Ketahui Lebih Banyak! Ini 10 Manfaat Makan Buah Naga di Pagi Hari bagi Kesehatan Usus hingga Rambut
Ilustrasi buah naga. (Freepik)
16:10
16 Oktober 2024

Ketahui Lebih Banyak! Ini 10 Manfaat Makan Buah Naga di Pagi Hari bagi Kesehatan Usus hingga Rambut

- Buah naga tidak hanya memiliki penampilan yang menawan dan warna yang cerah, tetapi juga kaya akan berbagai nutrisi.

Buah yang luar biasa ini penuh dengan manfaat kesehatan yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Jika kamu telah menambahkan buah berwarna-warni dan lezat ini ke dalam menu sarapan di pagi hari, maka kamu telah menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Dikenal juga sebagai pitaya, buah naga sangat populer di kalangan para penggemar kesehatan dan pecinta buah.

Nama dan bentuknya mengingatkan kita pada makhluk api yang muncul dalam cerita rakyat di berbagai budaya dan dalam serial Harry Potter. Buah naga merupakan permata tersembunyi.

Dikutip dari deccanchronicle.com, berikut deretan manfaat buah naga yang baik bagi kesehatan usus hingga rambut.

1. Mendukung kesehatan usus

Buah naga memiliki khasiat prebiotik yang baik bagi kesehatan usus dan dapat membantu memperbaiki gejala penyakit radang usus (IBD). Penelitian menunjukkan bahwa menambah asupan prebiotik dapat mengurangi risiko infeksi saluran pencernaan dan diare, serta mencegah kanker usus besar.

Usus kita dihuni oleh hampir 100 triliun mikroorganisme, dan ketidakseimbangan dalam mikrobiota dapat menyebabkan penyakit jantung dan asma. Prebiotik adalah serat yang mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus, sehingga prebiotik dalam buah naga membantu menjaga keseimbangan tersebut.

Walaupun usus kita tidak dapat mencerna serat, bakteri baik mampu memecahnya dan menggunakannya sebagai makanan. Menurut penelitian, pelancong yang mengonsumsi prebiotik sebelum dan selama perjalanan mengalami lebih sedikit masalah diare.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kualitas diet sangat penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, mempersiapkan tubuh dalam melawan infeksi. Buah naga kaya akan vitamin C dan karotenoid yang dapat mencegah infeksi dengan meningkatkan kekebalan dan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Sel darah putih berfungsi menghancurkan zat asing berbahaya, namun rentan terhadap kerusakan oleh radikal bebas. Karotenoid dan vitamin C berperan dengan menetralkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Mengonsumsi 200 gram buah naga setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Meningkatkan kadar zat besi yang rendah

Pitaya, atau buah naga adalah salah satu buah segar yang mengandung zat besi. Jika kamu mengalami kekurangan zat besi, menambahkan buah naga ke dalam diet harian dapat membantu.

Sumber zat besi seperti kacang-kacangan, sereal, ikan, polong-polongan, dan daging sangat baik, tetapi buah naga dapat melengkapi asupan zat besi. Satu porsi buah naga menyediakan 8% dari asupan harian yang direkomendasikan. Zat besi penting untuk mengangkut oksigen ke sel, jaringan, dan organ, serta untuk mengubah makanan menjadi energi.

Selain itu, vitamin C dalam buah naga membantu penyerapan zat besi. Sayangnya, sekitar 30% populasi dunia mengalami kekurangan zat besi, menjadikannya masalah umum. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan makanan kaya zat besi, seperti buah naga, dalam diet Anda.

4. Penerbangan penyakit kronis

Buah naga memiliki kemampuan untuk melawan berbagai penyakit kronis, termasuk diabetes, penyakit jantung, kanker, dan radang sendi. Paparan radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel, yang berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis dan peradangan.

Untuk mengatasi hal ini, penting untuk mengonsumsi lebih banyak makanan kaya antioksidan, seperti buah naga. Salah satu manfaat utama buah naga merah adalah kemampuannya melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, berkat kandungan berbagai antioksidan yang kuat.

5. Mengurangi risiko diabetes

Buah naga kaya akan serat, sehingga bisa membantu menjaga kadar gula darah. Karena itu, buah ini sering disarankan bagi penderita diabetes, karena dapat membantu mengontrol dan mencegah lonjakan kadar gula.

Menambahkan buah super ini ke dalam diet harian kamu dapat membantu mencegah komplikasi lebih lanjut bagi penderita diabetes dengan menyeimbangkan kadar gula darah.

6. Melawan penuaan kulit

Stres, polusi, pola makan yang tidak sehat, dan faktor lain dapat menyebabkan penuaan dini. Namun, antioksidan bisa membantu mengatasi masalah ini. Buah naga adalah sumber antioksidan yang melimpah.

Buah ini efektif dalam mengatasi masalah seperti kulit kering, jerawat, dan sunburn, yang berkontribusi pada penuaan kulit. Kanndungan vitamin C dalam buah naga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, juga bisa menghasilkan kulit yang lebih cerah dan sehat. Dalam memaksimalkan manfaatnya bagi kulit, cobalah membuat segelas jus buah naga dan minumlah setiap hari untuk mendapatkan kulit bercahaya yang selalu diinginkan.

7. Bagus untuk rambut

Manfaat buah naga untuk rambut sangat beragam. Nutrisi tinggi dalam buah rendah kalori ini mampu meningkatkan pertumbuhan rambut, menjadikannya lebih berkilau, lembut, dan tebal. Zat besi yang terkandung dalam buah naga membantu membawa oksigen ke akar rambut, mendorong pertumbuhannya.

Untuk hasil optimal, mulailah harimu dengan semangkuk buah naga dan pastikan asupan zat besi yang cukup. Kamu juga bisa membuat jus dengan mencampurkan bubuk buah naga dengan susu guna merawat rambut rusak dan memperbaiki teksturnya.

8. Mendukung kesehatan mata

Buah naga dikenal sebagai sumber beta-karoten yang baik, pigmen yang memberikan warna cantik pada buah. Beta-karoten efektif dalam mencegah masalah mata, seperti degenerasi makula dan katarak. Mengonsumsi satu cangkir irisan buah naga setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan mata.

9. Membangun tulang yang lebih kuat

Buah naga juga bermanfaat bagi kesehatan tulang, mengandung 18% magnesium yang penting untuk memperkuat tulang. Kesehatan tulang yang baik dapat mencegah masalah seperti nyeri sendi dan cedera. Guna menjaga kesehatan tulang, disarankan minum jus buah naga atau smoothie setiap hari, terutama saat sarapan.

10. Baik bagi ibu hamil

Bagi ibu hamil, buah naga memberikan banyak manfaat. Lemak tak jenuh tunggal dalam buah ini mendukung perkembangan otak janin, sementara kandungan folat, zat besi, dan vitamin B-nya sangat bermanfaat.

Folat dan vitamin B membantu memberikan energi bagi ibu dan mencegah cacat lahir. Selain itu, magnesium dalam buah naga bisa membantu mengatasi komplikasi pascamenopause pada wanita.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #ketahui #lebih #banyak #manfaat #makan #buah #naga #pagi #hari #bagi #kesehatan #usus #hingga #rambut

KOMENTAR