Pendidikan Mentereng Erwin Japasal dan Ganjar Pranowo, Anaknya Kini Dijodohkan Netizen
Alam Ganjar dan Eca Aura (instagram/fanbase_alameca)
11:30
11 Januari 2024

Pendidikan Mentereng Erwin Japasal dan Ganjar Pranowo, Anaknya Kini Dijodohkan Netizen

Kedekatan Alam Ganjar dan Eca Aura beberapa waktu belakangan ini masih menjadi sorotan. Kedekatan keduanya ini membuat keluarga dari Alam Ganjar maupun Eca Aura juga disorot, termasuk sosok ayah masing-masing.

Pasalnya, ayah dari Alam Ganjar dan Eca Aura bukanlah orang sembarangan. Untuk ayah Alam Ganjar, yakni Ganjar Pranowo merupakan mantan Gubernur Jawa Tengah yang saat ini juga menjadi calon presiden nomor urut 3 untuk pemilu pada Februari 2024 mendatang.

Alam Ganjar dan Eca Aura di Replay Tiktok 2023 (TikTok)Alam Ganjar dan Eca Aura di Replay Tiktok 2023 (TikTok)

Sementara ayah Eca Aura, Erwin Japasal juga bukan sosok sembarangan. Ia merupakan seorang konglomerat di Malang yang memiliki berbagai bisnis. Ayah Eca Aura juga diketahui menjabat sebagai Direktur PT Medic Brivit Indonesia yang bergerak di bidang alat kesehatan.

Kehebatan keduanya ini juga tidak lepas dari pendidikan yang ditempuh Ganjar Pranowo dan Erwin Japasal. Lantas apa latar belakang pendidikan Ganjar Pranowo dan Erwin Japasal

Pendidikan Ganjar Pranowo

Untuk Ganjar Pranowo diketahui menempuh pendidikan di Jawa Tengah. Sekolah dasar dan menengah, dirinya menempuh pendidikan di SD dan SMP Kutoarjo. Setelah lulus, ayah Alam Ganjar ini melanjutkan sekolah di SMA BOPKRI, Yogyakarta.

Alam Ganjar bersama Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh. (Instagram/Alam Ganjar)Alam Ganjar bersama Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh. (Instagram/Alam Ganjar)

Untuk pendidikan tinggi, Ganjar Pranowo kuliah di Fakultas Hukum, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Sementara dirinya mengambil S2 (master) di jurusan Ilmu Politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia.
Biaya yang dihabiskan untuk kuliah sendiri tidaklah sedikit. Untuk Fakultas Hukum, berdasarkan situs resmi UGM, besaran uang kuliah tunggal (UKT) dibagi menjadi beberapa biaya, di antaranya:

  1. UKT Pendidikan Unggul Rp 9.200.000
  2. UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 25 persen yaitu Rp 6.900.000
  3. UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 50 persen yaitu Rp 4.600.000
  4. UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 75 persen yaitu Rp 2.300.000
  5. UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 100 persen Rp 0

Sementara untuk biaya S2 di UI sendiri untuk jurusan Ilmu Politik saat ini diketahui dikenakan biaya Rp 14.000.000 untuk UKT. Sementara untuk iuran pengembagan institusi (IPI) dikenakan biaya Rp 10.000.000.

Pendidikan Erwin Japasal

Untuk Erwin Japasal sendiri diketahui merupakan lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara atau dikenal Kampus ABM. Ini adalah salah satu institusi pendidikan ekonomi terbaik yang dimiliki oleh Indonesia.

orang tua Eca Aura atau Elsa Japasal, Erwin Japasal (TikTok)orang tua Eca Aura atau Elsa Japasal, Erwin Japasal (TikTok)

Biaya yang dikeluarkan untuk menempuh pendidikan di STIE juga tidak murah. Pasalnya, uang yang dikeluarkan juga lumayan banyak.

  1. Untuk gelombang 1, biaya dana pengembangan pendidikan (DPP) sekitar Rp 17.500.000. Untuk SPP per bulannya yakni Rp 1.000.000.
  2. Untuk gelomgang 2, biaya yang dikeluarkan untuk DPP yakni Rp 18.500.000. Sementara untuk SPP yakni Rp 1.000.000.
  3. Untuk gelombang 3 biaya DPP yang dikeluarkan yaknibRp 20.000.000. Sementara untuk SPP, biaya yang dikeluarkan yakni Rp 1.000.000.

Editor: M. Reza SulaimanFajar Ramadhan

Tag:  #pendidikan #mentereng #erwin #japasal #ganjar #pranowo #anaknya #kini #dijodohkan #netizen

KOMENTAR