Kenali Efek Samping yang Perlu Anda Ketahui Saat Mengkonsumsi Terlalu Banyak Kafein
Ilustrasi minuman yang mengandung kafein. (Pexels)
14:46
15 Oktober 2024

Kenali Efek Samping yang Perlu Anda Ketahui Saat Mengkonsumsi Terlalu Banyak Kafein

Kafein adalah minuman yang banyak diminati oleh kebanyakan orang dengan rentang usia remaja hingga dewasa, tak hanya itu mereka juga meminum kafein secara teratur setiap harinya.

Minuman ini merupakan minuman yang populer bagi banyak orang di seluruh dunia. Minuman ini memberikan dorongan energi yang sangat dibutuhkan untuk memulai hari atau mengatasi kelemasan di penghujung hari.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan, jika Anda mengkonsumsi kafein secara berlebihan, ini dapat menimbulkan beberapa efek samping yang tidak dapat Anda duga sebelumnya.

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa efek samping dari mengkonsumsi kafein secara berlebihan dan beberapa langkah sederhana untuk menghindarinya.

Merasa gelisah dan cemas

Meskipun secangkir kopi dapat membantu Anda merasa lebih terjaga, tetapi terlalu banyak kafein dapat memberikan dampak sebaliknya. Kafein dapat membuat Anda mudah merasa gelisah, tegang, atau bahkan cemas.

Hal ini dapat terjadi karena kopi dapat mempengaruhi sistem saraf pusat, yang menyebabkan kegelisahan, detak jantung yang cepat, dan tangan gemetar. Jika Anda merasa gelisah setelah mengkonsumsi kafein, itu menandakan Anda terlalu berlebihan.

Kendalikan konsumsi kafein Anda yang dapat ditoleransi oleh tubuh. Pertimbangkan juga untuk mengurangi minuman berkafein, terutama di sore atau malam hari, karena efeknya dapat berlangsung selama berjam-jam.

Untuk mengurangi kemungkinan efek samping merasa gelisah, cobalah beralih ke minuman berkafein rendah seperti teh hijau atau minuman yang tanpa mengandung kafein.

Kesulitan tidur

Kafein sangat efektif untuk membuat Anda tetap terjaga, tetapi juga dapat mengganggu pola tidur Anda jika dikonsumsi terlalu berlebihan atau pada larut malam yang merupakan waktu efektif untuk tidur.

Kafein mampu menghambat adenosin, neurotransmitter yang membantu Anda untuk merasa rileks dan tertidur. Minuman yang mengandung kafein jika dikonsumsi saat waktu tidur Anda dapat menyebabkan Anda gelisah, sehingga sulit untuk beristirahat.

Kesulitan Anda untuk merasa tenang yang dibutuhkan ketika ingin tidur dapat terganggu jika Anda meminum kafein di waktu yang salah. Hindari konsumsi kafein di rentang waktu enam hingga delapan jam sebelum tidur agar tubuh Anda dapat beristirahat secara alami.

Ini dapat membantu Anda untuk tidur secara teratur, selain itu minuman teh herbal yang dapat menenangkan dapat Anda konsumsi di malam hari.

Masalah pencernaan

Kafein yang berlebihan dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Kafein meningkatkan produksi asam lambung, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan, refluks asam, atau nyeri ulu hati.

Kafein juga memiliki efek samping seperti pencahar ringan, dan minum terlalu banyak kafein dapat menyebabkan diare atau sering ke kamar mandi karena masalah pencernaan.

Jika perut Anda terasa tidak nyaman setelah minum minuman berkafein, pertimbangkan untuk mengurangi kopi, yang lebih asam daripada minuman lain seperti teh hijau.

Cobalah untuk mengkonsumsi camilan ringan sebelum minum kopi, ini dapat membantu mengurangi efek samping dari kandungan kafein pada pencernaan, dan mampu mengurangi iritasi pada lambung.

Sakit kepala karena kafein

Meskipun kafein sering disebut sebagai obat pereda sakit kepala karena dapat membantu menyempitkan pembuluh darah. Namun, mengkonsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala atau bahkan migrain.

Hal ini khususnya umum terjadi ketika Anda tiba-tiba mengurangi asupan kafein yang biasa Anda minum, sehingga dapat menyebabkan gejala putus zat.

Untuk menghindari sakit kepala akibat kafein, usahakan untuk menjaga asupan harian Anda agar tetap konsisten, ini dapat membantu Anda terhindar dari fluktuasi secara drastis.

Jika Anda mencoba mengurangi konsumsi kafein harian Anda, lakukanlah secara bertahap karena ini dapat mengurangi timbulnya gejala putus zat yang mengakibatkan sakit kepala.

Detak jantung cepat dan tekanan darah tinggi

Kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan peningkatan denyut jantung yang sangat signifikan pada orang-orang tertentu. Meskipun sebagian besar orang sehat seperti biasa yang tidak mengalami masalah apapun akibat konsumsi kafein.

Namun, mereka yang sudah memiliki tekanan darah tinggi atau masalah jantung mungkin akan merasa terganggu dengan detak jantung yang cepat dan tekanan darah tinggi.

Jika Anda setelah mengkonsumsi minuman berkafein, dan Anda merasa jantung Anda berdebar-debar atau sedikit pusing. Cobalah untuk mengurangi jumlah minuman yang mengandung kafein.

Pilihlah dosis yang lebih sedikit yang dibagi sepanjang hari daripada langsung minum dengan jumlah yang lebih banyak sekaligus.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #kenali #efek #samping #yang #perlu #anda #ketahui #saat #mengkonsumsi #terlalu #banyak #kafein

KOMENTAR