Ternyata Ini Penyebab Anda Sering Merasa Lapar Saat Udara Dingin, Simak Penjelasannya
Ketahui Penyebab Anda Sering Merasa Lapar Saat Udara Dingin, Begini Penjelasannya./Freepik
13:30
8 Pebruari 2024

Ternyata Ini Penyebab Anda Sering Merasa Lapar Saat Udara Dingin, Simak Penjelasannya

 

 

Di tengah musim penghujan disertai dengan udara dingin, sering kali tubuh mudah merasa lapar secara tiba-tiba. 

Fenomena ini bukanlah hal yang asing bagi banyak orang, namun penjelasannya masih sering menjadi tanda tanya besar.

Dilansir dari Public Health University of Queensland pada Kamis (8/2), terdapat tiga hal yang terjadi pada tubuh saat udara dingin terjadi.

  1. Tubuh menyimpan panas

Tubuh memiliki kemampuan untuk menyimpan dan menghasilkan panas sebagai mekanisme untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Ketika suhu eksternal turun, tubuh akan mengalihkan energi yang disimpannya ke organ-organ internal untuk menjaga suhu tubuh dan memastikan fungsi tubuh berjalan dengan optimal.

Saat udara dingin, tubuh juga akan melakukan aktivitas yang menghasilkan panas, seperti menggigil, yang membutuhkan konsumsi energi tambahan.

Sebagai tanggapannya, tubuh akan mencari sumber energi tambahan melalui asupan kalori dari makanan yang dikonsumsi.

  1. Suhu tubuh akan hangat saat mengonsumsi makanan

Saat individu mengonsumsi makanan, tubuh akan melakukan serangkaian proses untuk mencerna, menyerap, dan proses metabolisme nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut.

Proses-proses ini memerlukan penggunaan energi yang signifikan, yang pada gilirannya menghasilkan panas di dalam tubuh, sehingga menyebabkan peningkatan suhu tubuh yang dikenal sebagai 'termogenesis yang diinduksi oleh diet'

  1. Penurunan neurotransmitter atau yang disebut serotonin

Penyebab utama rasa lapar yang lebih sering dirasakan selama musim dingin yakni adanya tingkat produksi serotonin dalam tubuh yang cenderung lebih rendah.

Serotonin, yang dikenal sebagai neurotransmitter, memiliki peran penting dalam mengatur mood, nafsu makan, dan pola tidur, di antara fungsi lainnya.

Saat kadar serotonin dalam tubuh rendah, hal ini dapat mengakibatkan peningkatan rasa lapar dan penurunan sensasi kenyang setelah makan.

Akibatnya, kita mungkin merasa lebih sering lapar dan kurang puas setelah mengonsumsi makanan.

Sehingga, saat udara dingin terjadi,  tubuh akan merespons dengan merangsang peningkatan nafsu makan.

Hal ini karena proses pencernaan makanan dapat menghasilkan panas internal, yang secara langsung meningkatkan suhu tubuh atau menjadikan tubuh terasa lebih hangat.

Selama musim dingin, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil, sehingga menghabiskan lebih banyak energi untuk mempertahankan keseimbangan termal, yang pada akhirnya dapat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak perlu menggunakan peningkatan nafsu makan sebagai alasan untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan. Ada cara alternatif yang efektif untuk menjaga tubuh tetap hangat.

Seperti mengenakan pakaian ekstra atau melakukan aktivitas fisik, yang dapat membantu mempertahankan suhu tubuh tanpa harus mengonsumsi kalori berlebihan.

Dengan demikian, mengutamakan solusi-solusi ini mungkin lebih bermanfaat bagi kesehatan Anda daripada menambah lapisan lemak tubuh dengan makanan berlebih.***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #ternyata #penyebab #anda #sering #merasa #lapar #saat #udara #dinginsimak #penjelasannya

KOMENTAR