10 Daftar Makanan Anti Jerawat: Konsumsi Rutin untuk Membangun Pertahanan Kulit Anda
10 makanan anti jerawat (Freepik)
13:00
18 Oktober 2024

10 Daftar Makanan Anti Jerawat: Konsumsi Rutin untuk Membangun Pertahanan Kulit Anda

 

Wajah Anda berjerawat atau wajah Anda ingin bebas dari jerawat? Beberapa daftar makanan dapat membuat wajah Anda terhindar dari jerawat. Salah satunya makanan rendah glikemik dan tinggi protein.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan rendah glikemik, tinggi protein memainkan peran penting dalam mengatasi jerawat. Jadi, mulailah dengan dasar yang bersih dan sehat, seperti pola makan yang kaya buah-buahan dan sayuran berwarna.

Dilansir dari laman pertahanan kulit Anda, simak apa saja:

  1.   Kangkung

Antioksidan, vitamin, dan mineral dalam kangkung berfungsi untuk mengurangi hiperpigmentasi, yang merupakan kunci untuk meratakan warna kulit Anda.

Vitamin C juga mendorong pembentukan kolagen, yang membantu memperbaiki bekas jerawat lebih cepat dengan meningkatkan laju pergantian sel.

  2.   Ubi jalar

Beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A, adalah salah satu alasan mengapa ubi jalar memiliki warna oranye yang indah.

Setelah mengonsumsi ubi jalar, tubuh Anda akan mengubah beta-karoten menjadi vitamin A. Vitamin ini memiliki khasiat yang akan bertindak sebagai pelindung kulit terhadap perubahan warna, peradangan, dan pori-pori tersumbat yang sering kali disebabkan oleh radikal bebas.

  3.   Lemon

Lemon memiliki kasiat untuk mengobati jerawat. Salah satunya dikemas dalam serum, diperas ke dalam air, di atas salad, atau menjadi bagian dari makanan Anda, lemon dapat memberikan sedikit keajaiban bagi kulit.

  4.   Labu

Kaya akan enzim buah, seng, dan asam alfa hidroksi, labu dapat melembutkan kulit dan mengembalikan keseimbangan pH. Itulah sebabnya labu juga ditemukan dalam banyak masker dan produk pengelupas kulit.

Namun, secara internal, semua serat dan seng itu juga bermanfaat bagi Anda. Seng membantu mengatur jumlah produksi minyak.

  5.   Buah beri

Buah beri seperti stroberi, ceri, rasberi, blueberry, dan blackberry kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang juga dapat ditemukan dalam paprika, kiwi, dan brokoli.

Memiliki vitamin C yang beredar dalam darah Anda adalah senjata ampuh melawan kulit berjerawat, sementara antioksidan dari buah beri bertindak seperti serangan kombo melawan bintik-bintik hitam yang mengganggu, menghentikannya terbentuk sejak awal.

  6.   Kacang-kacangan

Apa kesamaan antara kacang arab, kacang merah, kacang lentil, dan kacang tanah? Kacang-kacangan ini memiliki indeks glikemik rendah, sehingga dikaitkan dengan kadar gula darah yang lebih stabil dan lebih sedikit jerawat.

  7.   Pepaya

Buah eksotis ini juga bermanfaat untuk bagian dalam tubuh. Vitamin dan mineralnya meningkatkan elastisitas kulit dan dapat membantu menghilangkan munculnya garis-garis halus dan kerutan.

  8.   Biji quinoa

Secangkir quinoa matang mengandung 17 hingga 27 gram serat, sehingga Anda akan mengalami lebih sedikit sembelit.

Buang air besar secara teratur membuang racun dari tubuh Anda, sehingga kulit menjadi lebih bersih dan bintik hitam berkurang.

  9.   Ikan salmon

Ikan salmon mengandung omega-3. Omega-3 melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, mengurangi risiko timbulnya kanker kulit dan bintik-bintik coklat akibat paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama.

  10.   Kembang kol

Sayuran ini mengandung asam amino kuat yang disebut histidin. Terlalu banyak sinar matahari dapat memperburuk bintik hitam yang ada, tetapi histidin mencegah sinar UV yang berbahaya tersebut merusak kulit Anda.

   

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #daftar #makanan #anti #jerawat #konsumsi #rutin #untuk #membangun #pertahanan #kulit #anda

KOMENTAR