringan lunak ini bisa menyerang bagian tubuh manapun.

Kebanyakan kanker sarkoma menyerang perut, lengan, dan tungkai. Namun yang perlu diingat, risiko mengalami kanker sarkoma ini akan meningkat seiring pertambahan usia.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #alice #norin #divonis #kanker #sarkoma

KOMENTAR