Anda Seorang INFJ Langka yang Sedang Merasa Stres? 6 Tips Pemulihan Ini Dapat Dijadikan Solusi!
6 solusi yang biasanya berhasil untuk dapat menangani stres yang dirasakan seorang INFJ. (pexels)
09:04
16 Februari 2024

Anda Seorang INFJ Langka yang Sedang Merasa Stres? 6 Tips Pemulihan Ini Dapat Dijadikan Solusi!

INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, dan Judging), adalah individu langka dan tidak biasa. Jumlahnya hanya 1 persen dari populasi Amerika Serikat.

Tipe kepribadian ini dikenal karena pendekatan visioner terhadap kehidupan, empati, dan harapan serta semangat mereka untuk masa depan.

Mereka memiliki keinginan untuk memahami orang lain dan makna yang lebih dalam di balik kehidupan itu sendiri. Mereka sering terpesona oleh hal-hal yang eksistensial dan tidak diketahui serta apa yang ada “di balik layar”.

Sayangnya, INFJ cenderung mengalami banyak stres. Bahkan, menurut Manual MBTI, INFJ mengalami tingkat stres tertinggi dibandingkan yang lainnya. Bisa karena pekerjaan, hubungan intim, dan sekolah mereka.

Sifat perfeksionis merupakan penyebab stres utama seorang INFJ. Oleh karena itu, di saat yang sama, INFJ membutuhkan solusi untuk mengatasi stres yang seringkali terjadi pada mereka.

Dilansir psychologyjunkie.com, berikut 6 solusi yang biasanya berhasil untuk dapat menangani stres yang dirasakan seorang INFJ.

1. Kurangi stimulasi sensorik/aktivitas berat

Karena INFJ sangat sensitif terhadap rangsangan sensorik, sangat penting bagi mereka untuk melepaskan diri dari rangsangan tersebut ketika merasa kehilangan kendali atas diri mereka.

Banyak INFJ mengaku bahwa mereka merasa lebih baik saat mereka masuk ke ruangan gelap dan berbaring dengan kepala di atas bantal, atau hanya mencari tempat yang tenang di mana mereka bisa menarik napas dalam-dalam, menjauh dari kebisingan, cahaya, dan gangguan apa pun.

2. Luangkan waktu untuk menyendiri

INFJ harus bisa menjauh dari segala hal ketika mereka stres. Sebab, ketika INFJ berada di sekitar orang lain, mereka secara alami akan memaksakan sisi ekstrovert mereka untuk membahagiakan orang lain. Hal itu membuat mereka sulit untuk tetap tenang ketika sedang stres.

3. Katakan tidak pada sesuatu yang tidak penting

INFJ mempunyai kecenderungan untuk mengambil lebih banyak proyek dan tanggung jawab daripada yang dapat mereka tangani. Tanpa disadari, hal itu dapat memperparah stres seorang INFJ.

Maka solusinya, saat sedang stres usahakan seorang INFJ untuk dapat mengurangi jumlah hal dalam daftar tugas. Hal itu dapat membantu menenangkan mereka dan mengurangi tekanan dan ketegangan.

4. Habiskan waktu di alam

Ketika stres, INFJ akan sangat terbantu dengan menghabiskan waktu di luar ruangan dalam suasana yang damai. Berjalan-jalan di hutan, duduk di tepi sungai yang tenang, atau berbaring di rerumputan dapat membantu mereka menenangkan pikiran.

Mereka dapat menggunakan waktu ini untuk mengakses Penginderaan Ekstravert mereka dengan cara yang sehat, menikmati setiap pemandangan dan suara yang dibawa oleh alam dan mencoba untuk menikmati momen tersebut.

5. Berolahraga

Olahraga dapat membantu INFJ untuk lebih sehat dan keluar dari respons cengkeraman rasa stres. Ketika bergerak, hormon endorfin dalam tubuh secara alami keluar dan menjadi pereda stres terbaik di otak.

Seorang INFJ mungkin bisa melakukan jogging di lingkungan sekitar atau melakukan yoga. Segala bentuk olahraga dapat membantu mereka keluar dari fase stres yang tidak sehat.

6. Menulis

INFJ seringkali sangat sadar akan emosi orang lain dan kurang menyadari emosinya sendiri. Hal ini dapat membuat INFJ seringkali merasa stress. Dengan menuliskan perasaannya, INFJ dapat secara efektif “menyalurkan” emosinya kembali ke dirinya sendiri.

Jika seorang INFJ mencatat perasaannya dalam jurnal, mereka dapat membaca kembali pemikirannya dan memprosesnya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang cara menangani stres mereka.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #anda #seorang #infj #langka #yang #sedang #merasa #stres #tips #pemulihan #dapat #dijadikan #solusi

KOMENTAR